7 Jenis Olahraga Ringan untuk Menjaga Tubuh Fit selama Puasa

Menjalankan ibadah puasa merupakan momen penting yang dilakukan selama bulan Ramadan ini. Berpuasa selama sebulan penuh tentu akan melengkapkan ibadah di bulan suci ini.

Selain menjaga asupan nutrisi dan kesehatan, kamu juga perlu menjaga tubuh tetap fit selama menjalankan puasa. Hal ini penting, apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki rutinitas yang cukup padat setiap harinya.

Cobalah untuk menghindari olahraga yang berat dan menyita banyak energi, dengan memilih memilih jenis olahraga ringan dan lebih mudah dilakukan. Sesuaikan olahraga ini dengan waktu puasa, agar aktifitas yang lainnya tidak sampai terganggu.

Jika perlu, kamu bisa berolahraga setelah sahur atau bahkan sebelum berbuka puasa nanti. Simak beberapa pilihan olahraga ringan berikut ini, yang bisa dilakukan selama bulan puasa nanti.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

7 Olahraga Ringan Agar Badan Tetap Fit

  1. Jogging

    loader

    Jogging menjadi olahraga yang simpel dan bisa dilakukan dengan mudah kapan saja ketika menginginkannya, termasuk di saat bulan puasa. Jika kamu termasuk orang yang sibuk, maka bisa jogging di treadmill sesaat setelah menyelesaikan rutinitas atau bahkan setelah sahur.

    Namun, jika terbiasa olahraga di luar rumah, maka jogging sekitar 30 menit di pagi hari tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahraga yang satu ini akan membuat aktif bergerak dan berkeringat cukup banyak.

    Pastikan tetap menikmati jogging ini dalam intensitas yang ringan saja, agar tubuh tidak kelelahan dan mengalami dehidrasi.

  2. Bersepeda

    Bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang dijalankan selama bulan Ramadan ini. Aktivitas bersepeda bisa membuat tubuh tetap bugar dan membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar.

    Kamu juga bisa memilih sepeda statis atau dinamis yang dapat diakses dengan lebih mudah, sesuai dengan kesibukan selama bulan puasa. Namun, jika senang dengan olahraga di luar rumah, bersepeda sekitar 40-50 menit di pagi hari tentu akan membuat tubuh lebih bugar.

  3. Bowling

    loader

    Olahraga yang satu ini akan membuat tubuh dan pikiran rileks juga positif. Meski termasuk olahraga permainan yang terbilang ringan, bowling akan membuat kamu fokus dan berlatih menjaga keseimbangan tubuh.

    Kamu bisa menikmati permainan ini bersama dengan teman-teman, agar lebih seru dan menyenangkan. Bowling juga bisa menjadi pilihan aktivitas sehat yang dapat dilakukan di sela-sela menunggu waktu berbuka puasa.

  4. Renang

    Renang menjadi pilihan olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan selama berpuasa. Meski terbilang simpel, berenang bisa saja membakar cukup banyak kalori di tubuh.

    Agar tubuh tetap fit selama berpuasa, berenanglah sekitar 30 menit. Namun pastikan kamu tidak sampai menelan air selama menjalankan aktifitas ini, agar puasa tidak sampai batal.

  5. Jalan Cepat

    loader

    Jalan cepat merupakan aktivitas yang mudah dan bisa menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa. Kamu bisa menikmati aktifitas ini sekitar 30 menit dan membuat tubuh bergerak aktif.

    Jalan cepat akan menjadi aktivitas ringan yang bisa dinikmati sesaat sebelum berbuka puasa. Agar lebih seru, kamu juga bisa mengajak teman atau bahkan rekan kerja untuk menikmati olahraga yang satu ini.

  6. Naik turun tangga

    Aktivitas yang satu ini tentu akan membuat tubuh bergerak dengan aktif. Meski terbilang ringan, aktivitas naik turun tangga seperti ini bisa membakar banyak kalori dan membuat tubuh tetap fit selama berpuasa. Tidak perlu dalam durasi yang panjang, cukup melakukan aktivitas ini 10 menit saja untuk membakar sekitar 170 kalori di dalam tubuh.

    Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Bau Mulut yang Mengganggu Saat Puasa

  7. Yoga

    loader

    Yoga merupakan olahraga simpel dan terbilang ringan untuk dilakukan. Namun meski begitu, aktivitas yang satu ini bisa memberikan banyak manfaat positif.

    Bukan hanya tubuh yang fit, yoga juga bisa membuat pikiran lebih rileks dan positif. Kamu bisa menikmati yoga ini sekitar 30-40 menit di pagi atau sore hari, agar tubuh tetap bugar selama menjalankan puasa. Selain melatih pernapasan, yoga juga akan membuat pikiran lebih tenang dan siap untuk menjalankan puasa penuh selama Ramadan.

Lakukan Olahraga Ringan dengan Rutin Selama Puasa

Olahraga ringan bisa menjadi pilihan tepat untuk menjaga kebugaran selama bulan puasa. Pilih jenis olahraga yang tepat dan mudah untuk dilakukan, agar bisa menikmatinya dengan cara yang menyenangkan.Berolahragalah secara teratur, sehingga tubuh bisa tetap fit dan tenang selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Bikin Sendiri Lebih Sehat, Ini 5 Resep Takjil Buka Puasa yang Manis dan Gurih