5 Hal yang Bisa Membuat Produktivitas Karyawan Menurun

Memiliki pencapaian maksimal dalam bisnis tentu selalu menjadi impian sebagai seorang pebisnis. Hal ini hanya dapat dicapai jika semua lini dan karyawan bekerja dengan maksimal juga. 

Namun di dalam prakteknya, seringkali bisnis justru jalan di tempat dan tidak lagi menunjukkan progres pertumbuhan yang baik. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi karena menurunnya produktivitas para karyawan.

Menurunnya produktivitas karyawan bisa mempengaruhi bisnis Anda secara keseluruhan, bahkan meski tadinya bisnis tersebut sudah cukup stabil. Hal seperti ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk dari faktor intern perusahaan Anda tersebut. 

Sebagai pebisnis, Anda tidak bisa mengabaikan hal-hal negatif seperti ini berlangsung lama, sebab akan merugikan diri sendiri. Pastikan segera mengatasinya dengan langkah yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menurunnya produktivitas karyawan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak memiliki gambaran tentang perusahaan dan perannya

loader

Idealnya setiap karyawan memang memahami dengan baik tentang perusahaan tempat mereka bekerja. Apa yang mereka kerjakan dan apa yang dihasilkan perusahaan tersebut. 

Hal ini akan memberikan mereka gambaran tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka karyawan tidak akan memahami bagaimana pentingnya peran mereka di dalam perusahaan.

Pada kenyataannya, apapun jabatan dan tanggung jawab yang diemban karyawan, tentulah hal tersebut akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Hal ini harus disampaikan dengan baik sejak awal. 

Terangkan apa kontribusi setiap karyawan di dalam bisnis dan apa saja dampaknya bagi perusahaan jika mereka tidak berkontribusi dengan baik. Pemahaman seperti ini akan membuat karyawan lebih bertanggung jawab dan merasa menjadi bagian penting dari perusahaan tersebut, sehingga selalu bekerja dengan maksimal.

2. Tidak melakukan pengawasan dengan baik

Pengawasan yang tidak baik juga memungkinkan karyawan tidak bekerja dengan maksimal, sehingga produktivitas mereka menurun. Karyawan akan bekerja dengan sesuka hati mereka, sehingga resiko tidak selesainya pekerjaan dengan baik menjadi lebih besar. 

Hal ini juga bisa saja disebabkan oleh sempitnya waktu untuk menyelesaikan berbagai tugas yang menjadi tanggung jawab karyawan.

Jika ingin kinerja karyawan tetap berjalan maksimal, maka Anda harus melakukan pengawasan dengan cara yang tepat. Pengawasan yang baik juga akan memungkinkan karyawan lebih cepat mendapatkan solusi. 

Jika ternyata mereka menemukan kendala atau masalah di dalam menyelesaikan tugas. Hal ini tentu berkaitan dengan pencapaian mereka di dalam setiap tugas mereka.

Baca Juga: Atasan Semena-mena? Hadapi dengan Cara Ini agar Tak Ditindas Terus

3. Komunikasi yang buruk

loader

Sesukses apapun sebuah perusahaan, tentu hal tersebut didukung dengan komunikasi yang baik dan lancar di semua lini. Sebaliknya, komunikasi yang buruk akan membuat pendelegasian tugas menjadi lambat, begitu juga dengan penyelesaian berbagai kendala dalam pekerjaan. Hal ini bahkan akan kerap menimbulkan kesalahpahaman.

Sangat penting untuk membangun komunikasi yang baik di dalam bisnis, baik itu di antara para karyawan maupun para manajer bisnis. Membiasakan karyawan menyampaikan pendapat dan kendala mereka dalam bekerja adalah salah satu hal positif yang dapat membuat bisnis menjadi lebih maju. 

Anda akan lebih mudah memahami berbagai permasalahan, termasuk mencari solusinya bersama-sama dengan karyawan.

4. Gaptek dan tidak memiliki skill yang memadai

Mengikuti perkembangan teknologi merupakan kebutuhan tersendiri di dalam dunia bisnis. Namun hal ini akan menjadi sulit, jika ternyata karyawan tidak memiliki kemampuan yang baik untuk menggunakan dan memanfaatkan berbagai teknologi ini. Produktivitas mereka bahkan bisa saja menurun, jika tidak memiliki skill yang mumpuni di bidang yang mereka tangani.

Anda harus memahami kondisi di atas dengan baik dan mengatasinya dengan langkah yang tepat. Memberikan pelatihan atau training merupakan langkah yang paling tepat. 

Hal ini bisa dilakukan dalam intern perusahaan oleh karyawan yang sudah memiliki skill mumpuni atau oleh tenaga ahli dari luar perusahaan yang didatangkan secara khusus.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Hadapi Atasan yang Temperamental

5. Tidak mendapatkan pengakuan

loader

Produktivitas karyawan juga bisa saja menurun jika mereka tidak pernah mendapatkan pengakuan atas kinerja mereka pada perusahaan. Karyawan yang tidak mendapatkan pengakuan seperti ini tentu akan merasa “kecil” dan tidak dihargai. 

Dalam kondisi yang buruk, bukan tidak mungkin mereka akan mencari perusahaan baru yang lebih baik dalam urusan yang satu ini.

Meski tidak setiap saat, pengakuan seperti ini memang dibutuhkan untuk membangun mental dan juga loyalitas karyawan pada perusahaan. Pengakuan seperti ini tentu hadir jika memang memahami kondisi di lapangan dan memahami apa saja yang dilakukan karyawan ketika bekerja.

Pahami dan Atasi Masalah Produktivitas pada Karyawan Anda

Bagi yang merasa bisnis hanya jalan di tempat, bisa saja karyawan mengalami penurunan produktivitas dalam bekerja. Kondisi ini dapat disebabkan banyak hal, termasuk dari faktor perusahaan juga.  Pastikan Anda memahami penyebab dan mengatasi masalah tersebut dengan baik, sehingga bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat kedepannya.

Baca Juga: Ingin Berhenti Jadi Karyawan? Begini Cara Siapkan Keuangannya