Asuransi FWD, Ragam Produk, Premi, dan Cara Klaimnya

Produk asuransi terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan agak sulit ditemukan. Sebab, banyak pilihan produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut dengan kelebihan masing-masing.

Salah satu contoh dari asuransi yang ada di Indonesia dan ditawarkan oleh perusahaan asuransi ternama adalah FWD. Banyaknya jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan ini, akan lebih memudahkanmu menyesuaikan perlindungan produk kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi ini, simak infonya berikut ini. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Sekilas Mengenai Asuransi Kesehatan FWD

loader

Asuransi Kesehatan FWD adalah perusahaan asuransi jiwa yang dikelola PT FWD Insurance Indonesia. Asuransi FWD ini terkenal dengan produk asuransi jiwa, kesehatan, dan unit link atau investasinya. Salah satu produk unggulan dari asuransi ini adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat polis hingga 75 Miliar.

Asuransi ini memiliki singkatan PT Financial Wiramitra Danadyaksa. FWD Life Indonesia merupakan anak perusahaan FWD Group. Tahun 2020 lalu, FWD Group melakukan kerja sama dengan dengan PT FWD Insurance Indonesia. Artinya bahwa polis asuransi ini menjadi tanggung jawab FWD Insurance Indonesia.

Produk FWD Asuransi Indonesia, yaitu asuransi kesehatan, jiwa, unit link, kecelakaan diri, penyakit kritis, dan unit syariah. Perusahaan ini pertama kali didirikan tahun 2013 oleh Pacific Century Group. FWD Insurance Indonesia adalah perusahaan yang mengaplikasikan teknologi dalam proses berasuransinya, seperti adanya metode paperless.

Produk dan Manfaat Asuransi FWD 

Produk asuransi ini memang terkenal dengan asuransi kesehatan dan jiwanya. Sebab, telah memiliki reputasi yang baik di masyarakat. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini. 

Jenis Asuransi   Keterangan
Asuransi Kesehatan

Ada lima pilihan polis dari asuransi kesehatan ini, yaitu asuransi kesehatan Hospital Surgical, Bebas Dana, Critical Illness Accelerated, dan Critical Illness Non Accelerated. Dari keempat pilihan polis tersebut, semuanya memiliki manfaat untuk memberikan jaminan rawat inap, santunan ketika meninggal, dan operasi.

Asuransi Jiwa

Beberapa pilihan polis asuransi yang dihadirkan oleh asuransi ini, yaitu asuransi Bebas Rencana, Bebas Rencana Optimal, Payor, Legacy Protection, dan LooP. Dari beberapa pilihan polis ini, semuanya memiliki manfaat untuk memberikan santunan ketika meninggal dunia kepada ahli waris.

Asuransi Penyakit Kritis

Ada beragam jenis pilihan polis dari asuransi penyakit kritis, yaitu Critical Armor, Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis +, serta Critical First Protection. Keempat pilihan polis asuransi ini memberikan jaminan ketika terkena penyakit kritis.

Asuransi Kecelakaan Diri

Banyak pilihan asuransi dari asuransi kecelakaan diri, yaitu Bebas Aksi, dan Bebas Aksi Flash. Manfaat yang akan diberikan, yaitu santunan ketika mengalami kecelakaan dan cacat.

Asuransi Jiwa Syariah

Pilihan polis untuk asuransi jiwa syariah, yaitu Bebas Ikhtiar. Asuransi ini memberikan pemecahan masalah finansial, seperti investasi syariah dengan premi rendah. Selain itu, memberikan santunan ketika meninggal dunia dan nilai investasi syariah. Ada juga manfaat lainnya, yaitu peserta asuransi bisa mendapatkan bonus 160% sejak tujuh tahun menjadi peserta dan bisa memberikan santunan ketika meninggal dunia. 

Keuntungan Memiliki Asuransi FWD

Asuransi ini menawarkan produk dan manfaat jaminan yang banyak. Untuk menjadi pertimbangan, berikut ada informasi mengenai keuntungan asuransi ini.

1. Limit per Tahun yang Tinggi

Produk Hospital Care Protection memiliki limit per tahun lumayan tinggi, yaitu Rp75 miliar. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin membeli asuransi kesehatan dengan limit tinggi dengan manfaat banyak.

2. Bekerja Sama dengan Berbagai Rumah Sakit 

Rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi ini ada di seluruh Indonesia dan dunia. Kamu bisa memilih perawatan di luar wilayah jaminan asuransi.

