Ciri-Ciri Perusahaan Asuransi yang Bagus

Asuransi tentu sudah menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Asuransi akan memberikan perlindungan atas kerugian-kerugian fisik maupun materi yang dialami. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dalam beraktivitas.

Jumlah perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi terbilang cukup banyak di tanah air. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri, sebab ada banyak produk yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Maka dari itu, kamu perlu memilih perusahaan asuransi yang paling tepat dan hindari yang bermasalah.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri produk asuransi bagus yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi
  1. Sudah Terdaftar dan di Bawah Pengawasan OJK

    loader

    Hal pertama yang wajib dipastikan dari produk asuransi adalah izin dan juga legalitasnya. Hindari untuk membeli asuransi dengan terburu-buru, apalagi jika belum mengumpulkan informasi yang akurat tentang perusahaan asuransi tersebut. 

    Pastikan perusahaan asuransi sudah memiliki izin dan beroperasi secara resmi. Perusahaan asuransi yang sudah terpercaya seperti ini tentu sudah terdaftar di OJK. Kunjungi website resmi OJK untuk memastikan terdaftar atau tidaknya perusahaan asuransi tersebut. 

  2. Pengajuan dan Proses Klaim yang Mudah

    Pengajuan klaim merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para pengguna layanan asuransi. Hal ini sekaligus menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih produk asuransi. 

    Proses pengajuan klaim yang bertele-tele dan rumit tentu akan merepotkan nasabah. Bukan hanya menyita waktu, layanan yang seperti ini juga akan menguras banyak tenaga. 

    Pada umumnya asuransi yang bagus akan menerapkan sistem yang efisien, termasuk dalam pengajuan klaim. Kamu akan menemukan proses yang mudah dan jelas sejak awal, sehingga pengajuan klaim bisa berjalan dengan lancar. 

    Selain itu, proses pencairan klaim juga bisa berjalan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang panjang. 

  3. Memiliki Agen Profesional

    Saat menggunakan layanan asuransi, kamu tentu akan berurusan dengan agen perusahaan asuransi. Di luar sana, ada banyak sekali agen asuransi yang bisa ditemukan dengan mudah, termasuk yang tidak profesional. 

    Jika berurusan dengan agen asuransi yang seperti ini, bukan tidak mungkin akan selalu mengalami masalah di dalam layanan mereka. 

    Sebaliknya, perusahaan asuransi yang bagus biasanya akan memiliki agen yang profesional dan bisa diandalkan. Agen seperti ini akan membantu menyelesaikan setiap permasalahan, termasuk pengajuan klaim. 

    Selain itu, kamu juga bisa bertanya secara detail tentang produk-produk asuransi yang mereka tawarkan, sebab agen yang bagus tentu akan menguasai informasi produk dengan sangat baik. 

  4. Memberikan Perjanjian Tertulis kepada Nasabah

    Perusahaan asuransi yang bagus juga biasanya dapat dipercaya dan siap memberikan perjanjian tertulis bagi para nasabahnya. Perjanjian ini pada umumnya berkaitan tentang detail klaim yang dapat diajukan dan tidak dapat diajukan oleh nasabah. 

    Penting untuk memastikan isi perjanjian tertulis ini, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi. Hal ini juga akan membantu menghindari masalah atau kendala dalam pengajuan klaim di masa yang akan datang. 

  5. Memiliki Kelayakan Finansial

    OJK memiliki ketentuan tersendiri terkait kelayakan finansial perusahaan asuransi. Hal ini dinilai berdasarkan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC). 

    Solvabilitas merupakan kemampuan perusahaan asuransi dalam membayar seluruh kewajibannya, baik itu dalam bentuk utang jangka pendek maupun utang jangka panjang. 

    RBC sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan dalam memberikan seluruh klaim yang diajukan nasabahnya. Perusahaan asuransi yang bagus harus memiliki kelayakan finansial, termasuk dalam memenuhi kewajiban maupun membayarkan seluruh klaim yang masuk. 

  6. Besaran Premi Sesuai Perlindungan

    Premi yang kecil tentu akan sebanding dengan perlindungan yang bisa didapatkan dari sebuah asuransi mobil. Meski ingin berhemat, kamu tetap harus realistis dan memahami dengan baik apa yang bisa didapatkan dari premi asuransi yang dibayarkan. 

    Perusahaan asuransi yang bagus tentu tidak akan menjanjikan premi yang murah, sebab selalu ada harga untuk sebuah kualitas. Kamu akan mendapatkan perlindungan yang bagus, saat kamu juga bersedia membayarkan premi yang sebanding dengan layanan tersebut. 

Pilih Asuransi Mobil yang Bagus dan Bisa Dipercaya

loader

Menggunakan asuransi mobil merupakan cara terbaik untuk memberikan perlindungan diri atau harta. Ada banyak produk asuransi yang dapat ditemukan, namun ini tentu akan sekaligus menjadi tantangan dalam memilih. Pastikan jeli dan hanya memilih perusahaan bagus dan bisa dipercaya, agar kendaraan bisa mendapatkan perlindungan terbaik.