8 Hal yang Harus Dihindari saat Open Trip

Open trip tentu bukan hal yang baru lagi di dunia traveling. Saat ini, banyak agen yang menawarkan jasa open trip, baik di media sosial maupun blog yang bisa dipilih sesuai destinasi wisata masing-masing. Tentu, dengan budget yang terjangkau.

Open trip adalah suatu perjalanan yang dilakukan bersama orang tidak dikenal dengan tempat dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Perjalanan open trip bukan dilakukan atas persetujuan bersama dengan orang-orang yang sudah saling mengenal.

8 Hal yang Wajib Dihindari Saat Open Trip

loader

Tertarik ikut open trip dalam waktu dekat? Sebelumnya, ketahui dulu hal yang wajib dihindari saat open trip berikut agar kamu tidak menyesal nantinya.

1. Memilih Perjalanan denga Harga Terlalu Murah

Open trip menjadi opsi terbaik untuk liburan dengan harga miring. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati kepada agen yang menawarkan harga perjalanan murah, terutama apabila harganya berbeda jauh daripada agen lainnya. 

Sekilas memang menguntungkan, tapi coba cek profil agen yang bersangkutan. Jangan-jangan agen bodong?

Sebelum memutuskan untuk ikut trip, sebaiknya cek dulu profil agen tersebut. Bisa melalui sosial media, blog, dan situs resmi.

2. Pergi Sendirian

Open trip menjadi opsi yang tepat kalau kamu ingin liburan, tapi tidak punya teman. Sebab saat open trip, kamu akan bertemu orang-orang baru yang mungkin bisa menjadi teman traveling di kemudian hari.

Tapi yang namanya baru pertama kali ketemu, pasti akan ada jarak. Kamu tidak bisa menjadi diri sendiri, bahkan kalau mau minta tolong pun harus berpikir dua kali. 

Makanya, open trip enaknya sama teman. Setidaknya kamu punya teman ngobrol saat orang lain sibuk bersama rombongannya karena tidak semua orang dalam trip nekad pergi sendirian seperti kamu. 

Baca Juga: Berbagai Hal Terkait Keuangan yang Wajib Disiapkan sebelum Traveling

3. Bawa Perlengkapan Seadanya

Secara kasat mata terkesan simpel dan praktis karena bawaan sedikit, tapi ketahuilah kalau orang lain akan sibuk dengan dirinya masing-masing sesampainya di tempat tujuan. Berfoto, mandi, bersantai, menikmati pemandangan, semuanya sendirian pakai peralatan masing-masing.  

Penting untuk membawa peralatan lengkap, jadi kamu tidak perlu meminjam kepunyaan orang lain. Tinggal pakai kapanpun diinginkan. 

Beberapa peralatan yang wajib dibawa saat open trip, seperti charger, kamera, headset atau earphone, obat-obatan, peralatan mandi, dan powerbank.

4. Mengabaikan Testimoni

Agen open trip A terkenal di dunia traveling? Jangan langsung berasumsi kalau agen tersebut bagus, ya! Tetap harus baca testimoni orang lain saat memakai jasa agen karena ini cocok-cocokan. 

Si B mungkin cocok dengan agen A, tapi si C belum tentu. Dari testimoni tersebut, kamu bisa tahu apakah agen open trip akan cocok atau tidak denganmu. 

Baca testimoni sebaik mungkin agar nantinya tidak menyesal. Apalagi kalau sudah bayar lunas, maka uangmu akan hangus kalau kamu membatalkan perjalanan. 

5. Uang Saku yang Terbatas

Meskipun beberapa open trip sudah all in atau tidak dikenakan biaya tambahan lagi, namanya uang saku tetap harus disediakan. Uang ini untuk jaga-jaga kalau seandainya kamu ingin makan di luar, beli snack saat kelaparan tengah malam, maupun beli oleh-oleh.

Usahakan agar uang saku dilebihkan, barangkali hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat perjalanan. 

Sediakan uang saku dalam bentuk cash karena tidak semua destinasi wisata dekat dengan mesin ATM. Tidak semua tempat makan juga menggunakan mesin EDC untuk bertransaksi, jadi supaya perjalananmu lancar.

6. Lupa Mengurus Visa

Khusus untuk perjalanan ke luar negeri, jangan lupa mengurus VISA sebagai syarat untuk memasuki negara tertentu. Jika sampai lupa, yang ada perjalananmu malah batal total. 

VISA sendiri bisa diurus sendiri atau diurus oleh agen perjalanan. Gampangnya minta agen untuk mengurus, tapi kalau tidak tembus, maka uang tidak dapat dikembalikan.

Jika mau urus sendiri, sebaiknya luangkan waktu. Prosesnya sebentar kok asalkan dokumen disiapkan dengan lengkap. 

Baca Juga: Ingin Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini, Ya!

7. Tidak Membandingkan Agen

Saat ini banyak agen perjalanan yang membuka jasa open trip untuk kamu yang ingin jalan-jalan dengan budget terbatas. Sangkin banyaknya, terkadang malah bingung harus pilih yang mana.

Siapapun yang menjadi agen perjalananmu nanti, sebaiknya bandingkan dulu tiap-tiap agen yang menawarkan trip ke tempat impianmu. Lihat bagaimana pelayanan agen, destinasi yang dikunjungi, dan tak lupa harganya.

Penting, khususnya untuk kamu yang baru pertama kali ikut open trip. Jangan sampai zonk karena hal ini membuatmu kapok untuk ikut trip selanjutnya.

8. Terlalu Capek

Apabila hari untuk open trip sudah dekat, sebaiknya jagalah kondisi kesehatan. Tidurlah dengan cukup agar stamina saat melakukan perjalanan nanti tidak terganggu. 

Takutnya kalau terlalu capek, kamu malah sakit saat open trip dilaksanakan. Jadinya kurang berkesan, kan? Bawalah obat-obatan atau vitamin kalau merasa butuh. Jangan buat diri sendiri susah saat ingin liburan.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Pilih Waktu Open Trip dengan Teliti

Hindarilah hal-hal di atas kalau kamu mau open trip kali ini mengesankan daripada yang sebelumnya. Tak boleh lupa agar memilih waktu yang tepat untuk melakukan open trip. Usahakan agar keesokan harinya libur, jadi kamu punya spare time untuk beristirahat sebelum akhirnya kembali bekerja. Selamat liburan!

Nah, yang akan melakukan perjalanan baik itu open trip atau private trip tujuan keluar kota sampai keluar negeri, ada baiknya untuk membeli asuransi perjalanan untuk melindungi kamu dari berbagai risiko yang bisa terjadi selama perjalanan, baik itu risiko kesehatan, keamanan sampai kehilangan barang.