Asuransi Perjalanan Covid Spanyol, Syarat Masuk Spanyol 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Buenos días! Bahasa apakah itu? Yap, itu bahasa Spanyol yang artinya ‘Selamat pagi!’. Pergi ke Spanyol untuk lihat Bullfighting dan menikmati pertunjukan tango. Pelajari juga bahasanya, ya!

Eits, tapi sebelum berangkat ke Spanyol ada beberapa syarat masuk yang perlu diterapkan. Karena kasus Covid-19 di dunia sudah mulai menurun, Spanyol pun menjadi salah satu negara yang sudah membuka aksesnya kembali bagi para wisatawan. Namun, tentunya terdapat syarat-syarat terkait pandemi Covid-19 yang masih harus diterapkan.

Apa saja syarat masuk Spanyol? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Jerman, Syarat Masuk Jerman 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Spanyol

loader

Syarat Masuk Spanyol

Tentunya, jika kamu ingin memasuki sebuah negara, terdapat dokumen yang perlu dipersiapkan. Misalnya, paspor, visa, dan sebagainya. Begitu pula ketika masuk ke Spanyol. Berikut merupakan rincian persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke Spanyol.

  1. Paspor yang Valid

    Paspor yang kamu miliki harus setidaknya berlaku hingga 3 bulan setelah jadwal pulang dari wilayah Schengen. Hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di wilayah Schengen.

  2. Visa

    Selain paspor, memasuki wilayah Schengen juga perlu dokumen berupa visa. Kamu bisa masuk ke Spanyol dengan berbagai jenis visa Schengen tergantung pada tujuan kunjunganmu, seperti liburan, bisnis, tinggal, dan sebagainya. Jika kamu ingin pergi keluar Spanyol, visa ini tetap masih berlaku selama berada di wilayah Schengen.

  3. Dokumen Lainnya

    Paspor sama visa memang persyaratan wajib, tetapi terdapat hal-hal lain yang diperlukan agar perjalanan kamu di Spanyol menjadi lebih aman. Berikut merupakan beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan.

    • Tiket pulang atau keluar dari Spanyol.
    • Surat keterangan kerja atau undangan dari perusahaan jika bepergian secara profesional.
    • Bukti reservasi akomodasi selama di Spanyol.
    • Untuk pelajar, diperlukan bukti penerimaan di instansi pendidikan.
    • Bukti-bukti pendukung lainnya.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Belgia, Syarat Masuk Belgia 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kebijakan Masuk Spanyol Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Spanyol. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

Syarat dan Cara Mengajukan Visa Spanyol

loader

Syarat Masuk Spanyol

Seperti yang telah disebutkan di atas, visa menjadi salah satu persyaratan utama untuk bisa masuk ke Spanyol. Lalu, bagaimana cara mengajukan visa masuk ke Spanyol dan apa saja syarat yang dibutuhkan? Simak penjelasan berikut.

Syarat Mengajukan Visa ke Spanyol

  1. Pas foto 35 mm x 45 mm yang diambil selama 3 bulan sebelum keberangkatan dengan latar belakang berwarna abu-abu sebanyak 2 lembar. Pastikan foto tidak menggunakan aksesoris apapun di bagian kepala, seperti kacamata, topi, dan sebagainya kecuali karena alasan kesehatan atau atribut keagamaan.
  2. Paspor yang masih valid hingga 3 bulan setelah kepulangan dari Spanyol dan memiliki setidaknya 1 halaman kosong untuk menaruh bukti visa Spanyol.
  3. Fotokopi paspor, termasuk halaman identitas dan halaman-halaman yang berisi stiker dan stampel visa.
  4. Pemesanan penerbangan masuk dan keluar Spanyol yang di dalamnya terdapat tanggal penerbangan, identitas pelancong, nama penerbangan, beserta detail penerbangan lainnya.
  5. Asuransi perjalanan yang mencakup seluruh wilayah Schengen dengan tanggungan €30.000, termasuk biaya pemulangan akibat sakit atau meninggal dunia.
  6. Bukti kecukupan dana dengan nominal minimal €573.23 untuk 10 hari perjalanan. Jika lebih dari 10 hari perjalanan, dana yang dibutuhkan per hari sebesar €70.77. Hal ini dibuktikan dengan rekening koran dan/atau dokumen pendukung lainnya.
  7. Bukti akomodasi yang di dalamnya terdapat informasi terkait akomodasi selama di Spanyol, baik berupa booking hotel, surat undangan, atau kesepakatan sewa-menyewa.
  8. Bukti kewarganegaraan yang dibuktikan dengan identitas, buku nikah, akta kelahiran bagi anak, surat kematian bagi pasangan yang sudah meninggal, dan lainnya.

Syarat Tambahan Mengajukan Visa ke Spanyol

  • Bagi pekerja, dibutuhkan kontrak kerja, rekening koran 6 bulan ke belakang, surat dari pemberi kerja/perusahaan, bukti potong pajak.
  • Bagi pebisnis atau pekerja mandiri, dibutuhkan lisensi bisnis, rekening koran perusahaan 6 bulan ke belakang, dan bukti potong pajak.
  • Bagi pelajar, dibutuhkan bukti penerimaan dan surat persetujuan meninggalkan sekolah atau universitas.
  • Bagi pensiunan, dibutuhkan surat pensiun 6 bulan ke belakang.

