Aneka Menu Takjil Lezat yang Patut untuk Dicoba

Setelah menahan dahaga dan lapar seharian, menu berbuka puasa atau takjil kerap menjadi buruan. Pilihannya pun bisa beraneka macam. Mulai dari, minuman segar hingga sajian kudapan lezat. 

Tidak hanya itu, proses pembuatan yang mudah juga menjadikan takjil sebagai peluang usaha baru di bulan suci Ramadan. Lalu, apa saja menu untuk takjil yang bisa kamu buat dan jual? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Bikin Sendiri Lebih Sehat, Ini 5 Resep Takjil Buka Puasa yang Manis dan Gurih

Aneka Menu Takjil Buka Puasa

  • Es Kuwut

    loader

    Es Kuwut

    Untuk minuman segar dengan sensasi asam dan manis, kamu bisa coba hidangan khas Bali yang satu ini. Siapkan bahan untuk sirupnya, yakni 200 ml air, 3 lembar daun pandan yang diikat, serta 250 gram gula pasir.

    Bahan selanjutnya ialah 1200 ml air dari 3 buah kelapa muda yang sudah dikeruk. Keruk lebar juga 200 gram melon, satu sendok makan selasih yang direndam air, serta 4 buah jeruk nipis yang diambil airnya. Tak lupa, siapkan es batu sebanyak 500 gram.

    Cara membuat sirup: 

    1. Rebus air bersama daun pandan dan gula dengan api kecil sampai mendidih.
    2. Kemudian sisihkan hingga dingin.

    Cara membuat es kuwut: 

    1. Masukkan biji selasih yang sudah mengambang beserta kerukan melon dan kelapa muda. 
    2. Siram dengan sirup.
    3. Lalu peraskan air jeruk. Es kuwut nan menggiurkan pun siap untuk disajikan.
  • Bolu Kukus

    loader

    Bolu Kukus

    Bolu kukus merupakan panganan manis yang lembut dan enak untuk disantap saat berbuka. Meskipun tergolong menu tradisional, bolu kukus tetap eksis digemari oleh segala lapisan usia dari berbagai kalangan masyarakat. 

    Adapun bahan yang perlu kamu siapkan ialah 150 gram gula pasir, 150 gram tepung Segitiga Biru, 2 butir telur, satu sendok teh pengemulsi (SP/ TBM/ Ovalet), 80 ml minyak sayur, sebungkus santan instan 65 ml, 40 gram margarin yang dilelehkan, serta pasta pandan secukupnya. Untuk langkah pembuatannya: 

    1. Panaskan dandang kukusan dengan api sedang/ kecil. Pastikan tutup kukusan dengan alas kain. Gunanya agar tak ada air yang menetes ke permukaan adonan.
    2. Kocok telur dengan gula hingga berbuih dengan menggunakan mixer
    3. Lalu masukkan pengemulsi. 
    4. Kocok bertahap dari kecepatan rendah ke tinggi hingga tekstur adonan menjadi lebih kental.
    5. Masukkan tepung terigu yang telah diayak sebelumnya.
    6. Kocok kembali dengan mixer berkecepatan rendah hingga adonan tercampur rata. 
    7. Tuangkan santan instan kemudian aduk rata dengan menggunakan spatula.
    8. Masukkan juga margarine dan minyak. Aduk rata kembali dan pastikan agar tak ada adonan yang menggumpal/ mengendap.
    9. Berikan pasta pandan secukupnya dan aduk sampai tercampur rata. 
    10. Terakhir, oleskan margarin/ minyak pada cetakan. Lalu, tuangkan adonan ke dalamnya dan kukus selama 15 menit. 

    Agar bolu mekar dan mengembang dengan sempurna, ingatlah untuk memanaskan kukusan dandangnya terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa bolu sudah matang dengan tes tusuk. Setelah matang, angkat, dan tiriskan. Bolu kukus pun siap dihidangkan sebagai menu takjil.

  • Bubur Sumsum

    loader

    Bubur Sumsum

    Selain bolu kukus, bubur sumsum juga termasuk menu tradisional yang masih digandrungi hingga kini. Rasanya yang sedap, gurih sekaligus manis disertai teksturnya yang lembut kerap membuat lidah bergoyang.

    Untuk bahan bubur, siapkan 200 gram tepung beras, 2 liter santan, setengah sendok teh garam, 2 lembar daun pandan, sesendok teh esens vanili atau sesuai selera. Adapun untuk saus kincanya, sisir halus 500 gram gula Jawa/ gula aren, 500 ml air, selembar daun pandan, dan 3 sendok makan gula pasir. 

    Cara membuat bubur sumsum:

    1. Campurkan tepung beras dengan 500 ml santan kemudian aduk sampai bahan larut.
    2. Langkah berikutnya, panaskan sisa air santan ke dalam panci. Berikan garam, vanili, daun pandan lalu masak hingga cukup panas.
    3. Sebelum mendidih, tuangkan adonan bubur dan aduk hingga kental. Dengan api kecil, aduk adonan bubur hingga tekstur tampak licin kemudian angkat.
    4. Buat saus kinca dengan merebus seluruh bahan dan bercampur jadi satu. Biarkan gulanya larut hingga mendidih. Kemudian angkat, saring ampasnya, dinginkan. 

