Asuransi Perjalanan Covid Vietnam, Syarat Masuk Vietnam 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Setelah berlakunya aturan baru perjalanan ke luar negeri selama pandemi Covid-19 ini, dimana pengunjung diperbolehkan memasuki negara tanpa harus melakukan karantina lagi dibanyak negara membuat ide travelling untuk liburan kembali menjadi pilihan favorit banyak orang.

Dengan kewajiban vaksin yang telah dilakukan oleh banyak orang dan penurunan kasus penularan Covid-19 yang semakin signifikan. Membuat banyak negara kembali membuka negaranya baik itu untuk kunjungan wisata, bisnis dan pendidikan. Tidak terkecuali Vietnam.

Sebagai salah satu negara terfavorit untuk liburan di Asia Tenggara, Vietnam juga turut menghapus kebijakan wajib karantina baik sebelum memasuki dan setelah keluar dari kawasan negara Vietnam.

Ingin segera liburan ke Vietnam? Yuk simak dulu apa saja syarat masuk Vietnam 2022 terbaru selengkapnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Syarat Umum Masuk ke Vietnam

loader
Bandara Internasional Non Bai, Vietnam

Vietnam sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki kawasan negara Vietnam. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Vietnam.

Berikut persyaratan lengkap masuk negara Vietnam 2022:

  • Mengisi Formulir Pernyataan Kesehatan sebelum memasuki negara Vietnam
  • Telah men-download apliaksi PC-Covid sebelum memasuki negara Vietnam
  • Memiliki Asuransi Perjalanan Covid-19
  • Membawa uang cash/debit sebanyak minimal US$10.000 atau Rp146.458.000 (kurs per Mei 2022)
  • Menyerahkan hasil tes negative Covid-19 dari Rapid Antigen maksimum 1x24 jam atau PCR/RT-PCR maksimum 3 X 24 jam dalam bahasa Inggris dan oleh otoritas yang berwenang di Vietnam.
  • Memiliki sertifikat vaksinasi dengan dosis kedua atau dosis pertama harus diberikan setidaknya 14 hari dan tidak lebih dari 12 bulan sebelum kedatangan. Atau, menunjukkan sertifikat pemulihan COVID-19 yang dikeluarkan dalam waktu 30 hari sebelum kedatangan.
  • Pengunjung yang belum divaksinasi atau baru menerima satu dosis vaksin. Setidaknya 14 hari sebelum kedatangan dan diwajibkan untuk dikarantina selama 7 hari di fasilitas yang disetujui pemerintah.
  • Tes saat kedatangan. Setiap pengunjung wajib menjalanani tes RT-PCR pada saat kedatangan jika belum melakukannya sebelum keberangkatan. Jika hasil positif, wajib mengikuti petunjuk petugas kesehatan dan melakukan karantina.

Wisatawan/pengunjung dari Indonesia bisa memeriksa kelayakan dan dokumen diperlukan untuk memasuki Vietnam di Situs Resmi Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta yaitu https://www.vietnameseembassy.org/

Untuk informasi syarat masuk Vietnam 2022 selengkapnya bisa klik link ini.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Korea Selatan, Syarat Masuk Korea Selatan 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Cara Mendapatkan Asuransi Perjalanan Covid untuk Syarat Masuk Vietnam 2022:

Karena memiliki perlindungan medis perjalanan merupakan syarat wajib untuk memasuki kawasan negara Vietnam, berikut cara membeli asuransi perjalanan di Cermati.com:

  • Kunjungi situs Cermati.com atau unduh aplikasi Cermati.com di smartphone kamu
  • Arahkan kursor ke pojok kanan atas halaman website
  • Klik masuk jika sudah memiliki akun
  • Klik daftar jika belum, lalu lengkapi data untuk registrasi
  • Setelah terdaftar pilih menu lapis di sebelah kiri halaman
  • Klik pada bagian asuransi
  • Pergi ke halaman asuransi perjalanan
  • Lengkapi data yang diminta (pilih tujuan perjalanan “Vietnam”) dan pilih cari sekarang
  • Pilih produk asuransi perjalanan dengan manfaat Covid-19 lalu klik beli
  • Lakukan verifikasi dan pembayaran
  • Transaksi selesai dan kini perjalanan kamu dan keluarga sudah terlindungi

