9 Ide Bisnis Berbekal Kemampuan Melukis

KOMPAS.com - Lukisan merupakan sebuah karya seni indah yang memiliki nilai tinggi, sebagai sebuah seni lukisan tentu memiliki harga yang tak terbatas. Bahkan, beberapa lukisan populer karya seniman ternama berhasil terjual miliaran rupiah per buahnya.

Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan banyak diminati oleh para seniman atau pelukis kreatif dengan berbekal kemampuan melukis. Seperti dilansir dari Cermati.com, ini dia beberapa inspirasi ide bisnis yang bisa dimulai dengan bermodalkan kemampuan melukis.

1. Membuat Lukisan Digital

Ide bisnis pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat lukisan digital atau digital art. Saat ini dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada, digital art bisa menjadi salah satu karya yang bisa dijual dengan nilai tinggi.

Ide bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan desain grafis yang baik dan lihai dalam menggunakan berbagai software desain gambar seperti Adobe dan Photoshop. Selain dijual dalam bentuk lukisan digital yang indah, Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk NFT (Non Fungible Token), dan berbagai model digital art lainnya.

Dengan cara satu ini, kuas dan cat tidak diperlukan sebagai media lukisan. Sebagai gantinya, siapkan seperangkat komputer dan tab yang mendukung proses kreatif dalam penciptaan digital art.

Selain lukisan biasa, Anda juga bisa menjadi seorang ilustrator, kartunis atau komikus.

2. Menjual Lukisan ke Galeri Seni

Cara kedua yakni menjadi seniman lukis yang menghasilkan karya-karya lukisan yang indah dan punya nilai yang unik. Kemudian karya lukis tersebut bisa dijual ke galeri-galeri seni, para kurator seni akan menilai lukisan Anda dan memberikan harga yang sesuai. Sebagai tips tambahan, pilihlah galeri seni yang punya imej bagus dan menghargai setiap karya dari senimannya.

3. Membuat Pameran Sendiri

Untuk ide bisnis satu ini biasanya kerap dilakukan oleh para seniman lukis ternama dan dikenal luas oleh para pecinta seni. Jarang ada seniman pemula yang menyelenggarakan pameran mereka sendiri.

Selain butuh modal besar untuk menggelar pameran seni, Anda juga harus sudah punya banyak koleksi karya seni yang memukau. Nama besar dari seniman juga memegang peranan penting dalam mensukseskan pameran tersebut.

4. Menjadi Guru Lukis

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka kursus atau pelatihan melukis dan menjadi seorang guru atau instruktur lukis. Untuk modelnya bisa dengan membuka tempat les sendiri atau memulainya dengan memberikan layanan les lukis tambahan di sekolah atau rumah peserta didik.

Untuk mencoba peluang satu ini Anda tentunya harus pandai melukis dan bisa mengajar dengan baik. Anda juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dalam karya seni lukis.

5. Menawarkan Jasa Sketsa Wajah

Bisnis lukis sketsa wajah bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dijalankan, terutama jika Anda memiliki bakat dalam melukis. Sketsa wajah adalah gambar atau lukisan yang dibuat berdasarkan wajah seseorang, biasanya dibuat menggunakan pensil atau media gambar lainnya.

Sketsa wajah sering kali menjadi karya seni yang sangat realistis dan dapat menggambarkan karakteristik seseorang sehingga sangat diminati.

6. Menjadi Komikus

Komikus adalah seseorang yang menciptakan dan menggambar komik atau buku bergambar lainnya. Komikus biasanya memiliki keterampilan menggambar dan menulis untuk menciptakan narasi gambar yang menarik untuk dibaca oleh orang lain.

Biasanya, komikus memiliki gaya unik dan kreativitas dalam menghasilkan cerita dan gambar yang menarik. Kalau Anda pintar menggambar komik dan bisa bikin cerita menarik, jadi komikus mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Coba juga jadi webtoonist, yakni creator komik digital atau webtoon karena target pembacanya sangat banyak.

Baca juga: Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penghasil Cuan

7. Jasa Lukis Tas

Jasa lukis tas adalah layanan jasa melukis atau menghias tas dengan menggunakan cat atau bahan-bahan lainnya. Jasa ini ditawarkan oleh pelukis yang memiliki keahlian khusus dalam menggambar untuk membuat ilustrasi pada tas sesuai yang diinginkan oleh pelanggan.

8. Jasa Lukis Sepatu

Konsepnya hampir sama dengan jasa lukis tas, hanya saja media yang digunakan adalah sepatu. Jasa ini lebih rumit mengingat sepatu yang luas permukaannya terbatas.

9. Mural

Mural adalah sebuah lukisan atau gambar yang dibuat di dinding atau permukaan besar lainnya, seperti tembok, lantai, atau plafon. Mural umumnya dibuat dengan menggunakan cat, spidol, atau bahan lainnya yang dapat menempel di permukaan tersebut.

Mural biasanya dibuat untuk tujuan dekoratif atau untuk menyampaikan pesan tertentu. Mural dapat menjadi bentuk seni yang sangat menarik dan dapat memberikan kesan yang kuat dalam sebuah ruangan atau bangunan sebab itu peminatnya banyak.

Untuk memanfaatkan seluruh peluang bisnis dengan kemampuan melukis tersebut, pastikan Anda sudah memahami cara-caranya ya supaya potensi keberhasilannya semakin besar.