Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Melamar Kerja di Perusahaan Bonafit?

Bekerja di perusahaan besar, bonafit serta ternama memang menjadi impian para pencari kerja. Baik para fresh graduate maupun yang telah berpengalaman saling berbondong- bondong untuk bergabung dengan perusahaan ternama. 

Banyak sekali alasan yang mendasarinya, mulai dari besaran gaji hingga demi perkembangan karir di masa depan. Hal ini bukan hanya isapan jempol belaka, banyak sekali orang sukses di Indonesia yang memulai karirnya sebagai karyawan di perusahaan ternama.

Bekerja di perusahaan ternama dapat mempelajari banyak hal, kemudian dapat dijadikan sebagai modal dan skill sebelum mengepakkan bisnis secara mandiri. 

Perusahaan-perusahaan besar dalam proses rekrutmen, selalu memilih calon tenaga kerja yang memang memiliki skill unggul. Oleh karena itu, tak mengherankan jika persaingannya pun semakin ketat. 

Berikut adalah beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat melamar kerja di perusahaan ternama:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Curriculum Vitae dan Portofolio yang Sangat Menarik

CV

Saat melamar pekerjaan, curriculum vitae atau CV adalah hal yang memiliki peran sangat penting. CV adalah faktor yang menjadi pertimbangan apakah kamu layak bergabung dengan perusahaan tersebut, ataukah tidak. Oleh karena itu, sangat diperlukan CV yang menarik. 

Tulis semua pengalaman serta skill yang kamu miliki. Bisa berupa pengalaman kerja, organisasi, hingga prestasi yang kamu raih sebelumnya.  Dengan begitu, pihak perusahaan akan mengetahui bahwa kamu adalah orang yang sangat bertalenta. 

Selain itu, pastikan bahwa kamu telah menyusunnya serapi dan semenarik mungkin.

Baca Juga:  Tidak Suka Berurusan dengan Toxic People? Begini Cara Mengatasinya

2. Kuasai Bidang Keahlianmu dengan Baik dan Miliki Skill Lainnya

perbanyak skill

Memiliki keahlian adalah salah satu kunci dasar dalam setiap pekerjaan. Dengan memiliki keahlian, setidaknya kamu telah memiliki sebuah free pass dalam dunia kerja. Demikian pula saat kamu bekerja di perusahaan ternama. 

Jangan merasa ragu untuk menunjukkan keahlianmu, dan yakinkan pihak perusahaan jika kamu memang layak untuk menjadi bagian dari mereka. 

Perusahaan hanya akan menerima calon pekerja yang memang memiliki skill, bukan calon pekerja yang hanya untuk belajar ataupun hanya mencari pengalaman. 

Selain itu, sebisa mungkin kamu harus menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Dengan memiliki kemampuan ini, tentunya akan sangat dibutuhkan sewaktu-waktu. Karena tak jarang jika perusahaan ternama membangun kerja sama dengan pihak-pihak yang ada di luar negeri.

3. Daftarkan Diri di Talent Marketplace

talent marketplace

Mendaftarkan diri di salah satu talent marketplace memang terdengar menarik. Tak jarang, perusahaan juga akan melakukan rekrutmen khusus untuk pengguna talent marketplace. 

Apalagi saat ini, banyak sekali talent marketplace, mulai yang bersifat freelance maupun yang non-freelance. Ketika kamu telah mendaftar, tunjukkan keahlian-keahlianmu melalui sebuah portofolio. 

Cara seperti ini sangat menguntungkan, karena kamu tidak perlu bersusah payah untuk mengirimkan CV ke perusahaan maupun melalui kantor pos. 

4. Tunjukkan Pengetahuanmu Tentang Perusahaan

pengetahuan tentang perusahaan

Saat melamar kerja di suatu perusahaan, kamu harus tahu hal-hal dasar yang terkait dengan perusahaan tersebut. Hal ini tentunya akan memudahkanmu saat proses wawancara nantinya. Karena, tak jarang pewawancara akan bertanya mengenai perusahaan tersebut. 

Banyak sekali caranya, kamu bisa mencarinya di media sosial ataupun website resmi perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu akan selalu update tentang perkembangan perusahaan tersebut. 

5. Selalu Percaya Diri

percaya diri

Apapun yang terkait dengan pekerjaan, percaya diri memang sebuah keharusan. Demikian pula saat kamu hendak menjadi pekerja di sebuah perusahaan ternama, percaya diri yang tinggi sangatlah dibutuhkan. 

Perusahaan akan mempertimbangkan orang yang sangat percaya diri, bukan orang yang penuh keraguan serta panik saat melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus belajar untuk mengelola emosi sebaik mungkin.

Tunjukkan bahwa kamu memang apa yang diinginkan perusahaan. Mampu bekerja dengan baik, serta memberikan hasil yang sangat baik. Bukan hal yang mengherankan, bahwa percaya diri akan memberikan kesan bahwa kamu memiliki kemampuan yang unggul.

Baca Juga: Wajib Tahu! Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja di Era New Normal

6. Bangun Networking yang Luas

bangun networking yang luas

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan ternama, maka kamu harus membangun networking sedini mungkin. Ketika kamu memiliki banyak relasi, baik dalam konteks pertemanan maupun profesional, maka kamu akan mendapatkan banyak informasi.

Selain itu, dengan memiliki banyak kenalan, maka tak akan menutup kemungkinan bahwa di masa depan, kamu akan memiliki relasi bisnis yang luas pula. 

Siapkan Diri Sedini Mungkin

Sama seperti ketika kamu hendak bepergian, ketika kamu menginginkan untuk bekerja di perusahaan ternama, kamu juga harus menyiapkan bekal sebanyak mungkin. Dalam hal ini, adalah kemampuanmu. 

Semakin banyak skill yang kamu miliki, semakin besar pula peluangmu untuk bergabung dengan perusahaan impianmu. Semuanya tak ada yang mustahil. Oleh karena itu, gantungkan setinggi langit semua keinginanmu, dan jangan lupa mempersiapkan bekal-bekal yang akan kamu butuhkan untuk meraih semua apa yang kamu cita-citakan. Semangat!

Baca Juga:  Pentingnya Kesetaraan di Dunia Kerja Beserta Manfaatnya