Manfaat Asuransi Perjalanan Covid-19 Vietnam

loader
Manfaat Asuransi Perjalanan

Sebagai syarat utama perjalanan ke Vietnam saat ini tentu saja asuransi perjalanan Covid-19 Vietnam memiliki beberapa manfaat yang bisa diklaim ketika mengalami kendala atau risiko selama perjalanan di negara Vietnam yaitu:

  • Perlindungan Hingga Rp1,5 Miliar: Jaminan perlindungan terhadap risiko Covid-19 senilai hingga Rp1.500.000.000,- Asuransi ini juga telah memenuhi kriteria pengajuan Visa untuk perjalanan ke luar negeri
  • Cakupan Perlindungan di Seluruh Dunia: Dapatkan cakupan perlindungan untuk perjalanan domestik dan internasional di seluruh dunia
  • Jaminan Perlindungan Komprehensif: Jaminan perlindungan yang lengkap mulai dari pertanggungan biaya kecelakaan perjalanan, perawatan medis, ketidaknyamanan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi, serta jaminan tambahan lainnya
  • Biaya Premi Fleksibel: Biaya premi dihitung berdasarkan hari perjalanan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana perjalanan
  • Layanan Medis Cashless: Kemudahan memperoleh layanan medis tanpa dana tunai (cashless) di daerah atau negara tujuan perjalanan
  • Call Center 24 Jam: Tersedia layanan call center 24 jam yang siap menangani segala keluhan dan menjawab pertanyaan setiap saat

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Vietnam

Jika sudah memahami seluruh persyaratan dan syarat masuk Vietnam Terbaru, berikutnya kamu tinggal merencanakan liburan atau perjalanan mu di negara dengan ramah anggaran dan keindahan alam dan budayanya yang eksotis ini:

1. Ha Long Bay

loader
Ha Long Bay

Ha Long Bay atau yang dikenal juga dengan Teluk Ha Long merupakan salah satu destinasi wisata dengan pemandangan laut paling Indah di dunia dan telah masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Untuk merasakan keindahan maksimal dari pemandangan teluk ini, kamu bisa menggunakan perahu. Ha Long Bay juga memiliki ribuan pulau-pulau kecing yang masing-masing ditumbuhi vegetasi hutan lebat.

Memiliki petung pemandangan yang menakjubkan dari pilar-pilar batu kapur. Teluk Ha Long merupaka wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur ke Vietnam. Apalagi untuk kamu yang suka dengan pemandangan alam.

2. Kota Hue

loader
Hue City

Kota Hue atau Hue City merupakan salah satu kota paling bersejarah di Vietnam. Kota ini dipenuhi dnegna peninggalan dari pemerintah kaisar Nguyen di abad ke-19. Kota ini berlokasi di sepanjang tepi Perfume River yang juga memiliki pemandangan sungai yang Indah.

Selama di kota ini, kamu bisa mengunjungi Imperial Citadel yang terletak di dalam tembok yang membentang sejauh 2,5 kilometer dan mengunjungi Ngo Mon Gate yang cantik, atau Istana Hoa Thailand dengan detail interiornya yang bagus.

Selain itu, ada juga Makam Tu Doc dan Pagoda Thien Mu, dengan menara menjulang setinggi 21 meter.

3. Pedesaan Sa Pa

loader
Pedesaan Sa Pa

Sa Pa Village atau Pedesaan Sa Pa merupakan tempat wisata di Vietnam yang cocok untuk kamu yang on budget atau backpakers.

Sa Pa terletak di di barat laut Vietnam yang lokasinya tidak jauh dari perbatasan Cina. Wisatawan bisa melihat keindahan pemandangan dari terasering di lembah Muong Hoa, antara desa Sa Pa dan Gunung Fansipan.

Kamu juga bisa menikmati keindahan ladang Bertani Beberapa suku penduduk di lokasi setempat yaitu Hmong, Giay, Dao, Tay, dan Giay, di mana mereka menanam padi dan jagung, serta sayuran. Hijaunya dan asrinya pemandangan yang ditawarkan desa ini tentu akan sangat memanjakan matamu.

