Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Itu yang Seperti Apa?

Produk asuransi kesehatan keluarga di Indonesia sangat banyak. Perusahaan asuransi menawarkan layanan ini untuk memproteksi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Namun, asuransi kesehatan keluarga terbaik itu yang seperti apa? Apa saja ciri-cirinya, sehingga kamu tidak salah dalam memilih. Berikut jawabannya.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, hingga Cara Klaimnya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

loader
Asuransi Kesehatan Keluarga

1. Limit klaim yang tinggi

Pada umumnya, limit yang ditawarkan perusahaan asuransi ada dua jenis, yaitu limit per penyakit atau perawatan dan limit keseluruhan.

Limit sifatnya terbatas, misalnya Rp 200 juta per tahun. Ketika limit habis, maka sisa biaya perawatan akan ditanggung nasabah.

Berhubung karena kamu tidak tahu penyakit apa yang akan menggerogoti tubuh, penting untuk memilih asuransi kesehatan keluarga dengan limit tinggi. Limit ini akan memberikan keleluasaan untuk mendapatkan perawatan terbaik tanpa harus merogoh kocek pribadi.

Mengenai limit, setiap perusahaan menawarkan limit berbeda. Sebaiknya bandingkan limit dari perusahaan asuransi di Indonesia untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik.

2. Jaringan yang luas

Tentu ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila produk atau perusahaan asuransi yang dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Kamu bisa memilih rumah sakit untuk rawat inap, baik di dalam maupun luar kota, bahkan luar negeri.

Jika suatu saat kamu atau jatuh sakit sewaktu liburan, bisa berobat di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Menariknya, kamu bisa memilih rumah sakit terbaik berdasarkan review atau testimoni pasien. 

Jaringan rumah sakit yang luas biasanya dimiliki perusahaan asuransi besar maupun produk asuransi kesehatan keluarga dengan layanan terlengkap. Jadi, tidak ada salahnya untuk melirik perusahaan asuransi yang sudah mempunyai nama dan terpercaya.

loader
Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

3. Pembayaran cashless atau pakai kartu

Dalam memilih produk asuransi kesehatan, sebagian besar orang pasti menginginkan proses klaim ataupun sistem pembayaran yang mudah. Kamu bisa mendapatkannya pada jenis asuransi kesehatan keluarga cashless.

Asuransi kesehatan cashless adalah jenis asuransi kesehatan yang memudahkan nasabah dalam membayar tagihan rumah sakit. Nasabah tidak perlu menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu.

Biaya tersebut akan dibayar oleh perusahaan asuransi sepanjang polis masih aktif. Nasabah hanya perlu menunjukkan atau menyerahkan kartu asuransi ke pihak rumah sakit.

Baca Juga: Beli Asuransi Kesehatan, Mending Premi Bulanan atau Tahunan?

4. Dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial

Asuransi kesehatan keluarga terbaik adalah yang memberi keuntungan, seperti premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Sebab, premi asuransi kesehatan keluarga biasanya lebih mahal dibanding asuransi individu karena mengkover seluruh anggota keluarga.

Hindari mencari asuransi kesehatan keluarga termurah jika memang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena alih-alih ingin yang tidak membebani keuangan bulanan, tetapi ternyata manfaat tidak lengkap dan kamu tetap harus membayar biaya perawatan ketika jatuh sakit.

5. Dapat dicairkan

Bukan uang pertanggungan yang dicairkan, melainkan uang yang termasuk dalam investasi saat pembayaran premi. Sistem ini berlaku untuk asuransi unit link atau asuransi yang mengombinasikan dua manfaat sekaligus. 

Namun perlu diingat, jumlah yang dapat dicairkan sangat terbatas. Pencairan pun sebaiknya dilakukan dalam situasi mendesak saja. 

Sebab, produk investasi ini pada dasarnya digunakan untuk mengantisipasi adanya kenaikan premi yang disebabkan karena kenaikan biaya medis. 

loader
Asuransi Kesehatan Keluarga

6. Memiliki reputasi yang bagus

Perusahaan asuransi berkembang cukup pesat beberapa tahun terakhir. Hal yang wajar apabila perusahaan berlomba-lomba untuk menawarkan produk terbaik agar dilirik oleh masyarakat.

Termasuk produk asuransi kesehatan keluarga. Bahkan sampai menawarkan premi asuransi kesehatan keluarga murah.

Tapi ketahuilah, tidak semua perusahaan asuransi memiliki reputasi yang bagus. Berhati-hati saat memilih agar tidak zonk.

Mulai dari pelayanan, produk, manfaat, hingga plafon asuransi, semuanya harus bagus. Banyaklah membaca untuk mengetahui kinerja perusahaan asuransi yang bersangkutan sebelum menentukan pilihan.

Tak ada salahnya untuk meminta rekomendasi keluarga, teman, atau rekan kerja jika kita merasa membutuhkannya.

Baca Juga: Asuransi Syariah: Pengertian, Keunggulan, dan Contohnya

7. Mengutamakan rawat inap

Beberapa perusahaan asuransi hanya memberikan manfaat rawat jalan bagi nasabahnya. Namun, asuransi kesehatan keluarga terbaik dan yang bagus akan memberikan manfaat rawat inap juga.

Terdapat dua jenis fasilitas rawat inap dalam asuransi, yaitu kamar VIP dan regular yang biasanya diisi dua orang pasien. Kamu bisa tentukan jenis kamar ini saat proses pendaftaran.

Kenali Batasan dalam Asuransi Kesehatan Keluarga

Sebaik apapun produk asuransi, penting untuk mengenali batasan-batasan manfaatnya. Kamu harus tahu dan paham apa saja yang akan ditanggung maupun yang tidak ditanggung perusahaan asuransi untuk produk asuransi kesehatan keluarga yang kamu pilih. 

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik