5 Prospek Karir untuk Kamu Lulusan Sastra Inggris

Menemukan karir yang tepat setelah lulus kuliah tentu menjadi keinginan semua orang. Karir yang tepat sejak awal akan membantu kamu lebih mudah untuk meraih kesuksesan di masa depan, bahkan bisa saja lebih cepat. 

Jika kamu lulusan sastra Inggris, maka kamu tidak perlu terlalu khawatir. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga di bidang ini, atau kamu bahkan bisa saja bekerja secara mandiri. Pastikan kamu memilih pekerjaan yang tepat, agar kamu bisa sukses dan mencapai karir yang cemerlang di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa prospek karir menjanjikan bagi lulusan sastra Inggris yang dapat kamu jadikan pertimbangan:  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Penerjemah

penerjemah

Prospek karir pertama yang bisa kamu jadikan pilihan adalah sebagai penerjemah. Kamu bisa menjadi seorang penerjemah profesional, apalagi jika ternyata kemampuan bahasa Inggrismu terbilang sangat baik. 

Untuk menekuni pekerjaan ini, kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan maupun bekerja secara mandiri sebagai seorang profesional. Saat ini sudah ada banyak platform yang bisa mempertemukan para pencari kerja dan pemberi kerja secara online, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan proyek.

Selain itu, ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan penerjemah seperti ini. Biasanya ini berkaitan dengan urusan dokumen berbahasa asing maupun untuk mendampingi tamu-tamu mereka yang berasal dari luar negeri. 

Jika kamu menekuni pekerjaan yang satu ini secara profesional, kamu juga bisa menjadi penerjemah untuk berbagai buku yang berbahasa Inggris. Ada banyak buku-buku yang berbahasa asing diterbitkan kembali dalam bahasa Indonesia, tentunya setelah diterjemahkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ini Dia Prospek Karir Jurusan Keuangan dan Perbankan

2. Jurnalis

jurnalis

Pekerjaan di dunia jurnalis membutuhkan kemampuan bahasa yang mumpuni. Tidak hanya bahasa Indonesia saja, namun juga bahasa Inggris. Ini menjadi salah satu prospek karir yang cerah untuk kamu lulusan sastra Inggris. 

Bukan hanya itu saja, pekerjaan ini juga akan memiliki banyak tantangan yang unik, sehingga akan sangat tepat untuk kamu yang energik. Perkembangan dunia digital membuka lebih banyak peluang kerja di bidang yang satu ini. 

Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, mengingat ada banyak perusahaan media yang selalu membutuhkan tenaga jurnalis. Kamu akan memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan karir, bahkan hingga ke tahap yang profesional. 

Jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan menjadi jurnalis profesional, maka kamu bahkan bisa saja membangun perusahaan multimedia sendiri. 

3. Tour Guide

tour guide

Pekerjaan unik yang satu ini juga akan sangat cocok untuk kamu lulusan sastra Inggris. Tren pariwisata di tanah air sedang positif dan membawa banyak sekali peluang kerja sebagai tour guide. 

Hampir seluruh wilayah di tanah air sedang gencar-gencarnya mengembangkan sektor pariwisata, sehingga prospek cerah akan bisa dinikmati oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya, termasuk tour guide. Jika kamu termasuk orang yang senang berpetualang, maka pekerjaan yang satu ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Menjadi tour guide akan memberi kamu banyak sekali pengalaman seru, bahkan begitu berharga dan tidak semua orang bisa menikmatinya. Kamu akan bepergian ke tempat-tempat yang indah dan menemukan banyak pengalaman yang baru, bertemu dengan orang yang baru. 

Semua ini akan memberimu kesempatan untuk mempelajari banyak hal, termasuk budaya dan sejarah di tempat-tempat yang kamu kunjungi tersebut. 

Baca Juga: Kuliah Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Ini 5 Prospek Kerja K3 yang Menjanjikan

4. Dosen Bahasa Inggris

dosen bahasa inggris

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia pendidikan, menjadi dosen bahasa Inggris bisa kamu jadikan pertimbangan. Profesi yang satu ini akan memungkinkan kamu mengabdikan diri secara profesional di dunia pendidikan. Kamu bisa membagikan pengetahuan kamu kepada lebih banyak orang dan hal ini tentu sangat menyenangkan. 

Peluang menjadi dosen bahasa Inggris terbilang cukup menjanjikan, sebab di tanah air sendiri ada banyak perguruan tinggi yang membutuhkan tenaga tersebut. Kamu bisa mengembangkan karirmu dengan baik, bahkan sambil meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi di saat bersamaan. 

5. Penulis Buku Berbahasa Inggris

penulis buku

Pekerjaan yang satu ini akan sangat tepat untuk kamu yang selama ini sudah menjadi penulis. Namun meski belum pernah menulis buku, kamu juga bisa memulainya sekarang. Tidak dalam bahasa Indonesia, tulislah bukumu dalam bahasa Inggris yang bisa mendapatkan pasar yang lebih luas nantinya. 

Buku dalam bahasa Inggris tentu akan memiliki peluang untuk bisa mendapatkan lebih banyak pembaca, bahkan dari luar negeri sekalipun. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk memasarkan buku tersebut secara global, hingga ke negeri orang. 

Jika kamu bisa menulis buku yang menarik dan tidak biasa, maka peluang untuk menjadi penulis besar bahkan akan terbuka lebar.

Raih Kesuksesanmu dalam Karir yang Tepat

Lulus dari jurusan sastra Inggris, kamu tentu akan memiliki banyak peluang karir yang menjanjikan. Jurusan yang satu ini bisa membawamu bekerja ke berbagai bidang yang berbeda, baik itu dengan bergabung di perusahaan maupun bekerja mandiri secara profesional. Pilih karir yang tepat sejak awal, agar kamu bisa meraih kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Lulusan Arsitektur yang Bisa Dicoba