6 Manfaat Paylater, Salah Satunya Bantu Jaga Cash Flow

Kamu pengguna paylater? Paylater memang membuat transaksi keuangan jadi lebih mudah, sebab paylater dapat menjadi alat pembayaran di situs belanja online.

Paylater adalah cara pembayaran dalam bentuk kredit limit atau pinjaman online. Didesain dalam bentuk fitur yang ditanam pada sebuah aplikasi belanja online atau e-commerce, dompet digital, maupun fintech lending.

Paylater menawarkan kemudahan belanja di awal, bayar belakangan. Tanpa jaminan dan kartu kredit pula. Paylater adalah metode ngutang yang lagi populer.

Pinjaman uang yang bisa didapatkan dengan mudah karena hanya berbekal KTP dan foto diri. Pinjaman paylater dapat digunakan untuk transaksi belanja, seperti membeli baju, sepatu, gadget, tiket liburan, dan lainnya.

Buat yang kini hobinya paylater-an, berikut manfaat yang bisa kamu rasakan:

Baca Juga: Tak Melulu Belanja, Paylater Bisa Jadi Berkah Jika Dipakai untuk Ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

loader
Paylater dapat membantu menjaga cash flow

1. Membantu arus kas atau cash flow

Paylater bermanfaat untuk mengelola pengeluaran bulanan dan arus kas atau cash flow. Hal ini dibuktikan melalui survei RISED (Research Institute of Socio-Economic Development) yang berjudul Persepsi Pasar Indonesia Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater.

Hasil survei tersebut menunjukkan 92% dari 2.000 responden yang disurvei mengaku bahwa paylater membantu mereka mengatur arus kas dengan lebih baik, terutama di masa pandemi yang penuh ketidakpastian.

Dengan begitu, mereka bisa lebih leluasa mengatur bujeting dan merencanakan keuangan jangka panjang, termasuk menabung.

2. Transaksi pembayaran lebih mudah dan praktis

Tidak punya kartu kredit, akun dompet digital, atau ribet COD? Kamu dapat menggunakan alternatif paylater untuk melakukan transaksi pembayaran, seperti belanja online, bayar tagihan listrik, beli kuota internet, dan lainnya.

Lebih mudah dan praktis. Misalnya ingin membeli peralatan usaha dengan paylater. Tinggal cari di merchant yang bekerja sama atau menerima pembayaran paylater, kemudian bayar dengan cara mencicil sesuai tenor yang dipilih.

loader
Paylater dapat membantu merencanakan keuangan lebih baik

3. Merencanakan keuangan lebih baik

Paylater memberi pinjaman untuk membeli sesuatu. Beli sekarang, bayar bulan depan. Itu artinya, kamu memiliki kewajiban membayar cicilan pokok dan bunganya setiap bulan.

Sebelum membeli, tentunya kamu sudah menghitung berapa cicilan yang aman atau tidak memberatkan keuangan. Misalnya, gaji Rp 5 juta sebulan. Besaran utang tidak lebih dari 30% penghasilan atau Rp 1,5 juta per bulan.

Berarti, kalau ingin menggunakan paylater untuk membeli sesuatu, maksimal cicilan setiap bulan harus Rp 1,5 juta. Tidak boleh lebih dari itu agar terhindar dari gagal bayar.

Inilah contoh pengelolaan keuangan yang bisa kamu rencanakan dalam pemakaian paylater. Segala sesuatunya harus dihitung terlebih dahulu.

Baca Juga: 3 Syarat Mengajukan Pinjaman Online Langsung Cair

4. Menolong di saat kondisi gawat

Paylater ibarat dana darurat yang disediakan pihak lain untuk menolong kamu ketika dalam keadaan mendesak atau kondisi gawat. Karena sebaiknya paylater digunakan untuk kepentingan darurat saja.

Contoh, kamu terkena PHK. Tidak ada pesangon dan sedang mengalami masalah keuangan. Layanan paylater dapat menjadi penolong untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, seperti membeli sembako, bayar tagihan, dan lainnya.

loader
Paylater, belanja dulu, bayar belakangan

5. Membangkitkan semangat kerja

Kalau kamu sedang malas kerja atau resign dari pekerjaan, ingat tagihan paylater kamu. Tagihan paylater akan membuatmu kembali bersemangat, karena kewajiban tersebut harus dibayar tepat waktu dan lunas.

Jika tidak, kamu akan menanggung risikonya. Kena denda keterlambatan, sehingga membuat utangmu terus menggulung. Pastinya tidak mau hal itu terjadi kan?

Jadikan tagihan paylater motivasi untuk bekerja, inovasi dan kreatif dalam berbisnis, atau mencari penghasilan tambahan agar dapat melunasi cicilan paylater.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair, Kelebihan dan Kekurangannya

6. Mewujudkan cita-cita jadi pengusaha

Paylater menawarkan limit pinjaman cukup besar. Mulai dari Rp 500 ribu, Rp 50 juta, bahkan sampai Rp 500 juta.

Limit paylater tersebut dapat kamu manfaatkan untuk modal memulai bisnis. Bisnis apapun yang sesuai dengan minat atau passion.

Keuntungan usaha dipakai untuk membayar cicilan paylater. Selain itu, dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Gunakan Paylater dengan Bijak

Siapapun dapat mengajukan paylater, termasuk dalam penggunaannya. Ingat bahwa paylater bukan pinjaman gratis. Ada bunga yang harus dibayar pengguna rata-rata berkisar 2-4% per bulan.

Oleh karenanya, gunakan paylater dengan bijak agar menghindarkanmu dari tumpukan utang. Membuat keuangan tetap aman, bukan hari ini saja, tetapi juga di masa depan. 

Baca Juga: Kecanduan PayLater Bisa jadi Bencana, Begini Cara Atasinya