5 Aplikasi Reksadana Terbaik dan Fitur Menariknya!

Sudah lama menabung, tapi hasil belum seberapa? Atau susah menabung karena godaan beli barang yang diinginkan begitu erat? Itu tandanya harus mulai berinvestasi! Investasi yang tepat untuk pemula bisa dimulai dari reksadana. 

Reksadana adalah salah satu cara investasi yang berfungsi sebagai wadah pengumpulan dana para pemodal yang dikelola dalam bentuk surat berharga, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. Investasi reksadana merupakan pilihan yang umum dipilih oleh pemula karena minim risiko.

Namun, investasi bukan sesuatu hal yang susah, kok! Zaman sekarang investasi reksadana sudah sangat dipermudah dengan adanya aplikasi reksadana. Banyak aplikasi reksadana yang menawarkan fitur-fitur menarik yang bisa membantu kamu berinvestasi dengan nyaman. Yuk, simak fitur-fitur menarik dari 5 aplikasi reksadana terbaik berikut ini!

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap, Kenali Pengertian, Cara Hitung, Serta Kelebihannya

1. Bibit

loader

Aplikasi Reksadana Bibit (Sumber: laluahmad.com)

Bibit merupakan aplikasi reksadana yang dibentuk oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, sebab aplikasi ini menyediakan banyak fitur, seperti Robo Advisor. 

Robo Advisor merupakan AI yang dibangun untuk membantu kamu dari mulai pembangunan profil risiko sampai pembuatan portofolio. Isi kuesioner profil risiko yang diberikan dan kemudian Robo Advisor akan menentukan profil risiko sesuai dengan jawaban kuesioner tersebut.

Selain menentukan profil risiko, aplikasi reksadana ini juga membantu memahami segala hal yang berkaitan dengan investasi dan reksadana. Ada fitur tutorial berinvestasi yang bisa yang bisa jadi pemandu saat berinvestasi. Dengan fitur ini, kamu jadi bisa memahami langkah-langkah yang harus dilakukan untuk berinvestasi.

Selain itu, ada fitur tips yang berisi penjelasan dan tips and tricks dalam berinvestasi. Fitur yang paling unik dari aplikasi reksadana Bibit adalah fitur quiz yang bisa membantu mengasah pengetahuan kamu dalam investasi. Jangan khawatir kalau jawaban quiz-nya salah, karena akan ada penjelasan detailnya!

Investasi menjadi lebih mudah dengan fitur nabung rutin yang bisa mengatur kapan harus menabung dan juga mengingatkan untuk menabung di aplikasi reksadana. Bagi kamu yang merasa lupa untuk menabung atau terlalu sibuk, cocok sekali menggunakan fitur ini saat berinvestasi. 

2. Bareksa

loader

Aplikasi Reksadana Bareksa (Sumber: fintech.id)

Sama seperti Bibit, Bareksa juga memiliki AI Robo Advisor. Bedanya, Robo Advisor yang dimiliki aplikasi reksadana ini bersifat dinamis, sebab Robo Advisor ini memberikan hasil yang disesuaikan dengan kondisi pasar dan perekonomian. Fungsi Robo Advisor ini membantu menentukan profil risiko, menentukan kombinasi jenis reksadana, dan merekomendasikan reksadana yang tepat. 

Robo Advisor akan memberikan rekomendasi kombinasi reksadana sesuai dengan tipe investor yang didapat dari jawaban kuesioner profil risiko. Produk yang direkomendasikan oleh Robo Advisor merupakan produk yang paling cocok untukmu. Namun, apabila tren saham sedang turun, Robo Advisor akan menyesuaikan rekomendasi produk tersebut dengan keadaan yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam keadaan apapun.

3. Ajaib

loader

Aplikasi Reksadana Ajaib (Sumber: mandiri-investasi.co.id)

Aplikasi reksadana yang sudah OJK satu ini sangat cocok untuk pemula karena informasi seputar investasi tersedia di segala platform Ajaib. Berbagai artikel tentang investasi tersedia di website Ajaib. Ada juga fitur forum investor di aplikasi Ajaib untuk berdiskusi dan melihat opini para investor terkait dengan keunggulan dan kekurangan saham tertentu dan juga tren saham yang sedang terjadi.

Ajaib juga memiliki kamus yang berisi istilah-istilah dalam dunia pasar modal dan investasi. Jadi, tidak perlu bingung lagi mencari arti kata yang ingin diketahui. 

