Aturan WhatsApp Terbaru Bikin Resah, Coba 7 Aplikasi Chatting yang Bisa Jadi Alternatif

Belum lama ini masyarakat pengguna WhatsApp menerima pesan otomatis dari pihak tim pengelola aplikasi chatting tersebut. Isi pesannya berupa bagi masyarakat yang ingin menggunakan WhatsApp ke depannya, pengguna wajib mengklik ‘Setuju’ untuk membagikan data mereka dengan perusahaan induknya, yaitu Facebook.

Aturan baru WhatsApp menyebutkan beberapa data yang dibagikan ke Facebook mulai dari nomor telepon, alamat IP, serta informasi perangkat seluler pengguna akan dibagikan. Itu artinya, akan mencakup informasi pendaftaran akun (seperti nomor telepon), data transaksi, informasi yang terkait dengan layanan, informasi mengenai cara berinteraksi dengan pengguna lain (termasuk bisnis) ketika menggunakan layanan.

Rencananya, pembaharuan terms of service atau persyaratan layanan dan privacy policy atau kebijakan privasi pada WhatsApp ini akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021 mendatang. Jika pengguna tidak menyetujui kebijakan baru WhatsApp hingga waktu yang telah ditentukan tersebut, maka pengguna harus rela menghapus akun WhatsApp-nya.

Kebijakan baru WhatsApp ini sontak membuat sebagian pengguna kesal dan resah karena tak setuju dengan pembaharuan tersebut. Alhasil, sebagian dari pengguna juga membagikan unek-uneknya di berbagai media sosial, seperti insta story Instagram, status Facebook dan lainnya.

Bahkan, banyak yang mulai berpikir untuk pindah ke aplikasi chatting selain WhatsApp. Lantas, aplikasi chatting apa saja yang bisa dijadikan sebagai alternatif?

Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Line

line

Line merupakan aplikasi chatting yang dibuat oleh LINE Corporation yang berada di Jepang. Line ini juga menjadi aplikasi chatting favorit sebagian besar orang, terutama kalangan muda. Hal ini dikarenakan, selain berbagi pesan, foto, video dan lokasi, Line menyediakan fitur emoji hingga stiker yang sangat lucu-lucu.  Pengguna Line juga bisa melakukan voice note atau video call melalui smartphone atau PC. 

Agar pengguna bisa mengakses Line, ada beberapa izin aplikasi, yaitu kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan dan telepon.

2. Signal

signal
Signal

Keresahan terhadap pembaharuan kebijakan WhatsApp ini juga dirasakan tokoh terkenal, seperti Elon Musk. Bahkan, ia menyarankan untuk mengganti WhatsApp ke aplikasi Signal. Seruannya ini, ia tulis langsung di akun Twitternya.

Signal merupakan aplikasi chatting yang dirancang mulai dari tahun 2014. Pada akhir 2020, aplikasi ini sudah semakin canggih dengan penambahan fitur panggilan suara dan video di aplikasi versi PC dan i-Pad.

Menyoal keamanan pengguna tak perlu khawatir, sebab untuk mengakses aplikasi Signal ini, pengelola hanya meminta nomot telepon pengguna. Ini tentunya menjadi satu-satunya data pengguna yang diminta. Sementara data lain seperti, pesan, stiker dan lainnya yang dikirim antar pengguna perusahaan tidak mengumpulkan.

3. Telegram

telegram
Telegram

Aplikasi chatting Telegram ini juga sempat ramai digunakan banyak kalangan. Fiturnya hampir sama seperti WhatsApp, yaitu bisa berbgai pesan interaktif di kolom private atau grup, stiker, GIF, gambar atau foto hingga video.

Namun, ada yang membedakan antar kedua aplikasi chatting ini, yaitu pengguna Telegram bisa bermain game melalui chat bot seperti Werewolf, Famili 100, UNO dan masih banyak game lainnya. Ini tentunya membuat pengguna ada hiburan tambahan.

Baca Juga: Patut Dicoba! ini 6 Aplikasi Edit Foto Andalan Selebgram

4. WeChat

wechat
WeChat

Aplikasi WeChat ini sempat booming pada saat baru muncul di tengah-tengah masyarakat. Sebab, ada keunikan pada fitur WeChat, yaitu pengguna bisa langsung terhubung dengan orang yang lokasi berdekatan. Jadi, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan teman baru hanya dengan shake smartphone.

Sementara fitur umum lain dari WeChat ini, di antaranya berbagi pesan, panggilan video, pesan suara, stiker, grup dan masih banyak lainnya.

5. Callind (Calling Indonesia)

callind
Calling Indonesia

Bukan hanya dari luar negeri, namun aplikasi chatting ini juga ada yang berasal dari buatan anak dalam negeri, yaitu aplikasi Callind atau Calling Indonesia. Aplikasi chatting ini, dibuat oleh Novi Wahyuningsih yang dirilis sejak Mei 2016.

Tak kalah menarik dari aplikasi chatting lainnya. Pada aplikasi Calling menyediakan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna, mulai dari mengirim pesan, telepon, video call, dan dokumen lainnya. Menariknya lagi, pengguna bisa juga memasang iklan dan layanan jual beli produk di Callind.

6. Viber Messenger

viber
Viber Messenger

Viber Messenger merupakan aplikasi hasil kolaborasi dari BBM dan WhatsApp. Maka, masyarakat tidak akan heran karena hampir semua fitur ada pada aplikasi ini, seperti mengirim pesan, video call, voice note, stiker, gambar atau dokumen lainnya, menghapus pesan dan sebagainya.

Adapun fitur yang membuat Viber juga patut dicoba, yaitu Viber memiliki fitur secret chat sehingga pesan rahasia antara teman akan aman terjaga karena setiap pesan yang dikirimkan akan terhapis dalam waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Awas! Jangan Asal Download, 24 Aplikasi Android ini Berbahaya

7. Hangouts

hangouts
Hangouts

Pengguna smartphone pastinya tidak heran dengan aplikasi Hangouts ini, karena aplikasi chatting ini sudah terpasang otomatis pada smartphone. Hangouts merupakan aplikasi yang diciptakan langsung oleh Developer Google LLC.

Sama seperti lainnya, Hanghouts menyediakan berbagai fitur, mulai dari chatting, emoji, stiker, video call hingga berbagi file lainnya. Aplikasi chatting ini sudah terintegrasi langsung dengan Google+ termasuk gmail yang pengguna daftarkan pada smartphone. Dengan begitu, Hangout menjadi salah satu aplikasi yang sangat aman digunakan.

Pilih Aplikasi Chatting yang Tepat

Anda tidak perlu bingung dengan banyaknya jumlah aplikasi chatting. Pilihlah aplikasi chatting yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan dan bandingkan berbagai fitur yang ditawarkan setiap aplikasi chatting, kemudian pilihlah aplikasi chatting yang fiturnya paling lengkap. Selain itu, perhatikan juga apa saja perizinan aplikasi untuk mengakses aplikasi chatting tersebut.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran