5 Tips Cerdas Agar Tidak Lupa Kalau Punya Polis Asuransi

Asuransi bisa saja sudah dimiliki sejak belasan tahun yang lalu, tapi tak sedikit orang juga yang menjadi lupa pada asuransi yang dimilikinya tersebut. Misalnya pada asuransi jiwa, pihak asuransi akan membayarkan ketika tertanggung meninggal dunia. Sementara jika risiko belum terjadi hingga bertahun-tahun kemudian, maka bukan tidak mungkin seseorang akan melupakan asuransi ini. 

Selain itu, memiliki berbagai produk asuransi juga sangat memungkinkan orang bisa lupa dari salah satu atau bahkan beberapa polis asuransi yang dimiliki. Tapi tidak perlu khawatir, kondisi seperti ini bisa diatasi dengan berbagai cara cerdas.

Seperti yang dikutip dan dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, Berikut beberapa tipsnya agar tidak mudah lupa kalau sudah punya polis asuransi:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Pelajari dan Pahami Produk Asuransi Secara Detail

asuransi
Pahami informasi asuransi

Bahasa yang digunakan di dalam Asuransi kerap tidak mudah untuk dipahami oleh orang awam, sehingga Anda butuh waktu untuk mempelajari isi polis dengan baik. Pada umumnya perusahaan asuransi juga akan memberikan waktu khusus untuk kebutuhan ini, setidaknya 1 hingga 2 pekan, sebelum akhirnya calon konsumen memutuskan untuk membelinya. 

Jika sudah memahami dengan baik produk asuransi yang dimiliki, maka akan lebih mudah juga untuk mengingat berbagai informasi, manfaat dan juga hal lainnya yang perlu dilakukan terkait dengan produk tersebut di masa yang akan datang. 

Selain itu, proses ini juga akan sangat membantu Anda lebih mudah untuk memilih produk asuransi yang tepat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan. 

2. Lengkapi Data dengan Baik dan Benar

Jangan membeli polis secara terburu-buru, termasuk ketika mengisi data-data yang dibutuhkan. Bukan hanya berisiko melakukan pengisian yang salah, hal ini juga bisa menimbulkan masalah dan kerugian di masa yang akan datang. 

Isi dan lengkapilah data pemegang polis dan juga tertanggung dengan benar, sehingga kelak Anda tidak mengalami masalah ketika mengajukan klaim asuransi tersebut.

Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki perubahan data yang harus segera di update pada polis asuransi. Segera lakukan penyesuaian data yang dibutuhkan, baik itu perubahan alamat, nomor telepon, alamat email dan yang lainnya. 

Menjalin komunikasi yang baik dengan agen asuransi juga akan menjadi langkah yang bijak, sehingga Anda bisa selalu mendapatkan informasi terbaru tentang asuransi tersebut. Dengan begitu, akan selalu mengingat asuransi yang dimiliki.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Asuransi Syariah Berkualitas

3. Libatkan Keluarga

keluarga
Libatkan keluarga

Jika ingin lebih mudah untuk mengingat polis, melibatkan keluarga dalam pembelian polis tersebut tentu bisa menjadi pertimbangan. Hal ini penting, terutama bagi orang yang akan menerima pertanggungan asuransi tersebut di kemudian hari. 

Anda bisa mengajak keluarga saat akan melakukan penandatanganan polis atau bahkan sekedar menyampaikan informasi tentang polis asuransi yang baru saja dibeli. Keluarga bisa mengingatkan jika terjadi risiko dan Anda harus melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

4. Membuat Catatan Khusus Kepemilikan Polis

Ini langkah mudah lainnya yang bisa dilakukan agar tidak melupakan polis asuransi. Anda bisa membuat catatan khusus tentang kepemilikan polis mulai dari penerima manfaat, tanggal jatuh tempo, nomor polis, dan yang lainnya. 

Pencatatan polis asuransi ini bisa dilakukan di buku catatan kecil yang selalu dibawa dan disimpan dalam tas, ataupun bisa juga dicatat di smartphone.

Baca Juga: Tak Mampu Bayar Klaim, Ternyata Begini Kondisi Jiwasraya

5. Simpan Polis Asuransi Di Tempat yang Aman

brankas
Simpan polis asurandi di tempat yang aman

Polis asuransi termasuk dokumen penting yang tidak boleh ditaruh dengan sembarangan. Agar polis ini tetap aman, simpanlah polis asuransi di tempat yang tepat. Jika perlu simpan bersamaan dengan dokumen penting lainnya yang Anda miliki. Cara ini akan mengamankan polis dan mencegah terjadinya kerusakan pada polis tersebut.

Lakukan yang Terbaik untuk Perlindungan Diri

Jika sejak awal, Anda dan keluarga telah menanamkan pentingnya memiliki asuransi untuk perlindungan diri, maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah lupa akan polis asuransi. Namun, tak ada salahnya juga lakukan yang terbaik dengan menemukan cara yang tepat agar Anda selalu mengingat asuransi yang dimiliki.

Baca Juga: Pengertian Asuransi Dan Manfaatnya