Jadi Alat Pembayaran Sah Internasional, Ini Pengertian Bank Notes, Jenis, Hingga Beragam Fungsinya

Biasanya, ketika ingin bertransaksi di negara lain, seseorang harus terlebih dulu menukarkan mata uang domestiknya sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Untuk melakukan hal ini, kamu tentu perlu menggunakan jasa money changer, baik di bank atau layanan umum.

Namun, tahukah kamu jika selain menukarkan mata uang tersebut, ada juga opsi untuk menggunakan yang namanya bank notes? Bagi masyarakat umum, pengertian dan peran bank notes ini mungkin masih terdengar asing di telinga. Padahal, manfaat dari salah satu jenis uang tersebut sangat berguna bagi kehidupan harian maupun perekonomian global.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah bank notes ini? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar apa itu bank notes, jenis, sampai beragam fungsinya, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Bank Notes

loader

Pada dasarnya, istilah bank notes bisa dipahami sebagai bentuk atau jenis uang kertas yang dibuat oleh pihak perbankan maupun pihak berwenang lain. Bank notes adalah jenis uang yang mempunyai nilai khusus dan bisa digunakan menjadi alat pembayaran yang sah.

Nominal dari jenis uang ini ditentukan oleh pihak bank sentral negara yang bersangkutan serta tertera di setiap lembaran uangnya. Proses pembuatan dari jenis uang ini dimulai dengan proses perencanaan serta desain dari uang kertas tersebut. Setelah desain sudah disetujui, bank notes akan dicetak dengan jumlah yang besar memakai teknologi cetak jenis offset serta pengamanan modern. 

Ketika sudah selesai dicetak, jenis uang kertas tersebut lalu diperiksa dengan ketat guna menjamin keaslian dan juga kualitasnya. Melalui sederet proses tersebut bank notes termasuk alat pembayaran yang bisa digunakan untuk aktivitas transaksi ekonomi. Sebagai contoh, saat seseorang membeli sebuah produk maupun jasa melalui seorang penjual, ia bisa menyelesaikan transaksi dan membayarnya menggunakan bank notes.

Baca Juga: Pengertian FASBI, Layanan Simpanan Bank Sebagai Upaya Aktivitas Operasi Pasar Terbuka

Jenis Bank Notes Beragam Negara

Jika mengacu dari penjelasan diatas, bank notes dapat dipahami sebagai instrumen negosiasi atau alat pembayaran yang sah dan mempunyai nilai nominal khusus sesuai yang dicetak pada tiap lembarnya. Tiap negara mempunyai mata uang berbeda serta mempunyai jenis bank notes khusus, termasuk karakteristik, nilai nominal, nama bank, serta nomor serinya.

Berdasarkan dari negaranya, bank notes bisa dibedakan ke dalam beragam jenis sebagai berikut ini.

Kanada

Kanada mempunyai 5 jenis bank notes dengan nominal 5, 10, 20, 50, sampai 100 dolar. Di Kanada, bank notes dibuat menggunakan polimer, suatu bahan plastik dengan ketahanan yang tinggi serta sulit untuk bisa dipalsukan. Tiap denominasi dari bank notes Kanada dilengkapi fitur keamanan khusus, misalnya, windowed color shifting thread, tanda air, dan embossing.

Australia Jenis lainnya ada dari Australia dengan denominasi yang sama dengan Kanada, yaitu 5 sampai 100 dolar. Seluruh bank notes yang dibuat di Australia menggunakan bahan polimer dan mempunyai fitur keamanan canggih, misalnya gambar 3 dimensi, tanda air, serta intaglio print.
Inggris Inggris mempunyai 4 jenis denominasi dari bank notes, yakni 5, 10, 20, dan 50 poundsterling. Terkait bahannya sendiri terbuat dari kertas dan dilengkapi beragam fitur keamanan, sebagai contoh ultraviolet number dan hologram.
Amerika Serikat Untuk bank notes yang ada dari Amerika Serikat, denominasi yang tersedia mulai dari 1, 2, 5, 10, hingga 20, 50, serta 100 dolar. Seluruh jenis uang tersebut dibuat menggunakan kertas khusus yang diberi beragam fitur keamanan, misalnya, tinta pemindahan warna serta micro printing yang membuatnya hanya dapat dilihat menggunakan kaca pembesar.
India India juga memiliki jenis bank notes miliknya sendiri dengan denominasi 1, 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 rupee. Bahan yang digunakan adalah kertas dan dilengkapi beragam fitur keamanan, misalnya, intaglio print, micro lettering, dan tanda air.
Tiongkok Terakhir ada jenis bank notes dari Tiongkok yang memiliki 7 pilihan denominasi, antara lain 1, 5, 10, 20, 50, 100, serta 50 ribu yuan. Seluruh bank notes dari Tiongkok tersebut dibuat menggunakan bahan kertas dengan fitur pengamanan berupa tanda air, intaglio print, serta tinta yang bisa berubah warna.

