8 Tempat Jual Beli Emas Terbaik dan Terpercaya

Makin gencarnya PT Antam sosialisasi investasi emas dan membuka perwakilan Butik Emas Logam Mulia di beberapa kota membuat investasi emas makin populer dan paling diminati di Indonesia, bukan hanya bagi masyarakat biasa namun juga bagi para pebisnis. Alasan klasik bahwa meski harga emas fluktuatif akan tetapi jarang mengalami penurunan tertanam kuat dalam benak mereka. Investasi ini cocok bagi mereka yang ingin tetap menjaga nilai uangnya tanpa terpengaruh laju inflasi. 

Investasi emas bisa berbentuk perhiasan yang bisa dipakai sehari-hari namun juga bisa berbentuk emas batangan. Kelebihan investasi emas adalah ketika ingin menjualnya kembali cenderung cepat sehingga cocok juga dijadikan sebagai cadangan untuk dana darurat. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati saat akan berinvestasi emas karena di zaman sekarang semakin marak berbagai jenis modus penipuan terkait produk emas. Demi keamanan investasi, di bawah ini ada beberapa ulasan mengenai tempat jual beli emas yang terbaik dan terpercaya yang bisa dijadikan rujukan:

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

1. Pegadaian

loader
Logo Pegadaian via adpi.or.id

Pegadaian merupakan BUMN yang terpercaya dan memiliki jaringan cabang yang tersebar merata sampai kedaerah-daerah di seluruh Indonesia. Di pegadaian baik konvensional maupun syariah Anda bisa membeli emas dengan dua cara yaitu tunai dan kredit. Bahkan saat ini di pegadaian ada sistem tabungan emas, dimana pembelian dan penjualan emas dengan bentuk titipan dan harga yang ditawarkan pun hampir sama dengan harga emas dipasaran. Prosedurnya pun mudah hampir sama seperti Anda akan membuka tabungan di bank biasa. Untuk lebih jelasnya bisa disimak di bawah ini :

  1. Membuka rekening tabungan emas ( bisa dilakukan di seluruh kantor cabang pegadaian terdekat di kota Anda) dengan membawa salinan identitas diri seperti KTP atau SIM yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan secara lengkap dan membayar administrasi sebesar Rp10.000 ditambah biaya titipan Rp30.000 untuk 12 bulan masa titipan.
  3. Untuk proses pembelian emas dapat membelinya dengan kelipatan 0.01 gram atau jika diuangkan sebesar Rp5.430,- (harga per 10/03/2017)
  4. Jika ingin dalam bentuk emas batangan maka harus melakukan order terlebih dahulu dengan pilihan keping 5gr,10gr,25gr,50gr, dan 100gr dengan tambahan biaya cetak.
  5. Minimal saldo tidak boleh kurang dari 0.1 gram.

Selain prosedur pembukaan diatas ada 2 aturan lagi yang mesti Anda perhatikan jika ingin membuka tabungan emas di pegadaian yaitu :

  • Apabila sewaktu-waktu membutuhkan uang maka Anda dapat menjual tabungan emas ke pegadaian dengan minimal penjualan tidak boleh kurang dari 1 gram, untuk harga jualnya Rp5.180,-(harga per 10//03/2017)
  • Transaksi penjualan emas dan pencetakan emas hanya bisa dilakukan di pegadaian tempat dimana Anda mendaftarkan tabungan.

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Lagi Tren Saat Ini

2. Unit Bisnis Antam

loader
Unit Bisnis Antam via detik.com

Unit bisnis antam yang dimaksud berada di daerah Pulogadung Jakarta Timur, kelebihan bertransaksi emas di sini adalah bisa melakukan pembelian secara tatap muka langsung dan emas di tempat ini pun tergolong bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran. Sayangnya karena animo pembeli yang sangat banyak, Anda harus rela mengantri dan jumlah pembeli maksimal 150/hari dan ada prosedurnya tersendiri seperti :

  1. Melakukan registrasi dan pengambilan no antri di pos satpam
  2. Masuk ke pos dan menunggu no antrian
  3. Registrasi ulang di loket 1 serta pemeriksaan stick emas batangan yang akan dibeli plus jumlah uang yang akan dibayar. Di sini Anda akan mendapat nomor rekening virtual.
  4. Melakukan pembayaran di booth bank permata
  5. Kembali ke loket 1 dan memberikan bukti pelunasan dan menunggu validasi
  6. Masukan form order ke loket 6 atau 7 untuk mempersiapkan barang, dan menunggu diberi nomor antrian
  7. Masuk ke loket 8 saat nama Anda dipanggil, lakukan pengecekan detail terhadap emas yang akan dibeli seperti sertifikat, nomor identitas dan lain sebagainya.

