6 Ide Bisnis Sampingan Menarik Sambil Nonton Konser

KOMPAS.com - Peluang bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk ketika ada event konser! Biasanya orang-orang datang ke konser sebagai hiburan saja. Namun Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk menambah penghasilan.

Di momen ini kesempatan untuk menghasilkan cuan jadi lebih besar. Apalagi, umumnya orang-orang yang datang ke konser rela mengeluarkan uang untuk membeli pernak-pernik konser, seperti makanan dan merchandise. Nah, ini bisa jadi ide bisnis sampingan yang menghasilkan cuan menarik.

Pagelaran konser besar sendiri cukup banyak digelar di Indonesia baik lokal maupun internasional dan kedepannya akan ada lebih banyak konser meriah yang bisa Anda kunjungi.

Lantas, produk jualan apa saja yang bisa ditawarkan sembari menonton konser? Cek 6 idenya berikut ini, dilansir dari Cermati.com:

1. Merchandise Konser

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan saat menonton konser adalah menjual merchandise artis yang sedang tampil di acara tersebut. Misalnya seperti kaos, topi, gelang, poster, stiker, atau barang-barang unik lainnya.

Ini akan menarik minat penggemar untuk membelinya sebagai kenang-kenangan. Anda juga bisa menjual unofficial photocard, keychain, postcard, dan lanyard custom.

Euforia pasti sangat terasa di area tengah-tengah konser, coba jual di sekitar area yang lega namun banyak yang berlalu lalang. Misalnya saja area sekitar pintu masuk atau area sekitar tempat konser. Jangan lupa sesuaikan merchandise yang dijual dengan tema konser dan artis-artis yang tampil ya.

Namun, perlu diingat jangan sampai melanggar hak cipta. Mengingat beberapa artis punya official merchandise-nya masing-masing. Jadi, tak semua orang bisa menjualnya dengan bebas apalagi merchandise tidak resmi.

2. Makanan dan Minuman Ringan

Saat konser berlangsung, kebanyakan penggemar akan merasa lapar dan haus. Inilah saat yang tepat untuk menjual makanan dan minuman ringan seperti popcorn, kacang, air minum, atau camilan lainnya.

Pastikan untuk menyediakan pilihan yang beragam sesuai dengan selera audiens konser tersebut. Umumnya konser-konser besar ditangani oleh event organizer tertentu dan mereka biasanya melarang pengunjung bawa makanan dari luar.

Area konsernya juga lebih tertutup, jadi tak memungkinkan Anda untuk berjualan secara bebas. Sebagai gantinya, Anda bisa menyewa tenant atau booth. Biasanya panitia konser memberikan tempat secara khusus untuk para pedagang untuk berjualan.

Baca juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

3. Jasa Face Painting

Face painting (lukis wajah) merupakan salah satu tren yang cukup populer di konser musik. Ada banyak penggemar yang ingin mengekspresikan dukungan kepada artis favorit.

Namun, tak semua orang bisa dan punya waktu untuk melakukan face painting sendiri. Jadi, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk dapat penghasilan, apalagi jika memang ahli dalam bidang ini.

Cari tempat yang nyaman, sediakan alat-alat dan perlengkapan face painting yang aman sesuai kebutuhan, dan mulai gaet konsumen. Untuk mempromosikan jasa ini, coba buat akun di medsos dan buat postingan promo sembari menyertakan hastag dari konser yang akan digelar.

4. Penyewaan Lightstick

Lightstick termasuk salah satu atribut wajib bagi penggemar yang akan pergi nonton konser. Sayangnya, lightstick ini harganya cukup mahal. Nah, ini bisa jadi peluang menarik untuk menghasilkan cuan dengan menyewakan lightstick ke penonton konser.

Untuk model bisnisnya, jasa ini bisa ditawarkan secara online atau langsung di area konser. Kemudian akan dikirim atau diberikan pada penyewa sebelum konser berlangsung. Namun perlu diingat bahwa ide bisnis sembari konser satu ini punya banyak resiko dan kelemahan.

Pertama, setiap boyband atau girlband memiliki lightstick yang berbeda-beda. Jadi jenisnya harus disesuaikan dengan konser grup mana yang digelar.

Selain itu, bisa saja group tersebut hanya menggelar konser 1 tahun sekali atau lebih jarang, jadi peluangnya sangat terbatas.

Sementara itu, ide bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang besar. Mengingat harga lightstick yang mahal dan harus disediakan dalam jumlah banyak.

Ketiga, resiko atas kerusakan dan kehilangan lightstick bisa menimbulkan kerugian. Jadi, sebelum memilih jenis bisnis ini pastikan Anda sudah mempelajari kelebihan dan kekurangannya.

5. Sediakan Paket Tour Venue

Jika konser diadakan di kota yang berbeda atau lokasi yang jauh, coba sediakan paket tour. Paket ini mencakup tiket konser, akomodasi, dan sejumlah aktivitas menarik lainnya bagi penggemar.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan paket wisata di kota tujuan. Untuk hal ini cobalah bekerja sama dengan sejumlah mitra, seperti penjual tiket konser resmi, agen travel, dan lain sebagainya.

6. Jasa Foto

Sebagai kenang-kenangan setelah nonton konser, jasa fotografi akan sangat diperlukan di sini. Para pengunjung konser perlu membuat foto-foto cantik yang bisa mereka bawa pulang atau post di sosial media.

Jasa ini bisa Anda sewakan dengan menggandeng panitia konser supaya bisa menawarkan jasa ini ke penonton konser. Sediakan juga layanan photobooth dengan berbagai properti dan background yang sesuai tema konser.

Biasanya, layanan photobooth ini cukup banyak diminati oleh anak-anak muda. Sebelum mengeksekusi ide - ide di atas, pastikan untuk membaca regulasi konser yang ditetapkan oleh panitia supaya tidak salah langkah.