Cara Mengajukan Visa ke Spanyol

  1. Isi formulir pengajuan visa bagi turis dan cetak serta bubuhkan tanda tangan pada bagian akhir.
  2. Jadwalkan wawancara. Penjadwalan wawancara dapat dilakukan melalui situs resmi pihak yang bertanggung jawab terhadap administrasi pengajuan, dalam hal ini kedutaan Spanyol. Bisa juga, dilakukan dengan melakukan reservasi via telepon.
  3. Kumpulkan dokumen persyaratan.
  4. Datang wawancara dengan membawa dokumen yang telah dikumpulkan dan diatur secara berurutan. Saat wawancara, kamu akan ditanyakan terkait perjalananmu ke Spanyol dan tujuan pengajuan visa.
  5. Bayar biaya visa. Kamu diperlukan membayar biaya visa sebesar €80. Untuk anak-anak di bawah 12 tahun, dikenakan biaya sebesar €40. Untuk anak di bawah 6 tahun, bebas biaya.

Informasi Tambahan Terkait Pengajukan Visa ke Spanyol

Jika ingin pergi ke Spanyol, pastikan kamu telah melakukan pengajuan visa setidaknya 6 bulan sebelum keberangkatan dan maksimum 2 minggu sebelum keberangkatan. Visa yang telah diajukan akan diproses selama 15 hari, tetapi tidak menutup kemungkinan mencapai 30 hari atau bahkan 60 hari. Masa berlaku visa Spanyol adalah 3 bulan dalam kurun waktu 6 bulan.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Inggris, Syarat Masuk Inggris 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Spanyol

  1. Alhambra Palace, Granada

    loader

    Alhambra Palace

    Ketika pergi ke Spanyol, kamu akan mendapatkan banyak wisata kuno yang indah sekaligus bersejarah. Salah satu tempatnya ialah Alhambra Palace yang terletak di Granada.

    Bangunan kuno ini sudah dibangun sejak 1238 M dengan tujuan menjadi tempat tinggal raja dan para petinggi kerajaan. Di dalam kastil ini, terdapat taman bunga dan juga kolam air mancur. Dari kastil ini, kamu juga dapat melihat seluruh kota Granada yang indah.

    Karena telah lama berdiri, kastil ini telah menyaksikan berbagai sejarah yang terjadi di Eropa Barat. Salah satu sejarah yang disaksikannya adalah agama Islam yang berhasil menguasai wilayah Eropa Barat dalam kurun waktu yang cukup lama.

  2. Palau de la Musica Catalana

    loader

    Tempat Wisata Spanyol

    Selain bangunan kuno, pergi ke Spanyol juga menjadi unik dan berwarna jika mengunjungi salah satu gedung konser di Barcelona, yaitu Palau de la Musica Catalana. Gedung konser ini merupakan hasil konsep pemikiran arsitek Lluis Domenech i Montaner. Menjadi salah satu gedung konser yang cukup lama, gedung konser ini sudah dibangun sejak tahun 1905.

  3. Mosque-Cathedral of Cordoba

    loader

    Mosque-Cathedral of Cordoba

    Spanyol tidak hanya dikenal sebagai tempat kunonya, tetapi juga tempat-tempat bersejarah yang berbau religius. Sebab, terdapat beberapa agama yang menguasai Spanyol sehingga banyak bangunannya pun bertemakan religi, seperti Mosque-Cathedral of Cordoba.

    Kenapa namanya Mosque-Cathedral? Karena sebelumnya tempat wisata yang ada di Cordoba ini merupakan masjid yang dinamakan Mesquita. Sebab, sebelumnya Spanyol dan juga wilayah Eropa Barat lainnya pernah dikuasai agama Islam dalam kurun waktu yang cukup lama.

    Namun, bangunan tersebut sudah beralih fungsinya dari masjid menjadi katedral. Bangunan ini merupakan katedral Keuskupan Katolik Roma yang bernama Cathedral of Our Lady of the Assumption.

  4. Plaza de Toros Seville

    loader

    Plaza de Toros Seville

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Spanyol dikenal dengan bullfighting atau adu banteng. Nah, salah satu tempat terbaik untuk menonton bullfighting ini adalah Plaza de Toros Seville atau yang disebut juga dengan The Real Maestranza.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Italia, Syarat Masuk Italia 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Jalan-Jalan Tanpa Cemas dengan Asuransi Perjalanan Covid Spanyol!

Meski asuransi kesehatan tidak menjadi syarat masuk Spanyol, selama perjalanan, kamu pun tetap harus memiliki asuransi. Sebab, sakit atau kejadian apapun datang secara tak diduga-duga dan biaya untuk menanggung itu tidaklah dikit. Maka, asuransi perjalanan bertindak sebagai proteksi diri.

Memiliki asuransi perjalanan saja tidak cukup, sebaiknya kamu sekalian mencari asuransi perjalanan Covid. Meskipun kasus virus Corona sudah makin menurun, virus tersebut tetap ada di antara kita. Jika selama perjalanan kamu terpapar, biaya perawatannya akan menjadi lebih ringan.

Maka, miliki asuransi perjalanan Covid agar perjalanan kamu tidak diduduki perasaan cemas. Untuk mendapatkan asuransi perjalanan yang tepat, kamu bisa langsung kunjungi Cermati.com, ya!

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.