3. Kantor Pusat Antam

loader
Kantor Pusat Antam via logammulia.com

Jika di unit bisnis terjadi antrian yang panjang maka di kantor pusat jalan Tb Simatupang No 01 Lingkar Selatan Tanjung Barat tidak begitu padat antriannya, karena  di sini proses bisa dilakukan tidak sampai 10 menit sudah bisa membawa pulang emas. Sistem pembeliannya pun hampir sama dengan di unit bisnis, hanya saja banyak pembeli yang masih memilih untuk mengantri di unit bisnis karena harga di sana lebih murah sekitar 1-2 % dari harga di Kantor Pusat.

Baca Juga: Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial dan Melihat Faktor Kenaikan Harganya

4. Butik Antam

loader
Butik Antam via upeks.fajar.co.id

Butik Antam merupakan cabang dari butik antam yang ada di Tb Simatupang. Cabang tersebut untuk saat ini ada di kota-kota besar seperti  daerah Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Medan, Balikpapan, Makasar, Banjarmasin,  dan Palembang. Akan tetapi harga di butik antam ini juga sedikit lebih mahal daripada harga di unit antam Pulogadung.

5. Butik Emas Mobile Antam

loader
Emas Antam via logammulia.com

Maksud mobile disini bukan berarti bisa melalui smartphone atau online, akan tetapi penjualan dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Untuk jadwal kehadirannya di pusat-pusat keramaian bisa cek tanggalnya di media sosial antam dan mengenai harga emas sama dengan harga di kantor pusat antam.

6. Bank Syariah

loader
Membeli Emas sesuai Prinsip Syariah

Bank Syariah juga tidak ketinggalan menawarkan layanan pembelian emas  yang sesuai prinsip syariah dengan akad jual beli atau murabahah. Selain itu juga ada cicilan emas jika ingin membeli emas dengan cara mengangsur. Syarat-syarat umumnya adalah:

  1. Membawa bukti identitas diri yang masih berlaku KTP/SIM/Paspor
  2. Berat minimal emas jika dijumlahkan 10 gram
  3. WNI yang cukup umur
  4. Pegawai dari usia 21 tahun sampai maksimal 55 tahun
  5. Pensiunan maksimal berusia 70 tahun
  6. Maksimal berusia 60 tahun untuk wiraswasta dan profesional
  7. Batas usia bukan saat mendaftar namun pada saat jatuh tempo

7. PT Pos Indonesia

 

loader
Logo Pos Indonesia via posindonesia.co.id

Layanan jual beli emas di PT Pos Indonesia merupakan hasil kerjasama dengan PT Antam, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pembelian emas karena saat ini ada 109 kantor pos yang dapat melayani pembelian emas yang tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara dengan ketentuan pembelian emas minimal 0.5 gram dan maksimal 50 gram.

Walaupun harga emas di kantor pos lebih tinggi akan tetapi lebih mudah dijangkau dan ditemukan dari pada harus ke butik antam yang hanya ada di kota-kota besar. Prosesnya pun mudah, hanya tinggal datang ke kantor pos membawa identitas diri yang masih berlaku dan selanjutnya akan dipandu oleh petugas. Sayangnya kerja sama ini hanya sebatas pada pembelian saja, PT Pos Indonesia belum bisa melakukan penjualan.

8. Toko Emas Online

loader
Halaman Harga Beli Emas Anta orori.com

Ada beberapa website toko emas yang bisa dikunjungi jika Anda tidak bisa datang langsung ke tempat pembelian, misalnya orori.com. sayangnya harga yang ditawarkan situs tersebut masih lebih tinggi dari pada harga pada butik antam.

Selalu Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Jika ingin memulai investasi emas, yang terpenting selain memastikan tempat yang aman untuk membeli emas adalah jangan sampai lupa untuk mengecek harga emas dalam beberapa hari sebelum membeli. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui perkiraan harga rendah dan harga tinggi emas.

Baca Juga: Kenapa Memilih Investasi Emas untuk Biaya Pendidikan Anak? Ini Alasannya