Aksesoris dan Fitur Mobil Wajib untuk Pengendara Wanita

Mobil merupakan sarana transportasi yang aman dan nyaman, meskipun begitu ada beberapa fitur dan aksesoris khusus yang harus kamu miliki.

Fitur dan aksesoris ini tentunya akan sangat membantu di kondisi-kondisi khusus. Pengendara pun bisa lebih percaya diri serta tenang selama berkendara. 

Nah, berikut adalah beberapa fitur dan aksesoris mobil yang wajib dimiliki, terutama bagi para wanita.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Wanita

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Fitur Utama Penunjang Keamanan Kendaraan

loader

Fitur Utama Penunjang Keamanan Kendaraan

Ini adalah fitur yang wajib dimiliki oleh setiap mobil supaya kegiatan mengemudi jadi lebih aman dan nyaman. Fitur-fitur ini juga bisa meminimalisir potensi kecelakaan dan fatality jika terjadi kecelakaan.

Umumnya, fitur ini adalah fitur bawaan mobil, tapi tak semua jenis mobil memilikinya. Hanya ada beberapa varian mobil yang serinya lebih tinggi atau harganya lebih mahal yang memiliki fitur-fitur ini, berikut di antaranya:

  1. Rem ABS

    Ladies, memilih mobil yang dilengkapi dengan sistem pengereman ABS jadi sebuah keharusan, lho. Teknologi pengereman ABS adalah sistem pengereman yang sudah teruji serta terbukti efektif.

    Ya, fitur ini akan mencegah roda mobil terkunci saat pengendara melakukan rem mendadak karena situasi darurat. Alhasil potensi kendaraan oleng dan tergelincir akan lebih bisa diminimalisir.

    Dengan sistem pengereman ini, kendaraan akan tetap stabil dan terkendali, sekalipun melakukan rem secara mendadak. Mobil pun akan lebih aman, terutama ketika melaju di jalanan yang licin, ramai, atau medannya berbahaya.

  2. Blind Spot Detection

    Fitur kedua yang wajib dipertimbangkan adalah adanya Blind Spot Detection. Fitur ini tentunya akan semakin meminimalisir risiko kecelakaan atau tabrakan akibat adanya titik buta atau blind spot pada mobil.

    Seperti yang semua orang ketahui, ada beberapa titik buta pada kendaraan roda empat. Titik buta tersebut membuat visibilitas pengendara jadi makin terbatas. Akibatnya pengendara sering kali tidak melihat ada orang atau kendaraan lain di titik buta tersebut sehingga tabrakan jadi makin tak terhindarkan.

    Fitur ini biasanya akan memanfaatkan kamera atau sensor khusus. Kamera atau sensor khusus tersebut akan memberikan peringatan, baik secara audio atau visual pada pengendara jika ada objek lain di sekitarnya.

    Dengan begitu, kamu bisa mengendarai mobil dengan lebih aman, terutama saat ingin berpindah jalur.

  3. Kamera Belakang atau Rear View Camera

    Ketika ingin memundurkan atau memarkirkan kendaraan, biasanya pengendara banyak memanfaatkan arahan dari juru parkir ataupun menggunakan bantuan spion. 

    Namun, kadang dengan spion saja tidak cukup untuk memastikan bagian bumper belakang mobil aman dari benturan objek yang tak terlihat.

    Oleh sebab itulah, beberapa mobil terbaru juga dilengkapi dengan kamera belakang yang bisa memperlihatkan kondisi belakang kendaraan. Kamera ini tentunya akan sangat berguna jika akan memarkirkan kendaraan di lokasi yang terlalu sempit atau ramai.

  4. Lane Departure Warning

    Fitur keamanan ini berfungsi untuk mencegah mobil pengendara keluar dari jalur. Hal ini tentu saja sangat berguna terutama jika pengemudi kurang fokus atau mengantuk dan kendaraan tak sengaja keluar jalur.

