7 Cara Mudah untuk Menikmati Sahur Sehat selama Berpuasa

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari, pastikan selalu mengawali puasa dengan sahur. Makan saat sahur akan memenuhi kebutuhan energi seharian penuh, hingga akhirnya tiba waktunya berbuka puasa. 

Dengan durasinya yang cukup panjang, maka sangat penting untuk selalu sahur dengan pilihan menu yang tepat dan sehat. Selain itu, cermati juga beberapa hal penting lainnya terkait dengan sahur selama puasa ini.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dicermati saat sahur, agar tetap sehat selama berpuasa:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Cukupi kebutuhan serat

loader

Serat merupakan salah satu komponen penting yang harus terkandung di dalam menu sahur. Serat akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, termasuk memperlancar proses pencernaan selama berpuasa. 

Ada banyak sumber makanan yang mengandung serat alami dan cocok untuk dikonsumsi saat sahur, seperti: sayuran, beras, buah-buahan segar, kacang-kacangan, gandum, dan yang lainnya. 

Penuhi kebutuhan serat selama berpuasa, agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi baik ini dan pencernaan bisa berjalan dengan lancar.

2. Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup 

Protein menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa menunda rasa lapar. Zat yang satu ini akan membuat kamu merasa lebih kenyang untuk waktu yang panjang, sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika sahur. 

Ada banyak sumber protein nabati dan juga hewani yang dapat dipilih, seperti: susu dan olahannya, daging merah, olahan kacang kedelai, lentil, daging unggas, dan yang lainnya.

3. Konsumsi lemak dalam jumlah yang tepat

Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi lemak selama masa puasa. Kamu harus memasukkan ini di dalam menu sahur, namun tetap harus dalam jumlah yang tepat. Pilih lemak tidak jenuh, agar tubuh tetap sehat dan bebas dari masalah lemak jahat yang merugikan kesehatan. 

Ada banyak sumber makanan yang bisa dipertimbangkan sebagai sumber lemak sehat ini, antara lain: alpukat, makarel, almond, kacang mete, sarden, dan yang lainnya. Selain itu, bisa juga mengganti minyak goreng dengan jenis minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Ringan untuk Menjaga Tubuh Fit selama Puasa

4. Hindari makanan asin dan manis

loader

Makanan dan minuman manis memang selalu menggoda. Namun berbagai makanan yang terlalu manis dan juga asin seperti ini, bukanlah pilihan yang tepat ketika sedang sahur. 

Kamu akan mudah haus setelah mengkonsumsi makanan manis atau asin, sehingga membutuhkan lebih banyak cairan. Hal ini tentu tidak akan menyulitkan selama berpuasa. 

Selain itu, makanan yang mengandung banyak garam atau gula juga akan menyerap lebih banyak air di dalam tubuh.

5. Penuhi kebutuhan gula darah

Selama berpuasa, penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencukupi kebutuhan aktivitas. Hal ini akan mencegah kamu mudah lelah atau bahkan mengalami penurunan energi yang terlalu banyak. 

Agar tetap bisa beraktivitas dengan lancar dan sehat, pastikan mengonsumsi gula dalam jumlah yang tepat. Asupan gula ini bisa didapatkan dari berbagai makanan sehat, seperti buah-buahan segar dan juga jus buah alami.

6. Konsumsi makanan yang berkualitas baik

Makan banyak di saat sahur mungkin menjadi pilihan banyak orang, mengingat masa puasa memang terbilang panjang.  Namun kuantitas seperti tidak selalu menjamin kualitas makanan yang dikonsumsi. 

Fokuslah pada kualitas makanan yang dinikmati saat sahur, sebab makanan ini harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi selama sehari penuh. Pastikan makan dalam porsi yang tepat dan sehat, sehingga asupan makanan ini benar-benar bisa mendukung semua rutinitas sepanjang hari.

Baca Juga: 7 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula dalam Darah saat Puasa

7. Hindari makan terlalu malam

loader

Jangan makan terlalu malam, apalagi jika setelahnya kamu ingin segera beristirahat. Pencernaan bisa saja mengalami gangguan karena makan yang terlalu larut malam seperti ini. 

Bukannya menikmati istirahat dengan nyaman, kamu bisa sulit tidur, atau bahkan tidak bisa menikmati sahur keesokan harinya. Jika sudah begini, puasa akan berjalan dengan tidak lancar, bukan?

Sahur Sehat dengan Menu yang Tepat

Menikmati makan sahur merupakan salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina selama berpuasa. Hindari berbagai makanan dan kebiasaan makan yang buruk ketika sahur. Nikmati sahur dengan menu sehat dan tepat, agar bisa menjalankan puasa dengan tubuh yang fit selama Ramadhan ini.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Bau Mulut yang Mengganggu Saat Puasa