Ingin jadi Sosok Tegas Namun Tetap Ramah di Kantor? Ini Tipsnya

Bersikap tegas di lingkungan kerja tentu bukan pekerjaan yang mudah, meskipun pada dasarnya sikap seperti ini akan jauh lebih menguntungkan. Saat seseorang terbiasa bersikap tegas di kantor, maka kebanyakan rekan kerja justru kerap merasa kurang nyaman dan menjauhkan diri dari orang tersebut. 

Namun sebaliknya, sikap yang tidak tegas juga sering dianggap sebagai kesempatan untuk memanfaatkan seseorang. Jika harus menjadi yang terakhir ini, tentu akan terasa tidak menyenangkan, bukan? 

Pada dasarnya, sikap tegas memang dibutuhkan untuk membangun karakter dan membuat segala sesuatu yang terkait dengan pekerjaan di kantor bisa berjalan dengan lebih seimbang. Orang yang bersosok tegas biasanya akan lebih profesional dan bisa menangani pekerjaannya dalam porsi yang tepat, meskipun rekan kerja lainnya kerap menganggap sosok seperti ini sedikit menyebalkan. 

Namun jika ingin bekerja dengan lebih nyaman dan tenang, maka sikap tegas seperti ini tentu tidak ada salahnya, selama masih melakukannya dalam porsi yang wajar. Ini akan menjadi kebiasaan yang mudah, jika melakukannya dengan cara yang tepat sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah, yang bisa dilakukan untuk menjadi sosok yang tegas dan tetap ramah di lingkungan kantor:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Berani untuk Berkata Tidak

berani berkata tidak

Menolak atau berkata tidak selalu menjadi hal yang sulit untuk kebanyakan orang, meskipun pada dasarnya hal tersebut demi kebaikannya sendiri. Namun di lain sisi, melakukan berbagai hal yang tidak perlu dan tidak seharusnya justru sering mengganggu kesibukan dalam bekerja, apalagi jika permintaan ini datang di saat-saat sedang sibuk. 

Bukannya menyelesaikan pekerjaan sendiri, yang ada Anda justru akan sibuk mengurus berbagai hal yang tidak penting. Jika ingin menjadi sosok yang tegas, maka mulai sekarang Anda harus berani menolak atau mengatakan tidak untuk berbagai hal yang tidak penting. 

2. Tetap Kuat Memegang Prinsip

memegang prinsip

Masing-masing orang akan memiliki prinsip tersendiri di dalam hidupnya. Jika ingin menjadi pribadi yang tegas, maka Anda harus selalu berpegang pada prinsip-prinsip tersebut. Prinsip akan menjadi pijakan dan dasar pemikiran bagi Anda, di mana hal ini akan memegang peranan penting di dalam nilai-nilai kehidupan secara keseluruhan. 

Bukan hanya itu saja, prinsip juga akan menjadi dasar penting dalam mengambil keputusan. Memegang prinsip dengan kuat merupakan salah satu ciri orang yang tegas dan tidak plin-plan dalam bertindak.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok bagi yang Suka Berimajinasi

3. Bersikap Profesional dalam Bekerja dan Berteman

bekerja sama dengan baik

Lingkungan kerja sangat mungkin membawa Anda kepada pertemanan yang baik dengan rekan-rekan kantor. Hal ini mungkin menyenangkan, namun sekaligus berpotensi menimbulkan gesekan-gesekan di dalam hubungan pertemanan. 

Kondisi ini bisa saja mengganggu, jika Anda tidak bisa menentukan batasan yang jelas di dalam hubungan pertemanan dan pekerjaan di kantor. Biasakan untuk selalu memahami dengan baik tugas-tugas kerja di kantor dan tetaplah berupaya untuk menempatkan hal tersebut sebagai prioritas. 

Hal ini akan memudahkan Anda mengatur hubungan pertemanan yang lebih profesional di dalam lingkungan kantor. Berteman tentu hal yang penting dan wajar, namun ini tetap harus dilakukan dalam porsi yang tepat tanpa mengganggu pekerjaan. 

4. Bijak dalam Mengambil Keputusan

membuat keputusan

Mengambil keputusan yang tepat memang selalu menjadi bagian penting dari pekerjaan, Anda harus membiasakan diri dengan hal seperti ini. Bukan hanya keputusan yang cepat semata, di mana Anda mengambilnya dengan terburu-buru tanpa pertimbangan yang matang. 

Jika ini yang terjadi, maka resiko untuk melakukan kesalahan tentu akan lebih besar. Biasakan untuk mengambil keputusan dengan bijak, di mana Anda mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dengan keputusan-keputusan tersebut. Jika sudah begini, maka tidak akan plin-plan lagi untuk menjalankannya.

5. Mengelola Tim dengan Profesional

mengelola tim dengan profesional

Bergabung dalam tim atau bahkan memimpin sebuah tim kerja bisa saja menjadi bagian dari pekerjaan kantor. Sikapi semua kondisi kerja bersama tim dengan baik dan jangan menunjukkan ego yang berlebihan di sana. Tunjukkan tanggung jawab kerja yang baik dan porsi yang sesuai, sehingga rekan tim bisa bekerja dengan nyaman dan tetap profesional. Hal ini akan membuat hasil kerja menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Kekinian dan Menjanjikan, Ini 10 Tips Jadi Atlet E-Sport Profesional

6. Memiliki Pertimbangan Sendiri dan Tidak Mudah Terpengaruh

menyampaikan opini

Berbagai masalah dan isu bisa saja berkembang di lingkungan kantor dan tidak perlu terganggu dengan semua itu. Hal ini mungkin menarik untuk dibicarakan, namun tidak dalam ranah kerja yang profesional. 

Tetaplah memiliki pandangan dan pertimbangan sendiri terhadap berbagai hal-hal seperti ini, sehingga tidak terpengaruh dengan perkataan orang lain. Semua ini akan membuat Anda bisa bekerja dengan nyaman dan profesional.

Jadilah Pribadi yang Tegas dan Tetap Menyenangkan

Sikap yang tegas di lingkungan kantor kerap menjadi hal yang tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Namun hal ini bukan masalah, jika bisa tegas dalam batas yang wajar dan tetap profesional. Biasakan untuk bersikap tegas dalam bekerja, sehingga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan baik dan menjadi pribadi yang tetap menyenangkan di saat bersamaan.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Cerdas ini, Agar Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbang