Asuransi Perjalanan Covid Irlandia Beserta Syarat Masuk 2023 dan Rekomendasi Wisata Terpopuler

Irlandia tak hanya dikenal dengan ribuan kastil kuno serta beragam tempat bersejarahnya. Keindahan pemandangan alamnya pun tak pernah gagal mencuri hati turis mancanegara. Menariknya lagi, Irlandia pun masuk dalam daftar negara paling ramah dan teraman sedunia menurut Global Peace Index 2020.

Ireland adalah tanah air bagi grup musik legendaris One Direction, The Script, Boyzone, Westlife, The Corrs, The Cranberries hingga U2. Selain terdapat sungai Shannon yang tersohor, Irlandia yang menggunakan bahasa resmi Gaeilge ini mempunyai banyak danau (lough).

Uniknya, Irlandia sempat diduga sebagai Atlantis yang hilang karena kemiripan karakteristik struktur geografisnya. Negara yang populer dengan daya tarik sejarah berbagai kastil kuno termasuk Bunratty Castle ini juga menjadi negara ke-2 dengan konsumen bir terbanyak di dunia.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Swiss Beserta Syarat Masuk dan Rekomendasi Wisata Terpopuler

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Irlandia

loader

Masuk ke Irlandia

Pelancong yang tertarik mengunjungi Irlandia bisa mempersiapkan syarat masuknya sebagai berikut.

  • Paspor, visa C dan dokumen lainnya yang valid dan berlaku.
  • Slip gaji dan bukti rekening koran/ tabungan.
  • Daftar rencana perjalanan/ itinerary selama berkunjung beserta bukti pemesanan akomodasinya (termasuk bukti pembelian pemesanan tiket pesawat).
  • Membeli asuransi perjalanan Covid Irlandia yang meliputi seluruh hari traveling di Irlandia. Info lebih lengkap mengenai pembelian asuransi perjalanan Covid Irlandia bisa diunduh melalui aplikasi Cermati dari smartphone.

Kebijakan Masuk Irlandia Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Irlandia. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Belgia, Syarat Masuk Belgia 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Paling Iconic di Irlandia

loader

Rekomendasi Tempat Wisata Irlandia

Berpetualang ke Irlandia dijamin seru dan menyenangkan. Menurut National Geographic, Dublin—ibukota Irlandia, adalah satu dari 20 kota terbaik di dunia yang wajib disambangi para turis mancanegara.

Dulunya, Dublin diketahui menjadi area pemukiman para Vikings. Lebih lanjut, berikut 10 destinasi wisata iconic yang bisa dikunjungi.

  1. Bukit Tara (Hill of Tara), County Meath

    Berjarak 42-43 kilometer dari Dublin, situs arkeologi yang menyimpan banyak monumen kuno ini. Hill of Tara dipercaya merupakan pintu masuk menuju kebahagiaan abadi. Discover Ireland menuturkan, tempat ini konon merupakan hunian para dewa. Biaya masuk gratis.

  2. The Library Trinity College of Dublin

    Copyright Library dengan nama Irlandia: Leabharlann Cholaiste na Trionoide ini menjadi sarana bagi Trinity College dan Universitas Dublin. Perpustakaan dengan atmosfer mistis nan misterius laksana di Hogwarts ini juga merupakan rumah permanen bagi simbol nasional Irlandia—harpa Brian Boru, salinan Proklamasi Republik Irlandia 1916, dan Kitab Kells.

    Tempat yang disebut Old Library ini memiliki lorong (Long Room) sepanjang 65 meter dengan rak-rak buku di sisi kiri kanannya. Halaman resminya mengungkapkan, lorong itu dibangun di tahun 1712-1732. Berdiri sejak 1592, tempat ini menyimpan lebih dari 200.000 buku-buku lawas yang sarat akan kekayaan intelektual.

  3. Katedral St. Patrick

    Sebagai salah satu kota paling religius di Eropa, Dublin menawarkan wisata religi berupa landmark bersejarah, Katedral St. Patrick. Selama lebih dari 1.500 tahun, warga lokal telah merayakan misa di rumah ibadah tersebut. Tak hanya itu, berbagai festival seru dan mengesankan juga kerap dirayakan penduduk setempat di sekitar area ini.

  4. Pusat Seni Musik Irlandia di Temple Bar District, Dublin

    Bukan cuma sekadar tempat minum bir Guinness, HaRpLager atau Smithwicks yang populer dan berbaur di sini. Jalanan distrik di sekitarnya juga menjadi spot bagi pengunjung untuk menemukan banyak virtuoso bermain musik folks. Banyak orang bersosialisasi (pubcrawling) dan menikmati hiburan, seni, dan kuliner di kawasan bohemian ini.

  5. Cliffs of Moher

    Tebing indah ini terletak di barat daya Irlandia. Salah satu vantage point paling terkenal untuk menikmati pesona tebing eksotis dan menakjubkan ini ialah dari O’Brien’s Tower.

  6. Malin Head di Inishowen, County Donegal

    Melipir ke Irlandia Utara melalui jalur darat, para wisatawan akan menemukan tempat syuting film The Last Jedi (Star Wars) yang tersohor. Malin Head ini dikenal dengan kecantikan dramatisnya yang seperti di dunia lain. 

    Selain itu, satu hal mendebarkan yang bisa disaksikan dari langit Irlandia Utara ini ialah the Northern Lights. Northern Lights/ Aurora Borealis biasanya tampak dari pukul 20.00-01.00 dini hari selama September-Maret. Fenomena alam ini lebih mudah terlihat di periode ekuinoks musim gugur, musim dingin dan musim semi karena meningkatnya aktivitas geomagnetik.