    Bubur sumsum lebih lezat jika dihidangkan dengan kinca (saus gula merah) atau alternatif lainnya seperti saus durian. 

  • Perkedel Jagung

    loader

    Perkedel Jagung

    Tak hanya perkedel kentang yang menjadi kesukaan di waktu berbuka puasa. Perkedel jagung juga digemari sebagai camilan serta bagian dari lauk pauk nan lezat.

    Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Selain sebutir telur, sediakan dua buah jagung muda. Siapkan juga 2 sendok makan tepung terigu, 1 sendok makan tepung beras, sebatang daun bawang dan seledri yang dipotong halus, serta minyak goreng secukupnya.

    Kemudian, sediakan bumbu halus yang terdiri dari garam, kaldu ayam, gula, 2 siung bawang merah serta 2 siung bawang putih. Selanjutnya,

    1. Sisir jagung muda hingga halus atau diulek kasar sesuai selera. 
    2. Lantas tambahkan tepung beras, tepung terigu, daun bawang, seledri, telur, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata semuanya. 
    3. Jangan lupa koreksi rasanya lalu tambahkan air sedikit agar tekstur adonan perkedelnya menjadi lebih empuk.
    4. Panaskan minyak goreng dan mulailah menggoreng perkedel jagung hingga matang dengan warna kuning keemasan. 

    Tips, jangan gunakan terigu terlalu banyak ke dalam adonan. Dengan begitu, perkedel jagung tak akan buyar sewaktu digoreng.

  • Es Campur

    loader

    Es Campur

    Ide menu takjil buka puasa berikutnya ialah es campur untuk pelepas dahaga. Bisa dijual online via rumah, es campur terdiri dari pacar merah, cincau hitam, cendol, dan juga kolang-kaling. Kamu pun bisa menambahkan serutan kelapa muda serta alpukat untuk menambah sedap rasanya.

    Sementara untuk kuah manisnya, campurkan susu kental manis dengan sirup merah/ minuman serbuk buah ke dalamnya. Praktis dan segar bukan?

  • Nagasari

    loader

    Nagasari

    Camilan tradisional nan manis ini juga bisa menjadi alternatif menu untuk takjil. Meski terhitung sebagai jajanan pasar, namun nagasari kaya rasa dengan tekstur lembutnya nan lezat. Paduan pisang dan daun pandan yang ada di dalamnya pun menambah legit citarasa serta keharuman aromanya. 

    Siapkan bahan-bahan untuk pembuatan nagasari. Untuk adonannya yakni 250 gram tepung beras, 100 gram gula pasir, 1 liter santan kelapa, 2 lembar daun pandan, dan setengah sendok teh garam. 

    Sediakan juga sebuah pisang tanduk atau 5 buah pisang kepok. Sertakan daun pisang yang dipotong ukuran 20x20 cm sebagai bahan pembungkus. Langkah pembuatan dimulai dari,

    1. Kukus pisang sampai matang, lalu angkat dan tiriskan. Potong menyerong ukuran 1 cm dan sisihkan. 
    2. Selanjutnya, ambil sebagian santan dan campurkan dengan tepung beras sampai larut merata.
    3. Tahap berikutnya, panaskan santan sisa yang telah dicampur dengan gula pasir, garam, dan daun pandan sampai panas. Lalu tuangkan larutan tepung beras ke dalamnya. Aduk sampai adonan mengental serta mendidih, matikan api kompor.
    4. Oleskan minyak tipis-tipis di tengah selembar daun pisang. 
    5. Letakkan sesendok makan adonan nagasari di tengah secara merata. Taruh potongan pisang kukus di bagian tengah dan timpa dengan sedikit adonan tepung di atasnya.
    6. Kemudian gulung dan lipat kedua ujungnya dengan rapi. 
    7. Panaskan dandang kukusan. Susun semua nagasari ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan. Kukus semuanya selama setengah jam. 
    8. Angkat nagasari kemudian tiriskan/ masukkan ke dalam lemari pendingin. 

Baca Juga: Kumpulan Resep Camilan Buka Puasa Sederhana yang Mudah Dibuat

Menu Takjil Kaya Rasa

Selain menu takjil buka puasa di atas, beberapa alternatif lain yang patut dicoba ialah risoles berbagai varian. Seperti risoles isi mayonaise, ayam, hingga sayur.

Bosan dengan yang asin? Coba jajal takjil manis seperti dan segar bubur kacang hijau, es blewah dengan nata de coco, es gabus, es kopyor, olahan kurma, hingga es pisang hijau. Tentunya, kamu pun bisa mencoba takjil kolak sebagai menu paling klasik dan teristimewa saat Ramadan tiba. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tambah Penghasilan Kala Pandemi, Ini Dia Tips Memulai Usaha Takjil Dadakan di Bulan Ramadhan