6 Pilihan Software CRM yang Bisa Bikin Kerjamu Lebih Mudah

Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu poin penting dalam kesuksesan bisnis. Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan memang menjadi salah satu cara untuk mempertahankan bisnis. . 

Namun semakin besar bisnis yang dijalankan, maka jumlah pelanggan juga akan semakin besar, sehingga dibutuhkan kemampuan lebih untuk mengelolanya.

Saat ini, CRM tidak harus dilakukan dengan cara manual dan menghubungi satu persatu pelanggan secara personal. Di era digital yang sudah semakin canggih, beragam software yang praktis juga hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kamu bisa memilih software yang tepat dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan sejak awal. Hal ini penting, agar kamu lebih mudah menggunakan dan bisa memanfaatkannya secara maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan software CRM yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. HubSpot

loader
HubSpot

Software yang satu ini menjadi pilihan banyak orang, sebab dianggap praktis dan cukup mudah untuk digunakan. Namun meski begitu, HubSpot menawarkan banyak fitur yang akan mempermudah kamu dalam melakukan CRM. 

Software ini bahkan bisa kamu gunakan secara gratis melalui situs resmi mereka. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang dapat kamu temukan di dalam HubSpot: 

  • Dapat mengelola data pelanggan hingga lebih dari 1 juta.
  • Menyediakan deal tracking.
  • Memungkinkan pipeline management.
  • Sistem email tracking.
  • Meeting scheduling yang praktis.
  • Dan yang lainnya. 

2. Zoho CRM

loader
Zoho CRM

Software yang satu ini juga terbilang komplit dan bisa mempermudah kamu melakukan CRM. Zoho memiliki layanan manajemen komunikasi yang terbilang lengkap dalam satu aplikasi sekaligus. 

Hal ini jarang ditemukan dalam aplikasi CRM lainnya. Melalui Zoho, kamu bisa berkomunikasi lebih mudah dan praktis dengan pelanggan melalui banyak pilihan, seperti: media sosial, telepon, email, dan yang lainnya. 

Selain itu, Zoho juga akan mempermudah kamu mengelola tim kerja di dalam perusahaan. Software ini memungkinkan kamu membuat workflow, sehingga pengawasan setiap anggota tim menjadi lebih mudah. 

Kamu juga bisa menggunakan Zoho untuk melakukan analisis serta prediksi atas penjualan, bahkan untuk mengelola informasi lainnya terkait dengan penjualan tersebut. Untuk menggunakan software ini, kamu harus mengeluarkan budget sekitar 12-45 US$ per tahunnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengumpulkan Modal Usaha

3. Less Annoying CRM

loader
Less Annoying CRM

Software CRM yang satu ini juga cukup populer dan banyak digunakan.  Less Annoying CRM termasuk praktis dan akan mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. 

Namun meski begitu, berbagai fitur unggulan yang ditawarkan akan membantu kamu melakukan CRM dengan lebih mudah. Untuk menggunakan software ini, kamu harus membayar 10 US$ per bulannya.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan software Less Annoying CRM: 

  • Manajemen kontak yang praktis.
  • Pipelining data 
  • Kalender kerja dan manajemen tugas tim
  • Kustomisasi halaman 
  • Dan yang lainnya.

4. Salesforce

loader

Sugarforce

Salesforce bisa menjadi pilihan lainnya yang kamu gunakan dalam CRM. Software yang satu ini terbilang lengkap dan menyediakan banyak fitur untuk membantu pekerjaanmu menjadi lebih mudah. 

Untuk menggunakan Salesforce, kamu harus mengeluarkan budget sekitar 25-300 US$ untuk setiap bulannya. 

Ada banyak fitur yang disediakan Salesforce, beberapa diantaranya seperti berikut ini:

  • Manajemen kontak yang mudah.
  • Kustomisasi bagian depan. 
  • Laporan CRM secara berkala.
  • Tracking aplikasi yang memadai, seperti: meeting, email, telepon. 
  • Dan yang lainnya. 

5. Pipedrive CRM

loader

Pipedrive CRM

Jika kamu menginginkan software yang simpel dan mudah digunakan, Pipedrive bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan budget mulai dari 12,5-99 US$ per bulannya. 

Pipedrive menawarkan banyak fitur yang akan membantu pekerjaanmu dalam CRM, antara lain:

  • Chatbot yang dapat kamu kustomisasi.
  • Tracking percakapan dengan pelanggan.
  • Otomatisasi berbagai pekerjaan yang bersifat administratif.
  • Laporan hasil penjualan.
  • Dan yang lainnya.

6. SugarCRM

loader

SugarCRM

Software CRM terakhir yang dapat kamu jadikan pilihan adalah SugarCRM. Software ini dikenal komplit dan memiliki banyak fitur unggulan sekaligus. 

Untuk menggunakan SugarCRM, kamu harus mengeluarkan budget sekitar 52-85 US$ per bulannya. Layanan ini menyediakan 3 fitur utama yang memungkinkan kamu bekerja dengan lebih mudah, antara lain: Sugar Market, Sugar Sell, dan juga Sugar Serve.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Iklan Produk yang Efektif pada Media Online

Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget

Melakukan CRM menjadi hal penting di dalam bisnis, kamu dapat menggunakan software untuk mempermudah proses ini. Saat ini, ada banyak pilihan software CRM yang bisa kamu temukan di pasaran, lengkap dengan harga yang beragam. Pilih software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta budget mu, agar kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal di dalam bisnis.

Baca Juga: 6 Strategi Jitu Pemasaran Online dan Tips Penerapannya dalam Bisnis