Asyik, Bisa Dapat Cashback. Simak Tips dan Cara Bayar Sekolah Via E-Commerce

Tak bisa dipungkiri, saat ini e-commerce sudah menjadi andalan semua kalangan, mulai dari dewasa bahkan anak kecil sekalipun baik wanita dan juga pria.

Pada umumnya, mereka menggunakan e-commerce untuk belanja online, akan tetapi Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran di e-commerce. Misalnya bayar tagihan air atau listrik, iuran BPJS, Wi-Fi, PBB, kartu kredit dan lainnya.

Guna meningkatkan pelayanan konsumen dan memenuhi kebutuhan masyarakat, belum lama ini e-commerce sudah menambah fitur baru, yaitu masyarakat bisa membayar pendidikan atau SSP sekolah anak untuk semua jenjang mulai dari TK hingga kuliah.

Bukan hanya itu saja, masyarakat juga bisa membayar tagihan les privat anak, asalkan tempat les atau institusi kursus yang bersangkutan sudah terdaftar di e-commerce tersebut.

Hal ini tentunya menajadi kabar yang menyenangkan bagi para orangtua, sebab e-commerce bisa memberikan voucher potongan biaya atau cashback hingga ratusan ribu rupiah atau koin yang bisa ditukarkan kembali dengan voucher belanja lainnya. Jadi, biaya sekolah anak bisa makin hemat dan uangnya bisa dibelanjakan untuk kebutuhan yang lain atau disimpan kembali.

Bagi yang belum tahu dan penasaran, berikut ini cara bayar SPP Sekolah di beberapa e-commerce yang telah Cermati.com rangkum. Simak ulasannya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Bayar Biaya Sekolah di Shopee

shopee
Caya bayar biaya sekolah via shopee.co.id

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik bagian Pulsa, Tagihan dan Hiburan
  3. Klik Biaya Pendidikan pada bagian Tagihan
  4. Masukkan Nomor Pembayarn dengan cara:
  • Masukkan kombinasi kode institusi yang terdaftar + NIM/NIS/NPM
  • Atau juga bisa dengan masukkan nomor Virtual Account Bank Mandiri yang telah diberikan oleh masing-masing institusi pendidikan
  • Atau ada beberapa institusi pendidikan yang hanya memerlukan NIM saja sebagai Nomor pembayaran
  • Atau menggunakan Virtual Account Number dari aplikasi siAkad dengan cara:
  1. Buka aplikasi siAkad.
  2. Masukkan nama pengguna dan kata sandi.
  3. Pilih menu Riwayat Tagihan.
  4. Pilih Tagihan yang ingin dibayar.
  5. Klik tombol Generate Virtual Account.
  6. Setelah itu, pilih institusi pendidikan
  7. Klaim voucher yang ada
  8. Klik Lihat Tagihan
  9. Pastikan cek kembali tagihan yang tertera sudah benar
  10. Pilih Metode Pembayaran yang bekerjasama fitur Pendidikan, yaitu Shopeepay, Indomaret, Alfamart, Virtual Account (BCA, Mandiri, BNI, dan BRI), dan Kartu Kredit.
  11. Apabila status pesanan telah Selesai, Anda dapat mencetak struk pembayaran dengan klik Download Struk Pembayaran.

Cara Bayar Biaya Sekolah di Tokopedia

tokopedia
Cara bayar biaya sekolah via tokopedia.com

  1. Buka aplikasi Tokopedia
  2. Klik icon Pilih Semua
  3. Klik Pendidikan
  4. Klik Biaya Pendidikan
  5. Pilih Cluster antara Kursus, Sekolah atau Perguruan Tinggi
  6. Pilih Institusi Pendidikan
  7. Masukkan Nomor Pembayaran atau Nomor Mahasiswa yang telah diberikah olah institusi pendidikan yang sudah terdaftar
  8. Masukan kode promo yang ada
  9. Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran.
  10. Setelah transaksi berhasil link bukti pembayaran akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terverifikasi di akun Tokopedia Anda & Kamu juga bisa melihat notifikasi melalui e-mail yang terdaftar di Akun Tokopedia milikmu.
  11. Pastikan nomor handphone dan e-mail yang digunakan untuk pembayaran dalam keadaan aktif.

Baca Juga: Target Nabung Biaya Pendidikan Anak Tak Tercapai, Apa yang Salah?

Tips Bayar Pendidikan di E-Commerce

Sama saja halnya seperti belanja di e-commerce pada umumnya, tapi ada beberapa tips bayar pendidikan di e-commerce yang bisa Anda lakukan agar lebih hemat dan aman, antara lain:

1. Catat Biaya Pendidikan

Mencatat segala hal yang penting sangat diperlukan termasuk dalam mencatat biaya pendidikan. Orangtua perlu mencatat semua biaya pendidikan anak mulai dari biaya SPP hingga kursus. Dengan begitu, orangtua lebih mudah menyiapkan uang untuk membayar tagihan pendidikan anak.

2. Pastikan Saldo Cukup

Di e-commerce, Anda bisa melakukan pembayaran biaya pendidikan lewat Virtual Account atau melalui dompet digital yang disediakan oleh e-commerce tersebut (Shopee pay atau OVO). Agar pembayaran biaya pendidikan bisa lebih cepat, pastikan saldo yang terdapat di rekening atau di Shopee pay atau OVO sudah mencukupi untuk pembayaran semua biaya pendidikan

5. Bayar Saat E-Commerce Berikan Promo

Membayar biaya pendidikan lewat e-commerce bisa diandalkan, apalagi e-commerce sering memberikan promo dalam bentuk voucher cashback atau poin yang bisa ditukar. Anda bisa membayar biaya pendidikan ini disaat e-commerce yang Anda gunakan memberikan voucher. Hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran dalam pos pendidikan anak.

Untuk lebih mudah mengetahui voucher pendidikan ini, Anda bisa sesering mungkin lihat kumpulan voucher yang Anda miliki di e-commerce yang digunakan atau tak ada salahnya juga menanyakan voucher kepada customer service di masing-masing e-commerce.

Baca Juga: Penasaran Belanja Sembako Online Murah? Yuk Berburu di 6 e-Commerce Ini

4. Bayar Biaya Pendidikan Tepat Waktu

Menunda pembayaran hanya akan membuat tagihan Anda menjadi menumpuk. Hindari hal ini dengan membayar biaya pendidikan dengan tepat waktu. Hal ini juga akan membuat keuangan tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Jika perlu, Anda lingkari tanggal bayar pendidikan pada kalender di rumah atau memberikan catatan di kalender smartphone Anda.

5. Amankan PIN Saat Melakukan Pembayaran

Ketika ingin melakukan transaksi biaya pendidikan, baik menggunakan Shopeepay atau OVO atau bank transfer, pastinya Anda akan memasukan kode PIN milik Anda. Sebaiknya, jaga kerahasian PIN tersebut dan jangan sampai ada orang lain yang tahu agar uang yang ada di Shopeepay, OVO atau rekening tetap aman.

Manfaatkan E-Commerce dengan Bijak

E-commerce memang memberikan masyarakat banyak kemudahan. Bukan hanya berbagai store online saja, tapi juga menghadirkan berbagai macam fitur atau layanan tagihan. Jika Anda memanfaatkan e-commerce dengan bijak sesuai dengan kondisi keuangan, maka Anda akan mendapatkan pengeluaran bulanan lebih hemat

Baca Juga: Siapa Bilang Promo Flash Sale E-Commerce Bikin Boros? Terapkan Tips ini Agar Tetap Hemat