Begini Perjalanan Rose Blackpink Sebelum Sukses Berkarir, Harus Rela Keluar dari Zona Nyaman!

Sebagai salah satu vokalis utama girlband fenomenal Blackpink, sosok Rose alias Roseanne Park selalu digilai penggemar setianya. Wanita kelahiran Auckland, Selandia Baru, 11 Februari 1997 ini lulus audisi pencarian bakat YG Entertainment Australia saat dirinya masih berumur 16 tahun.

Punya banyak penggemar, Rose menjadi idola KPop kesembilan yang akun Instagram pribadinya paling banyak diikuti followers, yakni mencapai 22,7 juta orang. Sejak 2018, nama Rose juga termasuk 20 besar dalam  daftar reputasi merek selebriti perempuan yang paling banyak dicari secara online di Lembaga Penelitian Korea.

Namun siapa sangka jika wanita dengan nama asli Korea Park Chae Young ini tak bermimpi menjadi seorang idola. Dirinya tak pernah mengira ia akan sukses menjadi seorang idol KPop seperti sekarang. 

Masa Kecil di Australia

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Lahir di Auckland, Selandia Baru, Rose bersama kedua orangtuanya pindah ke Australia ketika ia berumur 7 tahun. Rose yang menempuh pendidikan di Canterbury Girls ‘ Secondary College, Melbourne, Australia ini punya satu orang kakak perempuan.

Kehidupan Rose di Negeri Kangguru sama normalnya layaknya anak-anak pada umumnya. Namun Rose kecil memang sudah menunjukkan bakatnya bernyanyi. Dalam salah satu wawancaranya dengan The Sydney Morning Herald, Rose mengaku sudah jatuh cinta kepada musik sejak masih kanak-kanak. 

Merasa bersemangat dan bahagia saat bernyanyi membuat Rose bergabung dalam paduan suara dari gereja tempatnya beribadah di Australia. Dengan cara itu, kecintaannya terhadap musik dapat ia salurkan. 

Sempat pesimis, Rose tak pernah berpikir bahwa dirinya akan berkesempatan menjadi artis dan penyanyi. Menurutnya, ia tak melihat kesempatan tersebut di Australia. Ia bahkan tak pernah bermimpi untuk menjadi bintang KPop seperti sekarang.

Pasalnya, saat itu ia tinggal begitu jauh dari Korea Selatan. Alhasil ia tak pernah memikirkan adanya kemungkinan untuk bertransformasi dan sukses sebagai Rose Blackpink.

Semua Berkat Sang Ayah

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Rose tak akan pernah menjadi idol jika bukan berkat sang ayah. Rose tak pernah bermaksud mengikuti audisi yang diselenggarakan YG Entertainment saat itu. Namun, ayahnya tanpa diketahui telah membelikan Rose sebuah tiket pesawat untuk pergi ikut audisi.

Tak disangka, mengikuti audisi tersebut merupakan pintu gerbang bagi kesuksesan besar baginya. Rose berhasil menduduki peringkat pertama dalam audisi di Sydney, Australia tersebut. Mengalahkan 700 peserta lainnya yang ikut audisi YG Australia Audition, peluang Rose untuk mewujudkan mimpi pun jadi tampak semakin nyata.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jennie Blackpink, Si Cantik Multitalenta yang Dijuluki YG Princess

Pindah ke Korea Selatan

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Akhirnya pada bulan Mei 2012, Rose pun pindah ke Negeri Ginseng demi mengejar impiannya. Kepindahan tersebut dilakukannya demi untuk menjadi trainee dan berlatih bersama YG Entertainment. 

Rose mengakui bahwa momen tersebut merupakan periode yang paling menantang dalam hidupnya. Namun tantangan yang telah ia lewati tersebut jugalah yang kini menjadi pengubah jalan hidupnya.

Seperti diketahui, YG Entertainment merupakan salah satu label rekaman di Korea Selatan yang paling menonjol dalam industri musik mereka. Berlatih bersama YG Entertainment membuat Rose punya segudang kegiatan dan jadwal yang sangat padat. 

Di setiap harinya, ia harus tekun melatih kemampuan vokalnya. Ia juga masih harus berlatih menari dan mempelajari Bahasa Korea. Namun semua itu dijalani dengan penuh dedikasi oleh Rose.

Dan akhirnya, setelah menghabiskan waktu berlatih selama empat tahun bersama YG Entertainment, Rose yang tinggi badannya mencapai 160 cm ini pun ditempatkan sebagai vokalis utama dari girlband Blackpink.

