8 Tips Sulap Dapur Rumah yang Sempit Jadi Terlihat Luas

Mengingat letaknya ada di belakang, dapur menjadi bagian di dalam rumah yang acap kali diabaikan. Padahal dengan penataan yang tepat, dapur dapat menambah keindahan rumah secara menyeluruh. Juga akan membuat dapur kelihatan lebih luas meskipun ukurannya sempit, sehingga aktivitas masak-memasak menjadi lebih menyenangkan.

Namun, bagaimana caranya mengubah dapur yang sempit jadi terlihat lebih luas? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Catat Kondisi Dapur Saat ini

catatan
Catat kondisi dapur saat ini

Sebelum membenahi dapur, coba amati dan catat seperti apa kondisi dapur rumah yang sekarang. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang akan di perubahi. Apakah itu dapur secara keseluruhan atau hanya pada bagian tertentu saja. 

Pada tahap ini, Anda juga bisa membayangkan konsep dapur yang diinginkan untuk memudahkan proses berbenah. Kalau misalnya ada isi dapur yang ingin ditambah atau dikurangi, Anda bisa segera mencatatnya agar nanti tidak lupa.

2. Pilih Perabotan Berukuran Kecil

Mengingat ukuran dapur kecil, sebaiknya sematkan perabotan berukuran kecil pula untuk menghemat sebagian tempat. Misalnya, meja makan ukuran 45x45 cm, lemari penyimpanan, alat-alat memasak, dan kursi yang bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual perabotan berukuran mungil dengan bentuk yang unik dan lucu, jadi tidak akan mengurangi nilai estetik dari dapur. Pilih satu atau dua model saja untuk menciptakan kesan perabotan yang seragam dan enak dilihat.

3. Atur Tata Letak Perabotan

tata letak dapur
Atur tata letak perabotan

Setelah memilih perabotan, sekarang saatnya untuk mengatur tata letaknya di dapur. Untuk perabotan yang memakan banyak tempat, seperti kompor gas dan meja makan, sebaiknya ditempatkan secara berdekatan dengan memanfaatkan setiap sudut dapur.

Sedangkan untuk perabotan kecil, seperti pisau, garpu, dan alat-alat elektronik memasak bisa ditaruh di sudut meja makan dekat dengan tempat pencucian piring. Dengan penataan yang tepat, dapur pun akan terlihat lebih luas.

4. Pilih Penyimpanan yang Tertempel di Dinding

Anda tidak perlu membeli rak piring model berdiri untuk menata piring, gelas, dan alat-alat makan kesayangan. Manfaatkan ruang kosong seperti dinding sebagai tempat penyimpanan agar dapur terlihat lega. Masukkan semua peralatan di sana, termasuk panci, pan memasak, atau oven.

Pilih tempat penyimpanan yang berpintu-pintu agar bisa ditata secara berderet di dapur. Anda juga bisa menyimpan alat-alat makan dan memasak yang lebih banyak, sehingga semuanya tersusun rapi dan menyatu.

Baca Juga: Menyulap Rumah Menjadi Penginapan Sederhana

5. Memanfaatkan Sudut Tempat Pencucian Piring

Meski sering diabaikan, tapi sudut pencucian piring juga tak kalah bermanfaat dibandingkan space dapur yang lain. Anda bisa menambahkan rak model gantung untuk menyimpan minuman botol dan pisau, serta tanaman hias sehingga dapur tampak menarik daripada sebelumnya.

Intinya, pilih item yang paling pas untuk mengisi space kosong yang satu ini. Meskipun muatannya tidak seberapa, setidaknya ada bisa menampung satu atau dua barang untuk menghemat space lainnya di dapur.

6. Sisipkan Jendela Transparan di Dapur

jendela
Sisipkan jendela transparan di dapur

Jangan biarkan dapur minim pencahayaan karena akan menciptakan kesan sempit dan menyeramkan. Setidaknya sisipkan satu buah jendela transparan di dapur, sehingga pencahayaan dari luar bisa masuk secara maksimal ke dalam rumah. 

Anda bisa tambahkan tirai atau gorden kecil untuk mengurangi sinar yang masuk agar suhu udara di dapur pun tidak begitu panas. Dengan adanya jendela, setidaknya Anda tidak perlu menyalakan lampu saat memasak. Alhasil bisa menghemat penggunaan listrik dan tagihan listrik setiap bulan bisa berkurang. 

7. Alternatif Dapur Tanpa Pintu

Konsep dapur tanpa pintu sudah banyak digunakan di rumah-rumah minimalis. Kalau tertarik, Anda bisa terapkan ide ini juga di dapur rumah. Copot pintu dapur yang sudah terlanjur terpasang  untuk menjadikan dapur kecil tampak lebih lempang atau luas. 

Tentunya, pintu yang tercabut akan semakin memudahkan akses untuk keluar dan masuk dapur. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kebentur pintu atau kesenggol perabotan apapun apabila ingin memasak di malam hari, terutama saat pencahayaannya lagi minim.

Baca Juga: Daftar Bedah Rumah Swadaya, Bisa Dapat Bantuan Renovasi dan Bangun Hunian Rp 35 Juta

8. Jangan Menambah Hiasan Apapun di Dapur

Menambah beberapa hiasan di dapur akan membuat dapur terlihat menarik dan estetik. Tapi, penambahan ini memakan tempat yang menjadikan dapur kelihatan lebih sempit. Lebih baik jangan tambahkan hiasan apa-apa, meskipun hiasan tersebut hemat space.

Lebih baik manfaatkan space yang kosong untuk meletakan peralatan masak yang dapat ditempel atau digantung di dinding. Dengan demikian, dapur akan tampak lebih lega.

Perbanyak Referensi Sebelum Menata Dapur

Kalau mau dapur terlihat luas, Anda bisa terapkan tips-tips di atas. Atau Anda yang ingin hasil penataan dapur lebih maksimal, manfaatkan sosial media atau blog sebagai sumber ide atau referensi untuk dapur yang Anda impikan, enat itu minimalis, rustic dan lainnya.

Siapkan busget bagi Anda yang ingin merenovasi dapur secara total. Belilah perabotan dapur sesuai budget dengan gaya atau model yang pas baik di toko offline atau toko online di berbagai merchant seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya. Agar lebih untung, manfaatkan kartu kredit saat pembelian perabotan dapur, agar Anda bisa mendapatkan cashback, potongan harga dan poin yang bisa ditukarkan.

Baca Juga: Mau Biaya Renovasi Rumah Murah? Ikuti 7 Cara Ini!