Baca Juga: Bank Pembangunan Daerah yang Memiliki Internet Banking

Fungsi dan Manfaat Bank Notes

loader

Setelah mengetahui pengertian dan beragam jenisnya dari berbagai negara, kamu tentu perlu mengetahui apa saja fungsi bank notes ini, antara lain:

1. Menjadi Alat Tukar Sah Internasional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi pertama dan utama dari bank notes adalah menjadi alat tukar yang sah digunakan secara internasional atau antar negara. Sebagai contoh, kamu berkunjung ke luar negeri dan bisa menukarkan mata uang rupiah dengan jenis bank notes dari negara yang dikunjungi. Jenis uang tersebut bisa digunakan secara sah untuk membeli barang maupun jasa di negara tersebut. 

Tidak hanya itu, jenis uang ini juga bisa dijadikan sebagai opsi atau alternatif pembayaran untuk menyelesaikan transaksi perdagangan antar negara apabila metode pembayaran lainnya tak tersedia. Dengan begitu, transaksi perdagangan tetap bisa diselesaikan dan menghilangkan risiko pembatalan karena tak mampu memenuhi pelunasan pembayaran.

2. Alat Pembayaran Jasa, Produk, maupun Utang

Fungsi lainnya dari penggunaan bank notes adalah bisa menjadi alat pembayaran atas jasa, produk, maupun utang di sebuah negara. Misalnya, kamu membeli barang atau produk di supermarket atau pasar tradisional. Kamu bisa menggunakan jenis uang ini sebagai alat pembayarannya yang sah.

Di samping itu, uang bank notes bisa juga digunakan untuk membayar tagihan utang atau kredit. Beberapa contohnya adalah cicilan mobil ataupun rumah. Sehingga, kegunaan dari opsi pengganti mata uang sebuah negara ini menjadi lebih luas dan mampu memenuhi banyak kebutuhan pemiliknya, bahkan setara dengan mata uang asli yang berlaku di negara yang bersangkutan. 

3. Alat Tukar yang Memiliki Sistem Aman serta Praktis

Fungsi yang ketiga dari bank notes adalah menjadi alat tukar yang mempunyai sistem aman dan juga praktis. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena jenis uang tersebut merupakan jenis alat pembayaran yang bisa digunakan oleh pemiliknya di mana pun dan kapanpun ketika dibutuhkan. 

Penggunaan dari jenis uang tersebut juga tak membutuhkan perangkat elektronik maupun akses internet. Sehingga, pengguna pun bisa langsung menyelesaikan transaksi yang diinginkannya menggunakan jenis uang ini dengan lebih praktis dan mudah. 

Tak berhenti sampai disitu, setiap negara juga memiliki cara atau metode pengamanan yang canggih untuk menjaga keaslian dari jenis uang ini. Beberapa di antaranya adalah penggunaan teknologi tinta khusus, hologram, maupun kertas khusus dengan karakteristik yang sulit untuk bisa dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab. 

4. Alat Tukar yang Memiliki Nilai Nominal Tetap

Yang terakhir, fungsi dari bank notes adalah menjadi alat tukar yang mempunyai nilai nominal tetap. Hal tersebut menjadikan alat pembayaran ini mampu memudahkan pemiliknya dalam menyimpan nilai aset atau kekayaannya dalam kurun waktu tertentu yang tidak terlalu panjang.  

Sebagai contoh, kamu bisa menjadikan alat pembayaran ini sebagai opsi menyimpan uang atau aset selayaknya tabungan maupun instrumen investasi berjangka pendek. Tentunya, melakukan hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang perlu diperhatikan serta dipertimbangkan oleh pemiliknya. 

Meski begitu, idealnya, bank notes lebih baik digunakan untuk memenuhi fungsi lainnya dibanding menjadikannya sebagai alat untuk menyimpan dan melindungi nilai kekayaan. Pasalnya, inti dari penggunaan jenis uang ini adalah untuk memudahkan aktivitas transaksi antar negara tanpa perlu repot menukarkan mata uang domestik, atau menyelesaikan perdagangan bisnis internasional.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sah dan Berlaku Internasional, Bank Notes Adalah Alat Pembayaran yang Praktis

Setelah membaca penjelasan di atas, bank notes bisa dipahami sebagai jenis uang dengan bentuk lembaran yang sah menjadi alat tukar serta pembayaran untuk digunakan di semua negara di belahan dunia manapun. Hal ini dikarenakan jenis uang tersebut diluncurkan oleh pihak bank sentral serta bisa digunakan baik di dalam negeri maupun internasional. Oleh karena alasan inilah mengapa bank notes mempunyai peran penting pada kehidupan harian maupun perekonomian global. 

Baca Juga: Kode Bank Indonesia Terlengkap