Asuransi Perjalanan Covid China, Syarat Masuk China 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Mengikuti negara Asia lainnya, China juga turut perlahan-lahan membuka negaranya untuk pengunjung internasional. Meskipun belum seluruh wilayahnya, tapi sebagian besar dari wilayah China sudah bisa didatangi baik itu untuk tujuan wisata, bisnis atau pendidikan.

Sebagai negara pertama yang memiliki kasus Covid-19 tentu saja persyaratan untuk memasuki negara tirai bambu ini lebih ketat dibandingkan negara Asia lainnya. Selain persyaratan masuk utama, terdapat juga persyaratan tambahan yang harus diketahui oleh pengunjung internasional.

Ingin segera melakukan perjalanan ke China? Yuk simak dulu apa saja syarat masuk China terbaru selengkapnya.

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Masuk China 2023

loader

China sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki negara China. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara China.

Berikut persyaratan lengkap masuk negara China 2023:

  • Memiliki paspor dengan visa yang masih valid / berlaku
  • Memiliki Visa China yang masih berlaku
  • Wajib memiliki Asuransi Perjalanan
  • Telah menjalani tes RT-PCR (dengan hasil negatif) atau RAT (Self-test Kit) dalam waktu 48 jam sebelum tanggal keberangkatan mereka.
  • Menunjukkan apakah hasil tes tersebut 'Positif' atau 'Negatif' dan melengkapi Pernyataan Bea Cukai China melalui WeChat sebelum kedatangan mereka. QR code bisa diakses dengan membuka link ini https://htdecl.chinaport.gov.cn/htdeclweb/home/pages/healthDeclare/declare.html
  • Memakai masker selama penerbangan untuk mengurangi risiko infeksi.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Korea Selatan, Syarat Masuk Korea Selatan 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kebijakan Masuk China Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke China. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

Syarat Mengajukan Visa China

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan Visa China yang merupakan syarat wajib untuk memasuki negara China:

  • Persiapkan syarat dokumen berikut yang harus di-print di kertas berukuran A4 berupa:
    • Paspor asli dengan berlaku minimal 6 bulan dan memiliki minimal 2 halaman kosong.
    • Fotokopi halaman depan paspor.
    • Formulir permohonan visa. Formulir bisa didapatkan via online dengan mengakses website visaforchina.org. Lalu pilih lokasi yang sama sesuai dengan tempat kamu mengajukan visa.
    • Isi data diri yang diminta secara online dan upload foto terbaru dengan latar belakang berwarna putih. Print formulir tersebut dan sertakan 2 pas foto (33mm x 48 mm). Klik di sini untuk syarat foto lebih jelas.
    • Melampirkan Itinerary atau rencana perjalanan disertai dengan bukti tiket pesawat pulang pergi dan bukti pemesanan hotel melalui situs atau aplikasi.
    • Pemohon berusia di bawah 18 tahun harus melampirkan fotokopi akta kelahiran pemohon, fotokopi paspor orang tua, dan surat persetujuan dari orang tua yang mengizinkan perjalanan anak tanpa didampingi orang tua.
  •  Isi formulir permohonan visa secara online situs visaforchina.org. 
  • Setelah selesai mengisi formulir berikutnya datang ke visa application center untuk apply visa
  • Melakukan pembayaran. Biaya membuat visa ke Chinaadalah biaya pengajuan visa ditambah biaya layanan yakni sebagai berikut:
    • Single Entry: reguler Rp840.000,
    • Express Level 2 Rp1.394.000, dan
    • Express Level 1 Rp1.714.000.
    • Double Entries: reguler Rp1.090.000,
    • Express Level 2 Rp1.644.000, dan
    • Express Level 1 Rp1.964.000.
  • Menunggu 30 - 90 hari kerja untuk pengajuan disetujui dan menerima visa.

Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar China baik untuk syarat dan kebijakan baru masuk China dan info pengajuan dan perpanjangan visa yaitu, http://id.china-embassy.gov.cn/indo/lsqw/

Baca Juga:  Asuransi Perjalanan Covid Thailand, Syarat Masuk Thailand 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di China

Meskipun belum semua wilayan China terbuka untuk wisatawan asing, tapi bukan halangan untuk mu untuk merencanakan liburan ke China dari sekarang, walaupun berangkatnya masih nanti-nanti tapi mempersiapkan semuanya dari awal akan membuat perjalanan mu menjadi lebih lancar.

Belum punya list rekomendasi tempat wisata yang oke di China, berikut ini 10 rekomendasi destinasi wisata terpopuler dan terfavori di China yang bisa dimasukan kedalam bucket list perjalanan liburan mu nanti ke China:

1. Forbidden City

loader

Forbidden City merupakan kompleks bangunan terbesar dan terpenting di China. Istana kekaisaran ini berada di jantung Kota Beijing yang dibangun dengan kokoh simetris bercat merah yang menyimbolkan memewahan dan keberanian.

Simbolis bertambah pula mewah dari dua patung singa sebagai penjaga tempat wisata peninggalan Dinasti Ming yang kesemuanya terawat dan terjaga dalam keadaan baik

2. Summer Palace

loader

Summer Palace adalah bangunan mewah yang berdiri di lahan seluar 700 hektare, lengkap dengan taman yang indah dan danau. Terletak 15km dari kota Beijing. Istana ini merupakan tempat tinggal para Kaisar Dinasti Qing. Penduduk setempat menyebutkan bahwa Summer Palace sebagai taman kekaisaran yang diawetkan dan terbaik di dunia serta terbesar di masa China modern.

3. Museum Situs Mausoleum Kaisar Qinshihuang

loader

Museum ini menghadirkan ajaran patung para prajurit Terra-cotta dan Kuda Qin Shi Huang. Secara historis Mausoleum Kaisar Qin Shi Huang dikenal sebagai Taman Lishan dan merupakan makam kekaisaran terbesar di Tiongkok dengan benda-benda terkubur termahal.

4. Tembok Besar Cina (Great Wall)

loader

Tembok Besar China atau Wanli Changcheng merupakan sebuah benteng luas yang terdiri dari banyak tembok sejajar. Dibangun selama sekitar dua milenium melintasi China utara dan Mongolia selatan dan merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Tempat wisata terindah di China satu ini terpelihara dengan baik, sejak masa Dinasti Ming (1368–1644). Tembok ini bahkan menelusuri puncak bukit dan gunung, membentang sekitar 5.500 mil atau 8.850 km timur ke barat dari Gunung Hu dekat Dandong, provinsi Liaoning tenggara, hingga Jiayu Pass di barat Jiuquan , Provinsi Gansu.

5. Jingshan Park

loader

Jingshan Park adalah taman lanskap kerajaan yang indah. Meliputi area seluas 57 hektar, dan menghadap gerbang utara Kota Terlarang. Ketika kamu pergi ke puncaknya, kamu bisa mendapatkan pemandangan Kota Terlarang secara utuh dan jelas. Taman Jingshan berfungsi sebagai taman kekaisaran selama Dinasti Yuan (1271-1368), Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911).

6. Potala Palace

loader

Istana Potala dibangun sebagai benteng dan tempat tinggal keluarga kerajaan. Terdapat kuil-kuil penting dan aula untuk kepentingan agama. Istana Potala adalah benteng dzong di Lhasa, Tibet, China. Potala Palace adalah istana musim dingin Dalai Lama dari 1649 hingga 1959. Semenjak itu pula telah menjadi museum dan telah menjadi Situs Warisan Dunia sejak 1994.

7. Lembah Jiuzhai

loader

Jiuzhaigou atau Lembah Jiuzhai adalah negeri dongeng yang begitu indah. Menampilkan pemandangan alam yang menawan dari danau berwarna-warni, air terjun yang spektakuler, dan pegunungan. Sangat cocok bagi yang tengah mencari tempat wisata terindah di China yang menenangkan dan tidak sepadat kota wisata Beijing dan Shanghai.

8. Research Base of Giant Panda Breeding

loader

Disini kamu bisa melihat 80 panda yang menggemaskan. Karena tempat ini merupakan penangkaran untuk salah satu hewan langka sekaligus simbol untuk perdamaian dunia, beruang Panda. Terletak di Chengdu, disini kamu tidak hanya bisa melihat, tapi juga bisa menyentuh, berinteraksi bahkan mencoba menggendong bayi panda.

9. Taman Klasik Suzhou

loader

Taman ini merupakan salah satu taman bersejarah yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Klasik Suzhou ini telah berdiri lebih dari seribu tahun sejak Song Utara hingga Dinasti Qing ini dibangun oleh para cendekiawan dengan konstruksi standar ala taman Tiongkok yang terinspirasi dari bebatuan, lembah dan sungai dan penempatan paviliun dan pagoda yang tertata.

10. The Coiling Dragon Cliff Skywalk

loader

Untuk yang hobi menguji adrenalin dengan hal-hal ekstrim, destinasi wisata ini bisa jadi pilihan. The Coiling Dragon Cliff skywalk adalah jalur sepanjang 100 meter yang menempel di sisi Gunung Tianmen di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie, provinsi Hunan di China.

Tempat wisata terindah di China ini menawarkan pemandangan yang memusingkan dengan wilayah ketinggian di sekitarnya, dan jalanan turun yang vertikal di bawahnya. Jalan setapak ini memiliki total 99 lilitan yang mengular lapisan itu satu demi satu.

Estimasi Biaya Liburan ke China

Jangan asal liburan kalau dananya belum siap. Jangan asal liburan juga jika hanya asal-asalan dalam menyiapkan biaya liburan. Persiapan dana liburan yang matang akan membuat liburan kamu turut berjalan lancer.

Nah, yang sudah siap untuk liburan ke China, berikut perincian perkiraan biaya yang bisa dipersiapkan untuk biaya liburan selama 4 hari 3 malam:

  • Harga mengurus visa: Rp816.000
  • Harga tike pesawat pulang-pergi sekitar Rp 4- Rp5 juta
  • Biaya penginapan hotel sekitar Rp 2- Rp3 juta untuk untuk 4 hari 3 malam untuk hotel bintang 3
  • Biaya transportasi sekitar Rp200.000 – Rp400.000
  • Biaya makan sekitar Rp500.000 – Rp1 juta
  • Biaya memasuki tempat wisata sekitar Rp200.000 – Rp300.000

Jika diakumulasikan secara kasar setidaknya kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp7 – Rp8 juta untuk liburan selama 4 hari 3 malam di China. Untuk menghemat budget, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Mengikuti paket tour yang harganya sudah include pembuatan visa, tiket pulang-pergi, biaya hotel, makan dan tour wisata
  • Menginap dihotel bintang 3 yang lebih murah atau yang bekerja sama dengan kartu kredit sehingga bisa mencari atau apakah ada diskon spesial atau yang sedang melakukan promo.
  • Tidak berlibur di musim liburan.
  • Hindari makan di tempat makan bertipe restauran karena harga makanan lebih mahal dan ada tax service
  • Gunakan system makan tengah jika liburan dengan teman mu
  • Hindari terlalu banyak memesan makan dengan cara delivery karena akan dibebankan tips kurir makanan dan biaya antar.
  • Mengunjungi tempat wisata yang gratis atau tiket masuknya dibawah Rp50 ribu.
  • Menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta.

Jika kamu bisa melakukan hal di atas setidaknya kamu bisa menekan budget liburan setidaknya sampai Rp500.000 - Rp1 juta lebih murah dari persiapan biaya awal.

Jangan Lupa Asuransi Perjalanan Agar Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada disetiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga:  Asuransi Perjalanan Covid Arab Saudi, Syarat Masuk Arab Saudi 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik