Asuransi Perjalanan Covid Belanda, Syarat Masuk Belanda 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Eropa adalah salah satu benua yang sering dijadikan destinasi impian banyak orang. Memiliki wilayah yang cukup luas, benua Eropa sendiri terbagi ke dalam 4 bagian daerah wisata. 

  1. Eropa Barat: Austria, Belanda, Belgia, Inggris, Irlandia, Jerman, hingga Perancis. Eropa Barat sangat cocok disambangi oleh kamu para pecinta wisata kota.
  2. Eropa Timur: Hungaria, Kroasia, Republik Ceko, hingga Slovakia. Eropa Timur sangat cocok disambangi oleh kamu para pecinta wisata kota dengan gaya arsitektur gotik.
  3. Eropa Utara: Norwegia dan Swedia. Eropa bagian Utara cocok disambangi oleh kamu para pecinta alam.
  4. Eropa Selatan: Italia, Portugal, hingga Spanyol. Eropa bagian Selatan ini sangat cocok disambangi oleh kamu para pecinta kuliner dan pemandangan.

Setelah membahas sedikit tentang benua Eropa, sekarang saatnya kita membahas lebih dalam salah satu negara yang terletak di Eropa Barat, yaitu Belanda. Negara Kincir Angin ini memiliki sejuta keindahan kota dan alam yang wajib kamu nikmati.

Lalu, apa saja syarat masuk Belanda 2023? Juga, apa saja tempat wisata favorit yang direkomendasikan? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Qatar, Syarat Masuk Qatar 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Belanda

loader

Syarat Masuk Belanda

  1. Paspor yang masih berlaku (lebih dari 6 bulan).
  2. Visa Schengen.

    Daftar negara anggota Schengen:

    Negara Anggota Schengen

    Austria

    Prancis

    Latvia

    Norwegia

    Swedia

    Belgia

    Jerman

    Liechtenstein

    Polandia

    Swiss

    Republik Ceko

    Yunani

    Lithuania

    Portugal

     

    Denmark

    Hongaria

    Luksemburg

    Slovakia

     

    Estonia

    Islandia

    Malta

    Slovenia

     

    Finlandia

    Italia

    Belanda

    Spanyol

     
  3. Sudah menerima vaksinasi yang disetujui oleh European Medicines Agency (EMA) atau World Health Organization (WHO) secara lengkap dan memiliki bukti yang sah. Khusus anak-anak di bawah 18 tahun yang bepergian dengan orang tua atau wali yang sudah divaksinasi secara penuh, tidak wajib vaksin. 
  4. Per 23 Maret 2022, kamu sudah tidak perlu menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif.

Syarat Tambahan Masuk ke Belanda

  1. Wisatawan wajib mengisi Passenger Locator Form (PLF) dalam waktu 24 jam setelah tiba di Belanda.
  2. Wisatawan yang ingin masuk ke Belanda tidak diwajibkan untuk memiliki asuransi perjalanan. Namun, mengingat ini merupakan perjalanan yang tidak dekat dan tentunya bukan negara atau benua sendiri, akan lebih baik jika kamu memiliki asuransi perjalanan Covid Belanda . Untuk mendapatkan produk dan layanan asuransi Covid Belanda terbaik, kamu dapat membandingkan dan membeli produknya di sini .

Kebijakan Karantina Belanda untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Untuk saat ini, wisatawan yang datang atau masuk ke negara Belanda, tidak diwajibkan untuk melakukan karantina.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Yunani, Syarat Masuk Yunani 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Belanda

  1. Taman Bunga Tulip, Keukenhof

    loader

    Tidak hanya dikenal dengan kincir anginnya, ternyata Belanda juga memiliki pesona keindahan lainnya. Ya, bunga tulip.

    Untuk bisa melihat beragam jenis dan warna bunga tulip, kamu dapat mengunjungi Keukenhof. Tentunya tempat yang terletak di Lisse, Belanda ini menjanjikan keindahan flora yang luar biasa. 

    Namun sayangnya karena efek pandemi Covid-19, tempat Instagramable ini terpaksa harus ditutup sementara. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk menambahkan taman bunga tulip Keukenhof ke dalam wishlist kamu bukan?

  2. Rijksmuseum

    Bagi kamu yang suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah, Rijksmuseum adalah tempat wisata yang wajib dimasukkan ke dalam itinerary kamu. Di tempat ini, kamu dapat melihat berbagai koleksi sejarah dan seni dari para seniman kenamaan Belanda hingga dunia. Bahkan, museum megah yang terletak di Amsterdam, Belanda ini memiliki gaya arsitektur yang menarik. Cocok untuk dijadikan tempat belajar sekaligus berfoto.

