6 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Pasutri Baru

Menikah adalah momen yang membahagiakan bagi pasangan yang sudah lama berpacaran. Namun, kehidupan setelah menikah tidak semudah yang dibayangkan. Akan ada banyak masalah yang terjadi dalam kehidupan pernikahan, salah satunya adalah masalah finansial.

Kondisi finansial yang tidak stabil tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pasutri baru. Tapi dengan membuka usaha, keuangan tidak lagi menjadi persoalan karena adanya sumber pemasukan 

Berikut ini beberapa rekomendasi peluang usaha yang menguntungkan untuk pasutri. Silahkan dicoba, ya!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Usaha sembako

warung sembako
Usaha sembako via radarnonstop.co

Berjualan sembako cocok sekali untuk pasutri coba karena sembako berisi daftar kebutuhan utama. Siapa saja butuh sembako, jadi bisa dibilang usaha yang satu ini pasti laris. Apalagi bila Anda tinggal di kawasan yang banyak penduduknya.

Jumlah modal untuk membuka usaha sembako tergolong besar, tapi Anda bisa coba buka dalam skala kecil-kecilan dulu kalau memang kekurangan modal. Nanti kalau usaha ini berkembang, baru tambah modalnya karena barang yang dibutuhkan semakin banyak dan bervariasi. 

Usahakan berjualan secara jujur, baik dari segi harga maupun timbangan barang. Sebab, penjual yang jujur selalu dicari karena memberikan pelayanan yang memuaskan.

2. Menjahit

Memang, menjahit merupakan pekerjaan yang akrab untuk seorang wanita. Tapi, kalau mau membuka usaha jahitan sendiri, mak sah-sah saja bila dilakukan oleh suami dan istri. Tugas isteri menjahit, sedangkan suami mengantarkan jahitan kepada pelanggan.

Modal untuk membuka usaha menjahit sebenarnya tidak mahal karena biaya terbesar cuma untuk mesin jahit. Sedangkan untuk beli jarum, benang, gunting, dan alat-alat menjahit lainnya tidak terlalu makan biaya.

Anda tidak perlu menyewa kios untuk menjahit. Di rumah pun bisa asal punya ruang tamu yang luas untuk menampung jahitan pelanggan.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Usaha Menjahit Baju Menguntungkan

3. Jualan air minum

air isi ulang
Jualan air isi ulang via thegorbaisla.com

Peluang usaha air minum juga tak kalah menggiurkan untuk pasangan yang baru menikah. Usaha ini tergolong simpel, bahkan tidak perlu pemahaman bisnis apapun. Siapkan modal dan ruangan kecil untuk menaruh galon air minum. Kalau air minum yang dijual air isi ulang, Anda perlu membeli mesin penyulingan air agar air bersih dan siap dikonsumsi. 

Masalah pelanggan, Anda tidak perlu terlalu pikirkan. Selagi yang jualan air minum di sekitar kompleks tempat tinggal belum ada, usaha air minum pasti laku keras. Jangan lupa menempelkan baliho di kios tempat berjualan agar tetangga sekitar tahu kalau Anda buka usaha air minum.

4. Konter pulsa

Jika Anda dan pasangan ingin buka usaha yang simpel, fleksibel, dan tidak butuh banyak karyawan, maka bisa coba buka usaha konter pulsa. Modal yang dibutuhkan juga masih terjangkau, yaitu untuk membeli meja kaca dan produk yang hendak dijual.

Sedangkan tempatnya, Anda bisa gunakan teras rumah yang masih tersisa. Jadi, tidak perlu menyewa kios atau ruko untuk menjalankan usaha ini apalagi kalau skalanya masih kecil-kecilan.

Agar usaha konter pulsa ramai, maka promosikan kepada keluarga, teman, dan tetangga di sekitar tempat tinggal. Buat harga yang terjangkau supaya pembeli tidak lari ke penjual konter pulsa yang lain.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal

5. Beternak

ternak
Beternak

Jika Anda ingin membuka usaha yang bisa dikonsumsi sendiri maupun dijual, maka beternak jawabannya. Ada banyak hewan yang bisa di ternak, seperti ayam, bebek, sapi, dan berbagai jenis ikan. Anda bisa pilih ternak mana yang paling mudah dan sesuai modal. 

Mengingat beternak membutuhkan lahan yang luas, mau tidak mau Anda dan pasangan harus mencari tempat yang pas. Pilihlah tempat yang tidak jauh dari tempat tinggal agar kalian bisa lebih sering mampir. 

Jika rumah punya halaman belakang yang luas, maka tidak ada salahnya beternak di belakang rumah. Tapi dengan catatan, harus sering dibersihkan agar bau dari kotoran hewan ternak tidak sampai ke rumah. 

6. Usaha tambal ban

Peluang usaha untuk pasutri baru yang terakhir adalah membuka jasa tambal ban. Kelihatannya memang sepele, tapi kalau usaha punya banyak pelanggan, maka penghasilan yang didapat cukup lumayan. 

Adapun yang dibutuhkan untuk membuka usaha tambal ban adalah tempat seluas 3x4 meter, perkakas untuk menambal ban, dan pamflet nama tambal ban. Cukup sederhana, bukan?

Mengingat kebutuhannya sedikit, modalnya pasti sedikit juga. Anda dan pasangan tidak perlu sampai berutang ke bank karena tabungan pribadi sudah cukup untuk di awal-awal.

Suami Istri Harus Kerja Sama dalam Mengelola Usaha

Pilih salah satu usaha yang menurut Anda dan pasangan paling mudah dijalankan, sesuai dengan passion, budget, dan punya peluang yang paling cepat untuk berkembang. Tak kalah penting adalah bekerja sama dalam mengelola bisnis agar hasilnya maksimal, bisnis juga bisa berkembang lebih cepat.

Baca Juga: Peluang Manis dari Ide 6 Bisnis Susu Kental Manis