  7. Kota Galway

    Kota tua ini disebut sebagai pusat budayanya Irlandia dan memiliki lembah nan eksotis. Nikmati pertunjukan live music yang menampilkan bodhran (alat perkusi tradisional Irlandia) atau ceili—seni tari yang diiringi musik khas Irlandia di berbagai pub dan cafe kota Galway.

  8. Jalan Berhantu Dark Hedges (Bregagh Road)

    Bagi pelancong yang kebetulan pecinta film Game of Thrones, bermain ke spot satu ini tentunya tak boleh dilewatkan. Nama resminya ialah Bregagh Road namun ia lebih populer dengan nama Dark Hegdes. CNN menyebut tempat ini sebagai salah satu jalan dengan view terindah di dunia.

    Panorama fotogeniknya yang magis juga punya kisah seram yang meliputinya. Tempat ini berada di County Antrim, Irlandia Utara, tepatnya di antara Stranocum dan Armoy. Ini adalah jalan beraspal yang hampir tertutup oleh pepohonan beech yang telah berusia 300 tahun.

  9. Connemara National Park

    Berluaskan sekitar 30 km persegi, terdapat panorama kastil tua, panorama alam dan beragam flora-fauna khas Irlandia. Penduduk setempat kerap melakukan mountain biking dan hiking di sini.

  10. Great South Wall di Teluk Dublin

    Jangan lewatkan mampir ke Great South Wall di Teluk Dublin. Dinding yang dibangun pada tahun 1716 dengan panjang 4 kilometer ini dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan. Ia menjadi penghubung antara pelabuhan Dublin dan Polbeeg Lighthouse.

    Polbeeg Lighthouse sendiri ialah salah satu menara mercusuar paling tua dengan arsitektur kuno yang memesona. The New York Times bahkan mengatakan bahwa keindahan birunya laut di spot ini merupakan salah satu panorama terindah di dunia.

    Selain sepuluh destinasi wisata di atas, terdapat sejumlah spot lainnya pun tak kalah menarik dan populer. Di antaranya yakni kota Kinsale yang semarak, pulau Aran yang penduduk lokalnya masih berbicara bahasa asli sana, hingga Killarney dan beraneka museum nasional yang menunggu untuk dijelajahi.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Italia, Syarat Masuk Italia 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Estimasi Biaya Perjalanan ke Irlandia

loader

Biaya Perjalanan ke Irlandia

Sebagai gambaran, berikut estimasi rincian biaya untuk melakukan perjalanan ke Irlandia. Secara keseluruhan, estimasi biaya perjalanan paling hemat ke Irlandia ialah sekitar Rp16,5 juta (1.000 EUR) selama satu minggu.

Adapun estimasi biaya termahalnya bisa mencapai Rp48,2 juta (2.900 EUR). Estimasi budget ini bisa berubah tergantung pada penginapan dan gaya hidup yang dipilih.

Sementara itu, harga tiket pesawat untuk penerbangan ke Irlandia bisa berkisar dari Rp15,3 juta – Rp24,4 juta, tergantung rute dan maskapai. Biaya pengajuan visa bisa memakan kurang lebih Rp1,6 juta, dengan biaya paspor mencapai Rp600 ribu.

Bagi PPLN yang ingin menghabiskan waktu satu minggu di Irlandia, akan memakan biaya tinggal kurang lebih sekitar:

  • Penginapan termurah: Rp13,5 juta (843 EUR).
  • Perjalanan hemat: Rp18,1 juta (1.100 EUR).
  • Penginapan mid-range tetapi cukup nyaman: Rp22,9 juta (1.400 EUR).
  • Liburan mewah: Rp52,5 juta (3.200 EUR).

Estimasi anggaran konsumsi selama liburan di Republik Irlandia bisa digambarkan sebagai berikut (perkiraan biaya untuk dua orang):

  • Restoran Meksiko: Rp400 ribu (24 EUR).
  • Restoran Jepang: Rp657 ribu (41 EUR).
  • Restoran Perancis: Rp751 ribu (46 EUR).
  • Restoran Italia: Rp626 ribu (39 EUR).
  • Restoran China: Rp469 ribu (29 EUR).
  • Restoran Asia Rp641 ribu (40 EUR).

Catatan: untuk lebih ekonomis lagi bisa menyantap di restoran cepat saji yang berada di kisaran Rp137 ribu (8,50 EUR). Agar lebih praktis, wisatawan juga bisa menggunakan jasa tour and travel yang tepercaya.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Belanda, Syarat Masuk Belanda 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Melancong Berkesan dan Aman dengan Asuransi Perjalanan Covid Irlandia

Demikianlah ulasan informasi seputar syarat masuk Irlandia, rekomendasi wisata dan estimasi biaya yang diperlukan untuk melancong ke sana. Melihat keindahan alam, riwayat peradaban, kekayaan intelektual, ragam tradisi-budaya dan kesenian serta keramahan penduduknya yang memikat, Irlandia memang patut dijadikan destinasi wisata pilihan.

Dengan makin melandainya penularan Covid-19, kamu pun bisa lebih leluasa melakukan perjalanan dan liburan ke Irlandia. Namun, bagi yang hendak bepergian ke sana, pastikan untuk melengkapi persiapan itinerary liburanmu dengan asuransi perjalanan Covid Irlandia yang terpercaya.