7 Tips Mengelola Biaya Pembangunan Rumah Baru

Memiliki rumah sendiri menjadi salah satu keinginan besar yang selalu ingin diwujudkan hampir semua orang. Rumah akan menjadi tempat berteduh dan membangun keluarga, sehingga penting untuk membuatnya senyaman mungkin. Alih-alih membeli rumah jadi, membangun rumah dari nol menjadi pilihan banyak orang. 

Jika kamu berniat untuk melakukan hal ini, pastikan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Membangun rumah baru akan memungkinkan kamu mendapatkan hunian yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Membangun rumah baru akan lebih rumit dan kompleks, jika dibandingkan dengan membeli rumah yang sudah jadi dari developer atau seseorang. Pastikan kamu merencanakan pembangunan rumah ini dengan baik, termasuk pengadaan dananya di dalam keuangan dengan jumlah tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk mengelola biaya pembangunan rumah baru dengan sukses.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Tentukan Konsep yang Jelas

loader
Membangun rumah

Menentukan konsep rumah yang akan dibangun merupakan poin penting yang tidak bisa diabaikan. Konsep minimalis, rustic, vintage atau yang lainnya? Pastikan kamu memahami berbagai konsep ini dengan awal, sehingga kamu bisa menentukan dan memilih konsep yang paling tepat untuk rumah impian.

Kamu bisa mengumpulkan informasi dan mempelajari tentang berbagai konsep rumah ini dengan mudah secara online. Kunjungi situs-situs terkait perumahan untuk informasi yang akurat. 

Selain itu, kamu tentu perlu berdiskusi dengan orang-orang yang ahli di bidang tersebut, misalnya arsitek dan juga desainer yang bisa memberikanmu saran. Idealnya, kamu bisa menggunakan jasa para ahli tersebut dalam pembangunan rumah.

2. Pilih Tukang Bangunan yang Tepat

Jika sudah memiliki konsep yang tepat, maka segera cari pihak tukang bangunan yang akan membangun rumah tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi dari orang-orang yang ahli atau bergelut di dunia properti, tentunya yang bisa dipercaya. 

Selain itu, mulailah mencari mandor yang akan menangani pembangunan rumah tersebut hingga selesai nanti. Ada beberapa hal penting yang harus diskusikan sejak awal, seperti: biaya, jangka waktu pembangunan, pilihan bahan baku, dan yang lainnya.

Jika sudah menemukan kesepakatan, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengawasi pembangunan tersebut.

Baca Juga: Pasutri Baru, Ini Tips Nyicil Rumah KPR vs Memilih Tinggal di Kontrakan

3. Dahulukan Ruang Utama Dulu

Meski memiliki keinginan untuk membangun berbagai ruang atau detail tertentu pada rumahmu, sebaiknya tunda hal itu dulu. Kamu harus fokus pada beberapa ruangan utama terlebih dahulu, seperti: kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur.

Hal ini akan memungkinkan kamu mengelola biaya pembangunan dengan tepat sasaran, di mana berbagai hal-hal yang penting dalam pembangunan ini bisa terpenuhi dengan baik.

4. Lengkapi Semua Komponen Setiap Ruangan

Jangan lupa untuk memastikan semua komponen pada setiap ruangan dibuat dengan baik, misalnya ventilasi dan interior lainnya. Selain itu, utamakan juga kebutuhan penting seperti toilet dan kamar mandi, sehingga bisa digunakan dengan baik. 

Hal yang sama juga perlu dilakukan pada ruangan lainnya, misalnya membuat wastafel di rumah makan dan yang lainnya. Jika semua ini sudah terpenuhi, maka kamu bisa fokus pada proses memperindah rumah.

5. Tentukan Skala Prioritas Pembelian Perabotan

Utamakan untuk membeli berbagai perabotan yang penting terlebih dahulu, seperti: kasur, peralatan memasak, kursi, meja kerja, dan yang lainnya. Berbagai perabotan ini memang harus ada dan akan mempengaruhi kenyamanan kamu tinggal di rumah baru nanti. Jika semua ini sudah terpenuhi, kamu bisa membeli hal lainnya yang dapat menambah kenyaman dan keindahan rumah.

Baca Juga: Lebih Baik Beli Rumah atau Bangun Rumah? Temukan Jawabannya Disini!

6. Buat Anggaran yang Ketat dan Tepat

loader
Membangun rumah

Jangan lupa untuk menghitung pengeluaran dalam pembangunan rumah ini secara berkala dan catat. Kamu perlu menentukan skala prioritas dan membuat anggaran pemasukan dan pengeluarannya dalam sebuah tabel. 

Ini tentunya akan memudahkan kamu mengawasi setiap pengeluaran dengan ketat, sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya dalam pembangunan rumah.

7. Pertimbangkan Kualitas Material Bangunan yang Digunakan

Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kualitas material bangunan yang digunakan. Pilih material bangunan yang berkualitas baik dan masih sesuai dengan budget, sehingga hasil bangunannya kelak baik dan tidak mudah rusak. 

Rencanakan dan Bangun Rumah Baru Impian

Membangun rumah merupakan keputusan yang besar, sehingga kamu perlu mempersiapkannya dengan matang. Selain pemilihan konsep yang tepat, pengelolaan anggaran pembangunan rumah ini juga tak kalah pentingnya. Rencanakan dan bangun rumah impian dengan langkah tepat, agar bisa hidup nyaman dan tenang di dalamnya. Jika belum ada dana yang cukup untuk membangun rumah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman bank berupa KTA. Kamu bisa memilih KTA terbaik dan menguntungkan dengan mudah hanya di Cermati.com

Baca Juga: Pinjaman KTA untuk Renovasi Rumah, Bagaimana Caranya?