  3. Zaanse Schans

    Zaanse Schans merupakan sebuah destinasi wisata yang dijuluki sebagai Desa Kincir. Terletak di bagian Utara Belanda, Zaanse Schans wajib disambangi oleh kamu para pecinta wisata klasik. Mengapa? Karena di Desa Kincir ini, kamu akan disuguhi oleh pemandangan desa Belanda zaman dahulu.

  4. Kinderdijk

    Serupa dengan Zaanse Schans, Kinderdijk adalah salah satu desa di Molenlanden, Belanda yang memiliki banyak kincir angin. Termasuk ke dalam kategori desa tua, di Kinderdijk, kamu bisa menikmati pemandangan dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menaiki perahu.

  5. Dam Square

    Di Dam Square, kamu bisa melakukan banyak sekali aktivitas menarik. Seperti, mengunjungi monumen nasional, menaiki perahu untuk mengelilingi kanal Amsterdam, berbelanja, hingga bersantai di Coffee Shop atau tempat makan.

  6. Efteling Theme Park

    loader

    Di taman hiburan bertema negeri dongeng ini, kamu bisa menikmati beragam permainan dan hutan dongeng. Sangat cocok, dikunjungi oleh kamu yang sedang berlibur dengan teman ataupun keluarga.

  7. Bloemenmarkt

    Bloemenmarkt atau biasa juga dikenal sebagai Floating Flower Market adalah satu-satunya pasar bunga terapung di dunia. Di tempat yang Instagramable ini, kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja bunga hingga souvenir yang berbeda.

  8. Volendam

    Volendam adalah tempat wisata favorit yang wajib dikunjungi selanjutnya. Di desa nelayan ini, kamu bisa menikmati beragam kuliner, peninggalan sejarah, hingga berbelanja pernak-pernik menarik.

  9. Taman Safari Beekse Bergen

    Menjadi rumah untuk 1.250 hewan dari 150 spesies, Taman Safari Beekse Bergen menjadi tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan kalau berkunjung Belanda. Di kebun binatang ini juga banyak dilestarikan hewan-hewan langka, lho.

  10. West Frisian Islands

    Di West Frisian Islands kamu bisa melihat dan menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa. Selain itu, kamu juga bisa berbelanja, makan, menginap, hingga mengunjungi berbagai galeri.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Belanda

Mengutip dari media sosial tour and travel ternama di Indonesia, biaya paket wisata perjalanan ke 7 negara di Eropa Barat (termasuk Belanda) mulai dari Rp20-an juta sampai Rp35-an juta. Biasanya, biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, makan, hingga asuransi perjalanan Covid-19. 

Namun, jika ingin melakukan liburan sendiri tanpa mengikuti tour and travel, kamu bisa menjadikan estimasi biaya perjalanan (backpacker- an) ke Belanda berikut ini sebagai referensi:

  • Tiket pesawat (sekali jalan) mulai dari Rp5 juta - Rp20 jutaan.
  • Biaya Visa Schengen 60 Euro atau sekitar Rp900 ribuan untuk pemohon visa di atas 12 tahun serta 35 Euro atau sekitar Rp500 ribuan untuk pemohon visa berusia 6-11 tahun. Sedangkan, untuk anak di bawah 6 tahun tidak akan dipungut biaya apapun.
  • Hotel atau penginapan mulai dari Rp600 ribuan per malamnya.

    Hotel

    Range Harga

    Bintang 3

    Rp600 ribu - Rp1,5 jutaan

    Bintang 4

    Rp900 ribu - Rp2,3 jutaan

    Bintang 5

    Rp2 juta - Rp12 jutaan

    *Harga dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan waktu pemesanan dan waktu liburanmu.

  • Transportasi mulai dari Rp150 ribu per hari.
  • Makan dan minum mulai dari Rp300 ribu per hari.
  • Biaya masuk tempat wisata (dapat disesuaikan dengan budget -mu). Kalau budget berliburmu tidak besar, maka kunjungi saja destinasi-destinasi wisata gratis.

Jadi, untuk liburan di Amsterdam, Belanda selama 10 hari (termasuk perjalanan), kamu harus menyiapkan budget liburan minimal Rp19 juta.

Liburan Indah ke Negara Belanda

Menawarkan sejuta keindahan kota dan alam, Belanda merupakan salah satu negara di Eropa Barat yang wajib untuk dikunjungi. Oleh karena itu, yuk mulai siapkan budget liburan ke Belanda mulai dari sekarang.

Juga jangan lupa untuk selalu baca informasi terkini terkait syarat masuk Belanda serta apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ingat, setiap negara memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Sehingga, sebagai wisatawan asing, kamu perlu mengikuti dan menaati seluruh peraturan serta kebijakan yang berlaku. 

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Jerman, Syarat Masuk Jerman 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik


Disclaimer : Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.