7 Manfaat SEO dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

KOMPAS.com - Dalam pengembangan bisnis secara digital, penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dapat mendorong website Anda masuk dalam hasil pencarian online teratas dengan lebih mudah dan hemat biaya. Inilah mengapa, penerapan SEO menjadi hal penting untuk dipertimbangkan ketika menyusun strategi bisnis.

Selain berperan dalam pengembangan bisnis, SEO pun punya banyak manfaat lainnya yang tak kalah luar biasa untuk diketahui. Ingin tahu, manfaat apa saja yang diperoleh dengan menerapkan SEO dalam pengembangan bisnis? Simak ulasan dari Cermati.com selengkapnya berikut ini:

1. Mendorong Peningkatan Trafik Organik

Untuk menemukan informasi tertentu di internet, Anda perlu memasukkan kata kunci yang spesifik di kolom pencarian Google. Tak lama kemudian, Anda akan disuguhi deretan website yang menampilkan yang dicari.

Ketika Anda mengklik salah satu website tersebut, maka website akan mendapatkan trafik atau kunjungan. Nah, kunjungan alami dari audiens ini dikenal dengan sebutan trafik organik.

Sementara SEO memiliki peran untuk mengoptimalkan kata kunci yang ada dalam konten website tersebut, sehingga akan terbaca oleh Google sebagai konten yang relevan untuk direkomendasikan ke pengguna. Dengan begitu, ini bisa mendatangkan trafik organik yang lebih banyak.

Saat ini, Google menjadi salah satu mesin pencarian paling populer mengalahkan Bing, Yandex dan lain sebagainya. Ini menjadikan Google berada di posisi pertama mesin pencarian saat ini.

Inilah alasannya, mengapa website yang dimiliki harus Google friendly supaya trafik bisa masuk dengan lebih mudah. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi SEO secara tepat.

2. Memperluas Pasar

Pernahkah terpikirkan memperluas jangkauan target market bisnis yang dijalankan saat ini? Jika iya, SEO bisa memuluskan rencana Anda. Contoh sederhananya, Anda punya rencana untuk mengembangkan bisnis lokal agar bisa menembus pasar internasional.

Untuk itu, langkah paling mudah adalah dengan membuat website bisnis multi bahasa. Agar website tersebut bisa diakses oleh pengguna dari negara tujuan dengan mudah, maka perlu optimasi SEO. Dengan begitu, rencana ekspansi pasar yang sudah dibuat menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Audiens

Ketika sedang pencarian informasi tentang perusahaan tertentu di Google, sayangnya informasi yang dicari tidak ada. Bukankah hal ini cukup mencurigakan? Saat ini kemunculan bisnis di laman pencarian, baik di Google maupun mesin pencarian lainnya sangat diperhitungkan.

Ketika informasi terkait perusahaan tidak bisa ditemukan di laman pencarian, maka bisa membuat kredibilitasnya menurun, begitu pun sebaliknya. Nah, satu lagi peran SEO adalah mendorong visibilitas situs web di laman pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan.

Dengan visibilitas website yang baik, ini akan membantu mendorong kredibilitas dan kepercayaan audiens terhadap bisnis.

4. Pengalaman Pengguna Lebih Berkualitas

Pengalaman pengguna atau User Experience yang baik termasuk faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis. Konten yang relevan, bermanfaat dan berkualitas menjadi salah satu langkah jitu meningkatkan user experience.

Semakin relevan dan bermanfaat konten yang dibuat sesuai search intent, ini akan mengirimkan sinyal positif pada Google bot. Alhasil, website pun muncul di peringkat teratas laman hasil pencarian. Dengan begitu, trafik organik pada website akan mengalami peningkatan signifikan.

Dengan kata lain, SEO berperan penting dalam meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna. Salah satunya dengan menghasilkan konten yang relevan dan bermanfaat bagi user.

5. Menguasai Pasar Lokal

Bukan hanya bisa membantu memperluas target pasar internasional saja, SEO juga bisa membantu memaksimalkan performa bisnis dalam skala lokal. Strategi ini dikenal dengan sebutan local SEO dan cocok diterapkan oleh bisnis lokal yang berbasis lokasi.

Misalnya seperti bisnis franchise, usaha kuliner, usaha rumahan, dan banyak lagi. Anda bisa segera melakukan optimasi bisnis secara lokal dengan lebih memfokuskan diri dengan target audiens lokal. Termasuk menghasilkan konten sesuai informasi lokal atau isu-isu terkini yang ada di sekitar wilayah bisnis Anda berada.

Agar makin ciamik, jangan lupa kumpulkan testimoni pelanggan dengan bantuan tools seperti Google Review. Hal ini supaya kredibilitas bisnis lokal yang dikembangkan semakin eksis dan dilirik banyak orang.

Baca juga: Kelola Bisnis Online Makin Mudah, Manfaatkan 10 Aplikasi Gratis Ini 

6. Mendorong Brand Awareness

Ketika sebuah website selalu muncul di laman hasil pencarian, ini tentu akan meninggalkan memori tersendiri bagi pelanggan. Bahkan, ketika brand tersebut tidak muncul dalam daftar hasil pencarian, mereka pun akan mulai mencarinya. Inilah yang dinamakan brand awareness atau kesadaran merek.

Dengan SEO, meningkatkan kesadaran merek suatu bisnis akan menjadi lebih mudah dilakukan. Meskipun demikian, kesadaran merek bukan sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Perlu waktu dan proses yang tidak sebentar dalam menerapkan SEO, agar manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal.

7. Mengumpulkan Data Konsumen

Manfaat selanjutnya dari penerapan SEO dalam bisnis adalah kemudahan mendapatkan data konsumen. Salah satunya, terkait customer behavior atau perilaku konsumen. Semua data tersebut dapat diakses melalui sejumlah SEO tools.

Sebut saja, seperti Google Search Console, Google Analytics, dan lain sebagainya. Dengan SEO tools tersebut, Anda bisa dengan mudah memantau perilaku audiens. Misalnya, ada pengunjung yang hanya datang dan melihat-lihat tapi tidak membeli.

Mungkin saja, konten yang dibuat belum bisa menarik minat audiens, sehingga ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas konten. Pelajari bagaimana cara kerja SEO dan apa saja aspek pendukungnya.

Termasuk bagaimana cara yang tepat untuk mengimplementasikannya sesuai niche bisnis. Ini dilakukan agar strategi SEO yang akan diterapkan berhasil dan memberikan impact yang positif pada bisnis yang dijalankan. Semoga bermanfaat!