Fitur notifikasi real-time dari aplikasi reksadana Ajaib juga menjadi fitur yang menarik. Dengan begitu, segala update dan tren investasi yang sedang ada tidak ketinggalan. Kapanpun dan dimanapun update dari aplikasinya dapat diketahui agar aktivitas investasi menjadi makin optimal. 

Aplikasi reksadana Ajaib ini mudah bagi yang ingin memulai investasi. Tidak perlu bingung lagi mencari modal untuk berinvestasi, sebab berinvestasi di Ajaib tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa memulai investasi dari sekecil-kecilnya 10 ribu rupiah.

4. IPOT

loader

Aplikasi Reksadana IPOT (Sumber: indopremier.com)

Indo Premier Online Technology, singkatnya IPOT, merupakan aplikasi reksadana yang dibuat oleh PT Indo Premier Sekuritas. Aplikasi ini memiliki keunikan tersendiri, seperti adanya Robo Trading. 

Robo Trading ini akan menjalankan instruksi jual dan beli saham. Jadi, kamu hanya perlu menentukan saham apa saja yang ingin dijual atau dibeli, harganya berapa, dan targetnya berapa. Bahkan, kamu juga mengatur kapan akan melakukan instruksinya. Semua nantinya akan dilakukan secara otomatis oleh Robo Trading. 

Aplikasi IPOT ini menyediakan berita ekonomi dan keuangan yang lengkap dan akurat. Tidak hanya menyajikan bahan bacaan, tetapi aplikasi reksadana online ini juga memberikan kesempatan untuk langsung beli atau jual aset sesuai dengan kode saham yang tercantum dalam berita tersebut. Jadi, kamu tidak akan ketinggalan tren saham dan langsung bisa mendapatkan produk yang paling update

Buat yang tidak suka dengan mode terang, tidak perlu khawatir. Di aplikasi reksadana IPOT, terdapat fitur yang dapat membuat tampilan aplikasi sesuai dengan preferensi. Kamu tinggal pilih mode gelap (dark mode) dan melanjutkan aktivitas reksadana dengan nyaman. 

5. Tanamduit

loader

Aplikasi Reksadana Tanamduit (Sumber: mandiri-investasi.co.id)

Berinvestasi reksadana melalui Tanamduit, tidak perlu khawatir akan keamanannya. Aplikasi ini menggunakan sidik jari untuk membukanya demi menjaga keamanan data dan transaksi pengguna. Selain itu, Tanamduit merupakan aplikasi reksadana yang sudah terdaftar di OJK dan memiliki lisensi sebagai agen penjual reksadana. 

Aplikasi ini juga bekerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam hal mengurus Surat Berharga Indonesia. Produk yang ada di Tanamduit juga memiliki kerja sama dengan mitra terpercaya.

Tidak hanya keamanannya, fitur menarik lainnya yang ada di dalam aplikasi reksadana Tanamduit adalah adanya pengalihan produk reksadana yang tidak dipungut biaya tambahan. Jika merasa reksadana yang dimiliki sedang mengalami penurunan performa, produk reksadana tersebut dapat dialihkan ke reksadana lainnya. Dengan begitu, portofolio investasimu menjadi lebih baik.

Tanamduit memiliki metode pembayaran yang variatif, seperti ShopeePay, OVO, Bank Central Indonesia OneKlik, JakOne Mobile, Akun Virtual, dan Transfer Bank. Kamu tinggal pilih metode pembayaran yang sesuai.

Saat mulai berinvestasi, kamu bisa melakukan perbandingan antara produk reksadana sampai 3 produk sekaligus. Setelah portofolio terbentuk, bisa dipantau dengan mudah karena Tanamduit memiliki fitur One View Portofolio.

Baca juga: Ogah Tekor? Ini Cara Investasi Uang yang Baik dan Benar

Gunakan Aplikasi Reksadana yang Tepat Untukmu!

Reksadana merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Melakukan reksadana bukan persoalan yang sulit, hanya saja membutuhkan kedisiplinan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, perlu adanya wadah khusus yang dapat membantu aktivitas investasi reksadana yang memudahkan.

Investasi reksadana kini dapat dilakukan secara mudah di mana pun dan kapan pun hanya dengan menggunakan aplikasi. Sebelum memilih aplikasi yang tepat, pastikan pilih aplikasi reksadana yang sudah terdaftar di OJK. Selain itu, cari tahu berbagai fitur-fitur dalam aplikasi reksadana yang dapat membantu dalam memilih dan menggunakan produk reksadana yang aman dan baik.