4. Mekong Delta

loader

Melkong Delta adalah tempat wisata di Vietnam Selatan yang dikenal sangat kaya dan subur akan hasil pertaniannya. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan sawah dan hutan bakau, dan penuh kehidupan lokal, dengan pasar terapung yang bisa dijelajahi dengan perahu.

Berbagai hasil pangan dijual dengan harga yang cukup mudah dan terjangkau. Cocok untuk turis asing yang ingin menikmat suasana 'pasar tradisional' ala Vietnam.

5. Taman Nasional Ba Be

loader

Taman Nasional Ba Be memiliki 3 danau yang sangat Indah dan dikelilingi oleh puncak karst bergerigi juga lereng berhutan lebat. Taman Nasional ini sukses menjadi destinasi wisata alam terfavorit di Vietnam oleh para backpakers.

Sebagian besar pengunjung datang ke sini menggunakan perahu, atau berkayak di danau. Di sini pengunjung bisa menjelajahi gua-gua penuh stalaktit dan stalagmit di sekitarnya. Wisatawan juga diperbolehkan untuk bermalam di penginapan rumah panggung tradisional Vietnam di sepanjang tepi danau.

6. Gua Phong Nha-Ke Bang

loader
Gua Phong Nha-Ke Bang

Destinasi ini terletak di gunung karst yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Gua ini memiliki pemandangan yang cukup Indah dengan pemandangan stalaktit dan stalagmitnya yang luar biasa.

Selain itu ada juga Gua Tu Lan yang merupakan "gua basah," di sini Moms bisa berenang melalui sungai dalam gua. Lokasi gua paling populer lainnya adalah Gua Phong Nha, di mana lokasinya bisa diakses dengan menggunakan perahu.

7. Hang Nga's Gueshouse

loader
Hang Nga's Gueshouse

Dikenal juga dengan sebutan “Rumah Gila”. Hang Nga's Guesthouse merupakan lokasi wisata Vietnam dengan arsitektur yang sangat tidak biasa dan juga berfungsi sebagai akomodasi di Da Lat. Desain dan struktur dari bangunan ini dirancang oleh arsitek lokal bernama Dang Viet Nga, yang dipengaruhi oleh arsitek Spanyol Gaudi.

8. Notre Dame Cathedral, Saigon

loader
Notre Dame Cathedral Saigon

Terdapat atedral Notre Dame yang menakjubkan yang terletak di kawasan kota Ho Chi Minh. Konon katanya, katedral ini dibangun pada akhir abad ke-19.

Katedral ini  dibangun dari bata, dan memiliki unsur dekorasi yang terinspirasi arsitektur Eropa pada periode waktu yang sama. Kabarnya, bahan yang digunakan dalam konstruksi katedral ini banyak yang diimpor langsung dari Perancis.Moms bisa melihat betapa hebatnya eksterior dan interior katedral ini.

9. Jembatan Tangan

loader
Jembatan Tangan

Jembatan ini menjadi salah satu destinasi wisata paling ikonik di Vietnam. Jembatan tangan ini adalah bangunan bersejarah raksasa yang dibangun di atas perbukitan Ba Na. Keindahan arsitektur jembatan tangan raksasa ini telah menarik para wisatawan dari seluruh dunia.

Jembatan ini pun sukses mendapat julukan sebagai salah satu jembatan paling indah di dunia dengan tinggi 1400 meter di atas permukaan laut. Panjang jembatan tangan ini mencapai 150 meters yang bisa menopang ribuan wisatawan setiap harinya.

10. My Son Temple

loader
My Son Temple

Disebut juga dengan Kuil Tua My Son. Kuil ini Dikelilingi oleh pegunungan yang tertutup hutan lebat, My Son adalah reruntuhan kota kuil dari abad ke-4. Bagi yang suka dengan destinasi wisata yang bersejarah wajib mengunjungi tempat ini ketika berkunjung ke negara Vietnam.

Terdapat sekitar 20 bangunan candi yang masih berdiri di tempat ini. Bangunan candi tersebut dibangun dari batu bata atau blok batu pasir. Setiap ukiran candi menunjukkan campuran budaya dari berbagai kerajaan Asia, termasuk India dan Melayu.

Dengan Asuransi Perjalanan Covid, Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan dan Covid-19 bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Jug: Asuransi Perjalanan Covid Australia, Syarat Masuk Australia 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik