6 Cara Cerdas Menikmati Makan Hemat di Restoran

Makan di restoran tentu sudah menjadi hal yang biasa Anda lakukan. Menikmati sajian lezat atau bahkan sekedar makan bersama orang-orang terdekat merupakan alasan di balik aktivitas tersebut. Hal ini akan menyenangkan, apalagi jika ternyata Anda bisa menikmati menu yang lezat dan sesuai dengan selera Anda.

Namun dibalik semua itu, harga makanan di restoran tentu tidak bisa dianggap murah. Jika sering-sering makan di restoran seperti ini, bukan tidak mungkin Anda harus merogoh banyak uang setiap kali melakukannya. 

Selain memilih restoran yang tepat, pastikan Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan baik. Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan, hanya karena terlalu banyak menghabiskan budget untuk kebutuhan yang satu ini. Gunakan uang Anda dengan bijak, terutama untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu mendesak seperti ini.

Simak beberapa langkah cerdas berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat makan di restoran:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cukup pesan air putih saat makan

air putih

Berbagai minuman di restoran memang kerap menggoda, sebab di sana Anda bisa menemukan banyak jenis minuman sekaligus. Namun jika Anda ingin berhemat, pilih air putih saja sebagai minuman Anda di restoran. Rata-rata minuman di restoran dihargai sekitar belasan hingga puluhan ribu per gelasnya.

Bayangkan berapa banyak uang yang akan Anda habiskan untuk sekedar membeli minuman, apalagi jika Anda sedang makan bersama keluarga atau orang terdekat. Biasakan untuk memesan air putih ketika makan di restoran, agar Anda bisa memangkas biaya makan di sana.

2. Cek penawaran promo dan juga kupon dari restoran

kupon diskon restoran

Ketatnya persaingan bisnis membuat para pengelola restoran berupaya keras untuk memenangkan pasar yang ada. Beragam penawaran menarik kerap diberikan, agar pengunjung tetap ramai sepanjang waktu. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, apalagi jika Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Temukan berbagai promosi menarik dari restoran melalui media sosial atau bahkan koran. Baca dan pastikan Anda memahami semua syarat penggunaan kupon promosi ini, agar Anda benar-benar bisa menggunakannya untuk berhemat.

Baca Juga: Cara Mengehemat Biaya untuk Makan bagi Para Single

3. Buat anggaran khusus untuk makan di restoran

anggaran khusus untuk makan di luar

Jika selama ini Anda kerap kewalahan untuk membayar biaya makan di restoran, maka sebaiknya Anda mulai menetapkan anggaran yang tepat. Jangan sampai pengeluaran ini mengganggu pengeluaran lainnya di dalam keuangan Anda. Tentukan budget makan ini sesuai dengan kemampuan keuangan Anda, agar tidak menjadi masalah di dalam keuangan. Pastikan Anda selalu mematuhi jumlah anggaran ini dengan baik, sehingga tujuan Anda untuk berhemat bisa direalisasikan dengan baik.

4. Ikuti restoran favorit Anda melalui media sosial

ikuti restaurant di media sosial

Jika Anda termasuk orang yang aktif di media sosial, jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan restoran favorit Anda. Saat ini, sebagian besar restoran sudah memanfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen mereka. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan penawaran terkini dari restoran pilihan Anda tersebut. Selain lebih mudah, hal ini juga akan membuat Anda lebih cepat dalam mendapatkan berbagai penawaran yang menguntungkan dari restoran favorit Anda.

Baca Juga: Mau Makanan Sehat Tapi Murah? Praktekkan Cara Ini!

5. Hindari memesan menu istimewa

memesan menu makanan

Setiap restoran tentu akan memiliki menu favorit yang selalu menjadi incaran pengunjung. Meski menarik, pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk memesannya. Menu andalan seperti ini biasanya akan dihargai cukup mahal, jika dibandingkan dengan beragam menu standar lainnya di restoran tersebut.

Jika Anda memilih restoran yang tepat, berbagai menu di luar menu spesial ini juga tentu tak kalah lezatnya. Daripada memesan menu istimewa yang mahal, biasakan untuk memesan menu lezat lainnya saja ketika makan di restoran. Pastikan Anda membaca berbagai menu yang tersedia di sana, agar Anda bisa memilih menu yang tepat dengan harga yang tetap hemat. 

6. Pesan makanan yang berukuran besar

memesan makanan ukuran besar

Memesan menu yang berukuran besar sekaligus juga bisa menghemat banyak uang, jika dibandingkan dengan beberapa menu kecil yang berbeda. Menu besar seperti ini biasanya dijual dengan harga yang lebih hemat. Ini akan menjadi pilihan yang tepat, jika ternyata Anda makan bersama beberapa teman atau bahkan keluarga di restoran tersebut.

Anda bisa memesan menu berukuran besar seperti ini dan menikmatinya bersama. Selain hemat, ini juga akan membuat suasana makan bersama ini menjadi jauh lebih hangat dan menyenangkan.

Makan lezat dan tetap tetap hemat di restoran pilihan

Makan di restoran tentu akan membutuhkan budget yang tidak kecil, apalagi jika Anda akan mengajak teman atau bahkan anggota keluarga lainnya. Biasakan untuk merencanakan hal ini dengan baik, termasuk mengatur keuangan Anda dengan tepat. Nikmati berbagai menu lezat di restoran kesayangan Anda dengan cara yang tepat, agar keuangan Anda tetap aman dan tidak mengalami masalah.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Makan saat Travelling