3. Keuntungan COB BPJS Kesehatan

Asuransi kesehatan ini memberi keuntungan COB BPJS Kesehatan. Pada produk ini, Asuransi Bebas Handal, yang memberi santunan rawat inap di layanan kesehatan akan dijamin biayanya oleh BPJS Kesehatan. Maka, manfaat yang diterima akan makin banyak.

4. Layanan Berbasis Online

Asuransi ini telah mengaplikasikan teknologi selama proses berasuransi, seperti prospek calon peserta asuransi hingga pembayaran polis melalui dompet digital.

Premi Asuransi FWD 

Harga premi asuransi didasarkan dari berbagai faktor, yaitu:

  • Jenis asuransi peserta polis
  • Profil peserta polis, yaitu usia, riwayat penyakit, jenis kelamin, dan pekerjaan.
  • Nilai harta yang diasuransikan
  • Jaminan utama dan rider.

Broker dan Agen Asuransi FWD

Pada asuransi ini dikenal dengan adanya broker dan agen. Keduanya memiliki perbedaan. Broker adalah individu yang menjadi narahubung atau semacam perantara antara FWD dan calon peserta asuransi. Sementara itu, agen adalah individu yang bekerja penuh untuk asuransi ini. Broker dan agen asuransi ini sudah memiliki lisensi dari OJK. Bisa disimpulkan, bahwa keduanya memiliki legalitas yang sah.

Baca Juga: Asuransi Rawat Jalan: Pengertian, Manfaat, hingga Rekomendasi Produknya

Cara Klaim FWD Insurance

loader

Untuk pengajuan klaim asuransi ini, ada proses yang harus dilakukan nasabah. Klaim bisa melalui fitur e-Services di FWD MAX atau mengirimkan lewat pos juga email. Kamu hanya bisa menggunakan satu formulir dan bisa klaim 8 jenis keuntungan, yaitu:

  • Monthly income benefit
  • Hospital cash plan
  • Hospital surgical
  • Waiver of premium
  • Cacat pada bagian tubuh
  • Medical check up
  • Penyakit kritis
  • Family term 

Klaim Kematian Asuransi FWD 

Asuransi bisa diajukan untuk klaim kematian, waktunya kisaran 3 bulan setelah kematian. Akan tetapi, jika berkas yang dikirimkan kurang lengkap. Maka, akan diberikan waktu tambahan 1 bulan untuk melampirkan berkas yang kurang.

Berikut berkas pendukung klaim yang harus dikirim.

  • Formulir klaim kematian.
  • Fotokopi KTP dan KK.
  • Akte kematian
  • Berkas ahli waris.
  • Buku tabungan ahli waris.
  • Kirimkan lewat pos dan email untuk yang membayar sebelum Desember 2020. 
  • Pengajuan klaim butuh waktu 2 minggu. Status klaim bisa dilacak di aplikasi FWD MAX.

Layanan untuk Hubungi Asuransi FWD

Ketika ingin mengetahui informasi mengenai pilihan produk, cara klaim, dan ajukan keluhan, bisa menghubungi layanan untuk peserta asuransi melalui call center online dan juga bisa secara offline di kantor pusat atau cabang. 

Baca Juga:  Sesuaikan dengan Kebutuhan, Ini Review 10 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Rumah Sakit yang Bekerja Sama dengan FWD

Asuransi ini bekerja sama dengan berbagai layanan kesehatan di berbagai daerah, sampai saat ini ada sekitar 1.302 layanan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan asuransi FWD. Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir jika menjadi peserta asuransi ini, karena telah banyak bekerja sama dengan berbagai layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Pentingnya Mendapat Perlindungan Asuransi FWD

Memiliki asuransi adalah hal penting yang harus dimiliki. Sebab, kesehatan perlu untuk dilindungi. Masalah kesehatan menjadi masalah krusial jika diabaikan begitu saja. Ketika lalai soal masalah kesehatan, maka harus siap dengan risiko munculnya berbagai penyakit. 

Sebab datangnya tidak diduga-duga, asuransi kesehatan wajib dimiliki sebagai proteksi diri dari masalah kesehatan. Kamu pasti bingung tentunya dalam memilih asuransi mana yang tepat. Jangan khawatir, coba mulai tetapkan hatimu pada asuransi ini karena asuransi ini bisa memberikan perlindungan lebih melalui manfaat yang diberikan bagi perlindungan kesehatanmu.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Itu yang Seperti Apa?