Hp Rusak Saatnya Ganti Baru, Ini 8 Tips Beli Smartphone Online

Hampir semua orang tidak bisa lepas dari smartphone miliknya. Hal yang sangat wajar karena kehadiran smartphone memberi kemudahan bagi aktivitas manusia, bahkan kini manusia bisa bekerja secara multitasking hanya lewat smartphone. Namun ketika smartphone sudah rusak karena pemakaian yang sudah terlalu lama atau terjatuh, mau nggak mau harus ganti smartphone baru demi aktivitas bisa berjalan normal.

Jika biasanya kebanyakan orang ketika membeli smartphone lebih memilih untuk datang langsung ke toko karena bisa melihat langsung produknya, akan tetapi di masa new normal karena pandemi corona ini masih banyak toko smartphone yang masih tutup. Untuk itu, membeli smartphone secara online menjadi pilihan yang tepat.

Agar tak salah pilih dan terhindar dari penipuan toko online, Cermati.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa tips beli smartphone secara online di masa new normal. Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari Tipe Smartphone yang Diinginkan

hp
Cari tipe smartphone yang diinginkan

Tipe-tipe smartphone bertambah banyak seiring dengan berkembangnya zaman. Sudahkah Anda memutuskan tipe seperti apa yang diinginkan? Prosesnya mungkin tidak mudah, karena perlu membandingkan pro dan kontra dari berbagai tipe smartphone sekaligus.

Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Bila tujuannya untuk fotografi, maka pilih smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera bagus. Sementara untuk bekerja, pilih yang kinerja processor bagus dengan kapasitas RAM yang besar.

2. Cek Spesifikasi Smartphone Incaran

Selagi mencari tipe yang diinginkan, Anda bisa sekaligus mengecek spesifikasi smartphone incaran. Mulai dari processor, kapasitas RAM, sistem operasi, memori eksternal, dan lain sebagainya. Spesifikasi bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone.

Jangan lupa untuk membandingkan antara satu tipe smartphone dengan tipe lain dari merek yang berbeda. Karena bisa saja spesifikasi sama, tapi harganya berbeda karena berbeda merek. Anda mesti jeli melakukan ini agar tidak merasa dirugikan setelah menentukan pilihan.

3. Pertimbangkan Layar yang Berkualitas

Pada kenyataannya, banyak yang mengabaikan kondisi dan kualitas layar saat membeli smartphone baru. Padahal kualitas layar cukup berpengaruh pada tingkat kenyamanan saat menggunakan smartphone. Sebagus atau secanggih apapun spesifikasi suatu smartphone, tapi kalau layarnya jelek maka kamu tidak bisa menikmati gambar atau video yang berkualitas.

Carilah smartphone yang menggunakan layar dengan kualitas terbaik, seperti IPS, yang sudah dilengkapi dengan resolusi HD. Tidak kalah penting adalah smartphone harus memiliki pelindung layar atau anti gores bawaan agar layar selalu aman saat digunakan.

4. Durabilitas Baterai

batre
Durabilitas baterai

Baterai merupakan komponen smartphone yang tidak kalah penting dalam tips membeli smartphone ini. Besar atau kecilnya baterai yang digunakan sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya layar smartphone itu sendiri. Namun tidak perlu khawatir, karena ukuran baterai sama sekali tidak merusak estetik smartphone karena letaknya di dalam.

Pastikan kapasitas baterai dan waktu untuk mengisi daya. Saat ini, beberapa smartphone telah dilengkapi dengan fitur fast charging untuk mempercepat proses pengisian daya. Jika merasa butuh, Anda bisa membeli smartphone dengan fitur ini.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas

5. Fitur Tambahan yang Dibutuhkan

Sejatinya semakin lengkap fitur yang ada pada sebuah smartphone, maka semakin mahal pula harganya. Namun berkat fitur yang lengkap, setidaknya Anda merasa nyaman saat menggunakan smartphone tersebut. Apalagi kalau ada fitur yang memudahkan Anda saat menyelesaikan pekerjaan.

6. Sesuaikan dengan Budget

Bersikap realistis saat membeli smartphone baru juga perlu. Apalagi selama pandemi corona, Anda harus ekstra menghemat pengeluaran karena gaji yang didapat dipotong sekian persen dari perusahaan. Apabila budget pas-pasan, lebih baik turunkan level smartphone incaran. Pilihlah smartphone yang lebih murah tapi dengan spesifikasi yang terbaik.

8. Pilih Toko Smartphone Online Terpercaya

smartphone
Pilih toko online terpercaya

Meski toko fisiknya tutup selama pandemi corona, tapi hampir semua toko smartphone melayani pembelian secara online melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, JD.ID, Lazada dan lainnya. Namun, Anda harus memilih toko smartphone online yang terpercaya agar terhindar dari penipuan.

Lakukan pembelian smartphone di toko yang sudah memiliki rating tinggi dan komentar terbaik. Biar lebih amannya, beli smartphone di toko officialnya langsung, misal Samsung, Xiaomi, Oppo dan sebagainya.

9. Manfaatkan Promo Menarik

Tak jarang, di tengah pandemi corona ini banyak toko smartphone online yang mengadakan promo agar tetap mendapatkan orderan dari pelanggan. Promo tersebut biasanya berupa potongan harga atau mendapat aksesoris smartphone secara gratis. Ini tentunya bisa Anda manfaatkan, sehingga pembelian smartphone bisa lebih hemat.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

10. Pembayaran Pakai Kartu Kredit

Budget beli smartphone kurang, tak perlu risau. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit manfaatkan saja untuk pembelian smartphone. Dengan begitu, Anda bisa mencicil pembayaran setiap bulannya. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu cashback, poin kartu kredit yang bisa ditukarkan dan masih banyak lagi.

Atur Keuangan dengan Bijak

Smartphone apapun yang Anda beli, baik secara lunas atau mencicilnya dengan kartu kredit, yang paling penting adalah tetap atur keuangan dengan bijak. Artinya setelah membeli smartphone, Anda harus lebih menghemat lagi untuk menabung dana cadangan dari nol dan untuk membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta