Nomor PIN Anda Tidak Ingin Dibobol? Perhatikan Hal Ini

Ada banyak ulasan mengenai teknik pencurian data pribadi melalui metode phishing yang marak terjadi di tengah masyarakat. Hal yang paling penting agar terhindar dari pembobolan online dan pencurian data-data pribadi adalah dengan selalu waspada dan menjaga username, password, PIN dan kode OTP dengan baik. 

Menyoal kode rahasia atau personal identification number (PIN), artikel kali ini akan membahas tentang tips membuat PIN  yang aman agar terhindari dari modus kejahatan siber. 

Kenapa PIN itu penting? apabila Anda ceroboh dan tidak menjaga kerahasiaan PIN dan tidak memiliki PIN yang kuat, Anda bisa menjadi korban phishing ataupun kejahatan siber lainnya.

Apalagi salah satu modus paling banyak menjadi penyebab kejahatan kehilangan uang di rekening adalah akibat pengelolaan PIN yang tidak benar. Misalnya, kombinasi PIN yang mudah ditebak, penyimpanan nomor PIN yang tidak aman, dan beberapa kebiasaan lain yang memungkinkan kartu ATM maupun kartu kredit mudah 'dibajak' maling.

Uang yang Anda miliki dan tersimpan di rekening bank harus Anda jaga keamanannya, misalnya tidak membuat PIN ATM / PIN kartu kredit sembarangan, tidak buat PIN dan password internet banking asal-asalan agar saldo rekening, dompet digital dan kartu kredit tetap aman.

Yuk mari kita simak uraian lengkap tentang tips aman membuat dan menjaga kode PIN kartu debit, kartu kredit ataupun paylater berikut ini.

Baca Juga : Waduh, Spear Phishing Merajalela! Ini Lho 3 Modus Phishing dan Tips Menghindarinya

Metode Data Generik untuk Analisa Kombinasi PIN

Selalu jaga kerahasiaan PIN Anda

Kombinasi nomor PIN ATM menjadi sesuatu yang menarik untuk dianalisa. Bahkan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang data generik merilis temuan tentang kecenderungan orang alam membuat kombinasi PIN. Merka menganalisa potensi risiko dan tingkat keamanan PIN tersebut terkait dengan sejumlah data pelanggaran keamanan/pencurian data.

Kalau Anda cermati, umumnya standar PIN dibuat dalam bentuk data 4 digit angka. Dengan kombinasi 4 digit ini, ada 10.000 kemungkinan kombinasi angka 0-9. Nick Berry, salah seorang analis dari perusahaan data generik tersebut menganalisa berbagai metode kombinasi angka untuk menentukan kombinasi yang paling susah dan paling gampang ditebak.

Ada beberapa analisa menarik terkait kombinasi angka PIN tersebut yang perlu Anda ketahui, meliputi: kode PIN paling populer digunakan oleh nasabah bank, kesalahan umum dan mendasar yang sering terjadi dalam membuat dan mengelola PIN, kode PIN yang paling susah ditebak, bahkan sampai dengan hasil survei terhadap perilaku nasabah dalam menggunakan dan merawat PIN ATM mereka.

Hasil Temuan Kombinasi Kode PIN Berdasar Analisa Data Generik

Berdasarkan penelitian dan survey tentang kombinasi PIN untuk ATM yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, ditemukan informasi menarik yang perlu menjadi perhatian kita semua:

  • Seseorang yang menggunakan password 4 digit untuk sebuah akun online atau website, kemungkinan akan menggunakan kode yang sama untuk PIN ATM bank mereka.
  • Sekitar 10,71% dari 3,4 juta password empat digit yang dianalisanya adalah: 1234. Password paling favorit di posisi kedua adalah 1111 (6%), diikuti 0000 (1,88%).
  • Hasil survei sebelumnya terdapat laporan daftar password yang paling sering digunakan dan ternyata: 123456 merupakan pilihan terbanyak pengguna di dunia.
  • Sekitar 26,83% password dapat ditebak dengan mencoba 20 kemungkinan saja. Hal ini cukup mengejutkan, betapa mudahnya menebak password-password tersebut. (Penyebabnya) kita terkadang tidak mau bersusah payah untuk mengingat dan tidak ada yang berpikir bahwa (suatu saat) seseorang akan mencuri uang di rekening kita.

Berdasar hasil survei di atas, Anda bisa mulai belajar bagaimana seharusnya membuat kombinasi kode PIN yang baik. Kebiasaan nasabah pada umumnya dalam menggunakan dan membuat password bisa jadi bahan renungan.

Oleh sebab itu, membuat PIN  yang kuat, tidak mudah di tebak dan merawat alias mengupdatenya itu penting di zaman serba digital saat ini. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat Password yang Tak Mudah Diretas Penjahat Siber

Kode PIN Paling Populer dan Paling Umum Digunakan

Ilustrasi memencet PIN  pada mesin ATM 

Mungkin seseorang berpikir bahwa saldo rekening mereka tidaklah banyak sehingga buat apa sih susah-susah membuat kombinasi PIN. Toh PIN yang rumit yang justru akan membuat sering lupa dan malah merepotkan sendiri nantinya. Persepsi seperti ini jelas kurang tepat dan membahayakan sistem keamanan pribadi rekening Anda.

Persepsi keliru tersebut telah mendorong beberapa tindakan berikut ini:

  • Kode PIN terpopuler '1234' masih lebih sering digunakan dibanding gabungan keseluruhan 4.200 kode PIN yang paling tidak populer. Sepertinya orang begitu malas untuk menciptakan kode rahasia. 28% memilih kode PIN: 12345.
  • Untuk kombinasi kode 7 angka, kode yang paling popular di posisi keempat adalah: 8675309.
  • Ada kecenderungan orang menyukai penggunaan angka berpasangan untuk PIN: 4545, 1313 dll. Anehnya, mereka tidak menyukai penggunaan angka yang berjauhan. Kombinasi angka 45 dan 67 lebih sering digunakan dibanding 29 atau 37.
  • Temuan lainnya yang cukup mengejutkan adalah penggunaan PIN: 2580. PIN ini menempati posisi ke-22 sebagai PIN yang paling sering digunakan. Meski PIN ini terkesan acak, jika Anda melihat tombol pesawat telepon atau tombol ATM, akan terlihat bahwa keempat angka ini membentuk pola garis lurus di deretan tengah. Suatu bukti lagi, betapa malasnya kita dalam menciptakan PIN yang tidak mudah ditebak.

Kode PIN angka berurutan, seperti 1234, atau angka selang seling seperti 4545 ternyata paling populer dipakai namun sekaligus paling rawan untuk dibobol atau diretas orang.

Sekarang, coba cek PIN ATM Anda, apakah masuk kategori rawan tersebut? Jika iya segera perbaiki, dan jangan lupa untuk mempelajari kesalahan umum lainnya dalam mengelola PIN.

Baca Juga: Marak Pencurian Data Pribadi, Begini Cara Jaga Data dan Cara Lapornya!

Hindari Menggunakan Tanggal, Bulan dan Tahun Sebagai PIN

Jangan lagi menggunakan tanggal lahir dan tahun sebagai PIN  

Untuk menghindari lupa kode PIN, maka banyak di antara kita menggunakan tanggal atau huruf yang mudah untuk kita ingat. Sebenarnya hal tersebut memang dianjurkan, namun yang menjadi masalah adalah kode tersebut sering disamakan dengan tanggal penting yang banyak juga diketahui oleh orang lain seperti tanggal kelahiran, tanggal pernikahan, dll.

Padahal, bila menggunakan tahun, mulai dengan 19_ _, dapat membantu untuk mengingat kode rahasia kita, tetapi jelas sangat mudah ditebak.

Penggunaan kode PIN dengan tanggal lahir yang ada di tanda pengenal menjadi semakin berbahaya manakala terjadi suatu kesalahan yang fatal karena bila Anda kehilangan dompet, SIM dan KTP Anda juga ada di dalamnya.

Jika seseorang menemukan dompet Anda, mereka dipastikan dapat juga mengetahui tanggal lahir Anda. Bila ingin menggunakan tanggal lahir sebagai kode PIN, setidaknya Anda mesti menggunakan tanggal lahir orang lain, misalnya orang tua Anda. Jadi, sudah jelas bahwa kode PIN yang menggunakan tanggal lahir punya resiko besar. Untuk menghindari hal itu ada baiknya Anda pelajari kode PIN paling susah ditebak.

Baca Juga: Hati-Hati dengan phishing, Simak 9 Cara Menangkal dan Tips Melaporkannya  

Tips Buat Kode PIN yang Sulit Ditebak

Menggunakan PIN yang Sulit Ditebak 

Sebenarnya untuk membuat kode PIN yang susah ditebak, tidak ada rumusan baku. Adapun per 1 Juli 2020, transaksi dengan kartu kredit juga wajib menggunakan PIN. 

Anda bisa membuat PIN baru di Mesin ATM ataupun via online (mobile/internet banking). Apabila harus dilakukan langsung di depan mesin ATM, pastikan tidak ada orang di sekitar Anda saat membuat PIN. Kini, PIN bisa dalam bentuk “angka” baik 4 digit ataupun 6 digit, maupun kombinasi antara angka dan huruf.

Demi keamanan transaksi keuangan Anda, berikut tips praktis dan mudah membuat PIN kartu debit/kartu kredit maupun PIN paylater/dompet digital yang penting disimak.

1.Hindari menggunakan urutan angka seperti 1234, 5678, ataupun 123456 dan seterusnya.

2. Hindari repetisi angka. Misalnya, 123123 atau 000000.

3. Hindari membuat PIN kartu debit sama dengan kartu kredit, paylater dan lainsebagainya.

4. Hindari buat PIN sama dengan PIN orang lain. Misalnya, PIN suami dibuat sama dengan PIN istri.

5. Hindari menggunakan pola DDMMYY (Day/Month/Year).

6. Hindari membuat PIN dengan angka-angka yang menggambarkan tanggal, bulan, dan hari kelahiran kita, keluarga kita, atau mungkin kekasih kita karena angka-angka ini sangat mudah diduga-duga oleh orang yang berniat jahat.

7.Hindari membuat PIN yang menyangkut nomor rumah/RT/RW tempat tinggal. Angka-angka ini ternyata mudah ditebak penjahat siber.

8. Hindari PIN yang berkaitan dengan nomor ponsel/telepon rumah/extension kantor.

9. Gunakan angka 0 sampai 9 secara acak dan susah di tebak oleh orang lain, termasuk oleh orang terdekat Anda.

10.Rahasiakan PIN dan jangan infokan PIN Anda kepada siapa pun (termasuk kepada keluarga sendiri).

11.Mohon hafalkan PIN Anda sendiri.

12.Apabila PIN adalah kombinasi huruf dengan angka, hindari membuat PIN yang menggunakan nama asli/nama panggilan/nama keluarga/nama pacar hingga nama kantor. Hal ini kemungkinan bisa dengan mudah di tebak.

13. Biasakan cek kembali dan ambil kartu debit Anda setelah transaksi di mesin ATM. Jangan lupa untuk cek log-out setelah membuka internet/mobile banking.

14. Jangan pernah bagikan PIN dan Kode Otentikasi (OTP) yang Anda terima melalui SMS.Ada banyak penipuan online, modus tawaran hadiah atau petugas bank/dompet digital/e-commerce. Hati-hati ya!

Jangan Lakukan Kesalahan Umum Mengelola PIN

Kesalahan dalam mengelola seringkali tidak hanya diakibatkan oleh kombinasi PIN yang mudah ditebak, namun juga diakibatkan oleh penyimpanan yang tidak tepat. Beberapa kesalahan yang sering terjadi misalnya:

  • Menuliskan PIN di kartu ATM-nya.
  • Menyimpan nomor PIN di dompet, nomor ponsel, di catatan ponsel dengan judul yang sangat jelas. 
  • Menyuruh orang untuk mengambilkan uang di ATM dengan memberi tahu nomor PIN-nya.
  • Membocorkan PIN kepada pihak-pihak yang mengaku dari bank maupun perusahaan lainnya. 
  • Malas melakukan update atau ganti PIN secara berkala, yakni minimum per 6 bulan sekali. 
  • Mudah percaya dengan orang lain sehingga tidak merahasiakan PIN yang dimiliki. 
  • Selalu ingat ya,  kemalasan atau sikap menggampangkan sesuatu terkadang bisa berakibat fatal.

Segera Update PIN  Anda

Memang banyak nasabah yang belum menyadari bahwa PIN, password, kode OTP  itu penting untuk dijaga dan sifatnya rahasia. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai menjaga dan mengelola PIN ATM dengan baik. Yuk mulai ganti dan update PIN Anda dengan tips-tips diatas biar lebih aman. 

Baca Juga: Waspadai 7 Modus Penipuan Online Zaman Now dan Cara Menghindarinya