15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!

Anime merupakan salah satu genre film yang populer selama puluhan tahun. Penggemarnya tidak hanya anak-anak, tapi juga remaja hingga orang dewasa sekalipun. Film ini berhasil mencuri perhatian masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri lantaran tampilan visual dan ceritanya yang menarik. 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat produksi film anime semakin bagus dari waktu ke waktu. Tak sedikit rumah produksi film anime jor-joran mengeluarkan dana demi memproduksi film yang bagus agar penonton dimanjakan dengan pemutaran filmnya. Biaya produksinya ada yang mencapai miliaran rupiah hanya untuk satu episode, lho!

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

15 Anime Produksi Termahal di Dunia

Dari semua film anime yang berhasil ditayangkan, kira-kira film anime mana saja yang menghabiskan biaya produksi termahal? Tahun berapa film tersebut diproduksi? Ulasannya akan dibahas pada artikel berikut ini, ya!

1. One Punch Man

loader

Awalnya mungkin biasa saja, tapi anime yang satu ini menyajikan adegan pertarungan yang cukup apik. Misalnya saat Boros bertarung dengan Saitama. Salah satu film anime dengan produksi termahal ini kabarnya akan memiliki tayangan lanjutan dengan biaya produksi yang lebih mahal, karena unsur manga-nya akan lebih banyak diangkat dalam film ini.

  • Biaya produksi: Rp1,1 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2009 sampai saat ini

2. Demon Slayer

loader

Begitu ditayangkan, anime ini berhasil menjadi perbincangan di kalangan pengagum anime. Gaya visual animasinya menarik dan cantik berhasil meningkatkan sensasi saat menontonnya. Anime yang diproduksi oleh Ufotable ini digadang sebagai salah satu produksi yang memiliki gaya artistik yang berkualitas tinggi.

  • Biaya produksi: Rp1,1 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2019

3. One Piece

loader

Siapa lagi yang tidak mengenal anime yang satu ini? Salah satu anime dengan jumlah episode terbanyak ini memiliki banyak penggemar, karena kualitas seni visualnya yang apik. Jalan ceritanya juga menarik, maka tak heran apabila anime besutan Toei Animation ini mendulang sukses dari dulu hingga sekarang.

  • Biaya produksi: Rp1,3 miliar per episode
  • Tahun produksi: 1997

4. Naruto Shippuden

loader

Merupakan salah satu sequel anime yang ikonik dan disukai sepanjang masa. Anime ini dikemas sesuai dengan alur cerita manga, sehingga ekspektasi para penonton pun sangat tinggi terhadap jalan ceritanya. Dan terbukti, anime besutan Studio Pierrot ini berhasil memberikan adegan pertarungan luar biasa yang membuat para penonton terkesima.

  • Biaya produksi: Rp1,4 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2007

5. My Hero Academia

loader

Ceritanya mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Izuku Midoriya yang tidak memiliki kekuatan super (disebut quirk), tapi bercita-cita ingin menjadi seorang pahlawan. Sepanjang film berlangsung, beragam Quirk banyak disajikan, misalnya quirk api dari Todoroki yang dipastikan menghabiskan biaya produksi yang mahal agar tampilannya menjadi ciamik. Tak heran kalau salah satu film besutan Studio Bones ini membutuhkan biaya besar selama masa produksi.

  • Biaya produksi: Rp1,6 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2014 

Baca Juga:  Mengenal Wattpad dan Tips Menggunakannya dengan Maksimal

6. Black Clover

loader

Anime ini bercerita tentang dua anak yatim bernama Asta dan Yuno yang memiliki impian tinggi. Meskipun awalnya kesal karena Asta yang berisik, tapi pertumbuhan karakternya berhasil membuat penonton betah untuk menontonnya berkat perjuangan dan dedikasi demi menjadi yang terbaik. Ditambah lagi karena Studio DLE berhasil menampilkan visual super ciamik di setiap episodenya.

  • Biaya produksi: Rp2 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2017

7. Jujutsu Kaisen

loader

Jujutsu Kaisen merupakan salah satu anime terbaru yang masuk dalam list anime dengan biaya produksi termahal di dunia. Tak hanya pria, anime ini juga disukai oleh para wanita karena memiliki alur cerita dan visual yang memukau. Tak heran kalau anime besutan Studio MAPPA ini berhasil memikat hati para penonton dari episode awal sampai episode terakhir.

  • Biaya produksi: Rp 2,2 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2020

8. Attack on Titan

loader

Attack on Titan bercerita tentang kehidupan di wilayah yang dikelilingi oleh tiga tembok besar berlapis, bernama Sheena, Rose, dan Maria. Tembok ini dibangun untuk mencegah para Titan masuk, sehingga kota dan warga tetap aman di dalamnya. Alur cerita dan visual yang mengesankan berhasil membuat anime besutan Studio MAPPA ini mencapai puncak popularitas. 

  • Biaya produksi: Rp 2,3 miliar per episode
  • Tahun produksi: 2015

9. When Marnie Was There

loader

Merupakan film animasi yang bercerita tentang persahabatan antara Anna dan Marnie yang cukup bermakna. Alur ceritanya cukup rumit karena permasalahan yang terjadi di dalam setiap karakter di dalam filmnya. Meskipun ceritanya kurang sempurna, alur film besutan Studio Ghibli ini membuat para penonton cukup emosional karena jalan cerita persahabatannya. 

  • Biaya produksi: Rp 176 miliar
  • Tahun produksi: 2014
  • Durasi : 1 jam 43 menit

10. The Secret World of Arrietty

loader

Anime yang diadaptasi dari novel The Borrowers ini bercerita tentang gadis peri yang tinggal di lantai bawah rumah pemuda yang bernama Sho. Alur cerita yang cukup klasik antara dunia manusia dan peri dibungkus begitu indah. Tak heran kalau anime yang diproduksi oleh Studio Ghibli ini menuai sukses di zamannya.

  • Biaya produksi: Rp358 miliar
  • Tahun produksi: 2010

Baca Juga:  Ingin WFA? Ini 12 Pilihan Coffee Shop Terdekat di Jakarta

11. From Up on Poppy Hill

loader

Anime garapan Goro Miyazaki ini bercerita tentang 2 anak bernama Umi dan Shun di era perang dunia. Keduanya tidak sengaja bertemu di sekolah. Masing-masing merupakan korban perang dunia dengan sifat pantang menyerah, sehingga film anime produksi Studio Ghibli ini berhasil meninggalkan kesan yang cukup manis di akhir cerita.

  • Biaya produksi: Rp436 miliar
  • Tahun produksi: 2010
  • Durasi: 1 jam 32 menit 

12. Space Pirate Captain Harlock

loader

Anime yang satu ini merupakan film remake klasik dengan judul yang sama hasil karya Studio Toei Animation. Animasi ini dikemas dengan setting peperangan yang sangat mendebarkan, dimana seorang bajak laut bernama Harlock harus berjuang melawan seorang pemerintah di bumi demi kebaikan seluruh umat manusia. Jalan ceritanya yang apik berhasil membuat film ini sukses, lho!

Biaya produksi: Rp 467 miliar

Tahun produksi: 2013

13. The Wind Rises

loader

Anime berjudul The Wind Rises ini bercerita tentang seorang pemuda yang berhasil mendesain pesawat untuk Jepang untuk perang dunia kedua. Lewat anime ini, penonton diajarkan tentang dampak buruk perang bagi manusia meskipun tidak terlibat secara langsung. Film yang dibesut oleh Studio Ghibli ini terinspirasi dari kisah Jiro Horikoshi, seseorang yang berhasil mendesain pesawat Mitsubishi A5M bagi Jepang.

  • Biaya produksi: Rp483 miliar
  • Tahun produksi: 2013
  • Durasi: 2 jam 6 menit

14. Stand by Me Doraemon

loader

Cerita yang diawali dengan kedatangan Sewashi, cucu dari cucunya Nobita bersama Doraemon pada abad ke-22. Sewashi mengatakan bahwa masa depan Nobita yang penuh dengan ketidakberuntungan, karena kecerobohan dan nilainya yang selalu jelek. Film yang diproduksi oleh Shirogumi Robot Communications Shin-Ei Animation ini memiliki part 1 dan 2 yang wajib ditonton oleh penggemar Doraemon.

  • Biaya produksi: Rp 499 Miliar
  • Tahun produksi: 2014 dan 2020
  • Durasi: 1 jam 34 menit dan 1 jam 36 menit

15. The Tale of the Princess Kaguya

loader

Dibesut oleh Studio Ghibli, film ini mengangkat cerita dongeng Negeri Sakura. Dialah Putri Kaguya, seorang gadis yang berasal dari bulan. Dia ditemukan dan dibesarkan oleh seorang pemotong bambu, tapi akhirnya terpaksa kembali ke tempat asalnya saat sudah besar.

  • Biaya produksi: Rp768 miliar
  • Tahun produksi: 2013
  • Durasi: 2 jam 17 menit 

Biaya Produksi Besar Sesuai dengan Kualitas

Besarnya biaya produksi sangat menentukan kualitas visual dari setiap anime yang ditayangkan, maka tak heran apabila studio yang memproduksi anime tersebut berhasil mendulang sukses setelah merilis film buatannya. Dengan tampilan visual tersebut, penonton berhasil dimanjakan dengan alur cerita yang dikemas dengan begitu ciamik pula.

So, dari daftar 15 anime produksi termahal di atas, kira-kira mana saja yang sudah kamu tonton dan paling sukai? 

Baca Juga: 10 Pilihan Game Google Gratis dan Berbayar yang Paling Populer