    Ketika hal tersebut terjadi, otomatis akan ada peringatan suara dan visual yang segera menyadarkan pengendara untuk kembali ke jalur yang benar. Fitur satu ini tentu saja akan sangat berguna untuk menghindari kecelakaan di jalan.

    Lane Departure Warning juga biasanya akan menggunakan kamera atau sensor khusus yang mengenali adanya garis batas jalan.

  5. Airbag

    Fitur keamanan satu ini hampir ada di setiap jenis mobil, bentuknya berupa kantong udara besar yang ada di bagian depan yang secara otomatis mengembang jika ada benturan.

    Airbag akan jadi pelindung untuk bagian kaki, dada, dan kepala akibat benturan dari kabin. Bahkan, airbag ini bisa jadi penyelamat nyawa pengendara dan penumpang di kondisi darurat, lho. Jadi, pastikan mobilmu sudah punya fitur airbag ini, ya.

Aksesoris Kendaraan Tambahan

loader

Aksesoris Kendaraan Tambahan

Selain beberapa fitur utama di atas, masih ada banyak sekali aksesoris kendaraan yang harus para wanita miliki lho, di antaranya adalah:

  1. Kamera Mobil dan Lampu Penerangan

    Mobil yang dilengkapi dengan kamera dan penerangan yang baik tentu akan membuatmu jadi lebih percaya diri. Terlebih jika sedang berkendara sendirian saat malam hari, akan lebih baik juga jika mobil tersebut dilengkapi night vision.

    Makin baik penerangannya, maka penglihatanmu akan makin jelas dan potensi kecelakaan bisa makin diminimalisir. Namun, pastikan penerangannya sudah sesuai ya. Jangan gunakan lampu yang terlalu silau karena akan mengganggu kenyamanan pengendara lain.

  2. Kunci Stir Mobil

    Ketika tengah meninggalkan mobil di parkiran yang sepi, jangan lupa kunci stir mobil agar lebih aman dari tindakan kriminal. Kunci ini digunakan untuk membuka roda kemudi dan saat ini ada banyak sekali kunci elektronik yang bisa kamu pilih.

  3. Dongkrak Mobil

    Ketika mobil mogok karena ban bocor atau rusak, guna mengangkat mobil tersebut kamu memerlukan dongkrak untuk berjaga-jaga. Meskipun mengganti ban mobil dengan dongkrak adalah hal yang cukup sulit dilakukan wanita, tak ada salahnya untuk tetap membawanya, lho.

  4. Head Unit & GPS

    Head unit ini dilengkapi dengan sistem navigasi modern berupa GPS yang bisa berguna sebagai penunjuk arah. GPS tersebut juga akan memilih jalur terbaik yang paling cepat dan efisien. Dengan bantuan fitur ini kamu pun bisa sampai tujuan dengan lebih mudah tanpa takut tersesat.

  5. Kotak Perkakas

    Berisi perlengkapan dasar untuk reparasi mobil yang komplit, jangan lupakan juga untuk mempelajari cara penggunaannya ya.

Baca Juga: Modifikasi Motor: Tujuan, Biaya, dan Cara Mengatur Budgetnya

Lengkapi Mobil dengan Aksesoris dan Fitur-fitur Pendukung Terbaik

Itulah beberapa fitur dan aksesoris yang harus dimiliki setiap mobil terutama pengendara wanita. Mulai dari fitur utama seperti Rem ABS, Blind Spot Detection, Rear View Camera, Lane Departure Warning, dan Airbag. Sampai dengan fitur atau aksesoris tambahan seperti kamera dan lampu, kunci stir, dongkrak, head unit, hingga kotak perkakas.

Melengkapi kendaraan pribadi dengan fitur dan aksesoris terbaik, bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Menyingkap Serba-Serbi Mobil Hidrogen—Kelebihan, Kekurangan, hingga Harganya