5 Ide Bisnis untuk Anda yang Mahir Berbahasa Inggris

KOMPAS.com - Di era globalisasi seperti sekarang, kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin penting. Bahasa Inggris bahkan bukan hanya menjadi sarana komunikasi lintas negara.

Tetapi juga menjadi kunci untuk mengakses informasi, peluang, hingga menggalinya jadi ladang bisnis. Jangan khawatir jika Anda hanya punya kemampuan ini saja. Karena kemampuan ini justru bisa mendatangkan cuan yang melimpah dari bisnis.

Penasaran dengan ide bisnis seperti apa yang cocok untuk seseorang yang pandai berbahasa Inggris? Simak ulasan selengkapnya berikut dari Cermati.com:

1. Jasa Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah profesional adalah salah satu ide bisnis yang paling cocok untuk orang-orang yang mahir berbahasa Inggris. Target konsumennya pun beragam, salah satunya para pebisnis atau pengusaha yang butuh penerjemah bahasa.

Jasa ini mampu mengatasi hambatan bahasa dalam komunikasi bisnis, hukum, akademis, hingga masalah teknis. Sebagai penerjemah, Anda bertugas untuk mengartikan kalimat dalam Bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya agar pesan tersampaikan dengan baik.

Keakuratan terjemahan, grammar, kosa kata dan daya tangkap untuk istilah-istilah teknis menjadi kunci penting dalam melakukan pekerjaan ini. Anda bisa memulai model bisnis ini sebagai freelancer terlebih dahulu lalu mulai mengembangkan jasa penerjemah sendiri.

Selain jadi penerjemah langsung, ada banyak ide bisnis lainnya yang tak kalah menarik. Seperti menjadi jasa penerjemah film dan drama hingga penerjemah buku, baik fiksi maupun non fiksi.

2. Layanan Les Bahasa Inggris

Ide bisnis selanjutnya yang juga menarik untuk dicoba adalah dengan membuka jasa les Bahasa Inggris. Target konsumennya adalah mereka yang ingin belajar Bahasa Inggris.

Sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi nilai lebih di banyak sektor, mulai dari sektor pekerjaan hingga pendidikan. Jadi, ada banyak sekali yang ingin mempelajarinya atau memperdalam kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Dengan menjadi guru les bahasa Inggris, Anda tidak hanya membantu siswa meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Tapi juga membantu mereka meraih kesuksesan dalam dunia pekerjaan yang memang seringkali membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris yang baik.

Anda bisa menawarkan jasa ini secara online, offline, atau keduanya tergantung pada preferensi konsumen. Mulai pekerjaan ini sebagai freelance, kemudian kembangkan model bisnisnya.

Jika sudah semakin berkembang, sewa kantor dan rekrut karyawan, serta mulai buka tempat les Bahasa Inggris secara resmi.

Dalam bisnis ini, kemampuan mengajar dan Bahasa Inggris (menulis, berbicara, dan mendengar) yang baik jadi kunci penting untuk meraih kesuksesan. Jadi, Anda harus benar-benar lihai karena nantinya harus mengajari orang lain.

Baca juga: Begini Cara Sukses Memulai Karir sebagai Penerjemah Bahasa 

3. Penulis Ebook atau Novel Berbahasa Inggris

Punya kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni sekaligus menulis? Menulis ebook bisa jadi ide bisnis pilihan yang cukup menarik.

Di sini kemampuan writing atau menulis tentu sangat diperlukan, terutama pemahaman soal grammar yang baik dan benar. Selain itu kreativitas dan keahlian dalam menyusun informasi juga memegang peranan penting.

Untuk jenis ebook yang bisa ditulis pun beragam, mulai dari kategori edukasi, hiburan, masak-masak, motivasi dan sebagainya. Sebelum mulai menulis pastikan kategori yang dipilih sudah disesuaikan dengan minat para pembaca luar negeri.

Misalnya ketika ingin membuat novel, diperlukan kemampuan imajinasi dan menuangkan emosi dalam tulisan. Supaya hasil tulisan mampu membuat pembaca semakin larut dalam cerita.

Novel tersebut bisa dipublikasi melalui platform novel online, platform jual beli ebook, atau kerjasama dengan penerbit. Dengan cara ini, peluang untuk mendapatkan pendapatan akan semakin besar, apalagi jika ebook tersebut laku keras.

4. Membuat Blog Berbahasa Inggris

Suka nge-blog dan ingin mendapatkan dollar dari hasil blog Berbahasa Inggris? Ide bisnis ini bisa Anda manfaatkan, caranya adalah menjadi seorang blogger yang khusus menulis dengan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan oleh sebagian besar negara. Jadi, pangsa pasar dan pengunjung blog yang berbahasa Inggris tentunya akan jauh lebih luas.

Mulai kembangkan blog dan jangan lupa tentukan niche yang sesuai dengan passion. Kemudian tulis artikel berbahasa Inggris yang bukan cuma berkualitas tapi juga punya value dan mulai dapatkan penghasilan online.

Ketika blog yang sudah dibangun memenuhi syarat, daftarkan blog tersebut ke Google Adsense atau media advertising lainnya. Dari sini Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang ditampilkan pada blog tersebut.

Bukan cuma dari adsense, ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Misalnya melalui program afiliasi marketing, endorsement, atau menjual produk-produk yang sesuai dengan niche blog.

5. Penulis Artikel Berbahasa Inggris

Perusahaan dan situs web selalu mencari konten berkualitas untuk mengisi halaman website mereka. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi penulis artikel yang mengkhususkan diri untuk artikel berbahasa Inggris.

Coba jelajahi topik yang sedang hangat atau viral saat ini, seperti teknologi, kesehatan, keuangan, tren fashion, dan banyak lagi. Untuk model bisnisnya bisa memilih untuk menjadi penulis lepas atau bekerja sama dengan content agency tertentu sehingga lebih mudah mendapatkan proyek penulisan.

Untuk para pemula, coba manfaatkan platform freelancing yang ada saat ini, misal seperti Freelancer, Fastwork, dan sejenisnya. Fee yang didapatkan rata-rata cukup besar, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per artikelnya.

Bahkan, seringkali jauh lebih besar dari fee untuk artikel Berbahasa Indonesia. Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari jenis bisnis diatas untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jangan lupa terus upgrade skill agar bisa menarik lebih banyak klien dan mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih besar.