Cetak Prestasi Bersama Blackpink

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Setelah fokus berlatih sejak usia 15 tahun dan menjadi trainee selama 4 tahun lamanya, akhirnya Rose Blackpink terlahir sebagai bintang. Ia kemudian mulai mencetak segudang prestasinya yang fantastis dan fenomenal bersama Blackpink. Blackpink resmi merilis debut perdananya pada Agustus 2016 dan langsung menarik perhatian publik. Jadi sorotan, single mereka yang berjudul Whistle langsung menjadi santapan lezat para penggemar musik KPop. 

Pasalnya, kehadiran Blackpink cukup dinanti-nanti oleh banyak pihak. Maklum saja, kemunculan Blackpink menjadi momentum besar bagi agensi YG Entertainment. 

Ini dikarenakan 2NE1, girlband pendahulu Blackpink—telah bubar pada November 2016. Dan YG Entertainment belum menggebrak market dengan entertainer baru lainnya.

Terbaru, Blackpink telah berhasil memenangkan sejumlah penghargaan prestisius taraf internasional. Pada 11 November 2019, E! People’s Choice Awards 2019 memberikan mereka tiga trofi sekaligus. Ketiga trofi tersebut mencakup kategori The Group of 2019, The Concert Tour of 2019 lewat konser dunia mereka yang bertema Blackpink 2019 World, serta The Music Video of 2019 melalui video klip Kill This Love.

Selain itu, sejumlah single dari album terdahulu mereka juga selalu menarik perhatian penggemar dan menempati sejumlah chart tangga lagu dunia. Mulai dari Whistle, Boombayah hingga Ddu-Du Ddu-Du

Dipuji karena Suara yang Khas

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Tantangan menjadi penyanyi dalam girlband di industri KPop tentu ada banyak. Salah satunya seperti ciri khas vocal yang harus berbeda agar tak tertukar atau terdengar sama dengan para vokalis dari girlband lainnya.

Namun lain halnya dengan suara Rose. Rupanya, suara Rose dipuji dan mendapat pengakuan dari industri besar ini. Dengan timbre vokal yang berbeda, Almira Blancada selaku kritikus musik dari Filipina menulis pada media ABS-CBN. 

Menurutnya, adalah sulit menemukan penyanyi idola yang lebih menonjol dari pada yang lain. Ini disebabkan oleh gaya bernyanyi mereka yang rata-rata hampir sama bahkan hanya itu-itu saja. Tapi dengan Rose Blackpink, ada hal yang berbeda.

Selain itu, Rose yang mengaku terinspirasi dari penyanyi Amerika, Tori Kelly ini, juga dipuji karena jangkauan nadanya yang luas. Jenis suaranya bahkan disebut sebagai “suara muda yang dicintai banyak orang”.

Aksen Australia dimiliki Rose juga membuat lagu yang dinyanyikannya terdengar unik. Berkat ciri khasnya ini, Rose semakin sering tampil di sejumlah acara musik bergengsi Korea Selatan secara solo. Salah satunya seperti King of Masked Singer hingga Fantastic Duo di tahun 2017.

Bahkan, personil Big Bang, G-Dragon juga pernah memuji suara Rose saat mereka berkolaborasi dalam lagu Without You.

Baca Juga: Inspiring! Sering Dikomentari, Begini Kisah Perjuangan Panjang Lisa Blackpink Meraih Kesuksesan

Dapat Banyak Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Ketika acara Coachella yang digelar April 2019, Rose secara individu mendapat penghargaan Most Engaged Video Post dari unggahan dirinya bersama Jennie Blackpink. Waktu itu, Rose mengunggah saat mereka sedang seru-serunya menikmati musik Jaden Smith, rapper kondang asal Amerika Serikat. 

Kebahagiaan dan keceriaan mereka membuat para fans ikut menikmati suasana yang tergambar jelas dalam video itu. Selain itu, Rose bersama Jisoo Blackpink juga sempat terpilih menjadi model yang mendukung kosmetik Kiss Me asal Korea Selatan.

Di bulan Oktober 2019 lalu, Rose yang kerap dipuji karena cantik dan bertubuh ideal ini juga menjadi model yang ikut mempromosikan Perfect World Entertainment’s MMORPG Perfect World Ponsel. Bahkan All KPop menjuluki Rose sebagai “Idol pemilik pinggang paling kecil”, yakni 24 inci.

Tajir Melintir di Usia Muda

View this post on Instagram

Kia Seltos @kiamotorsworldwide ☁️☁️

A post shared by ROSÉ (@roses_are_rosie) on

Berdasarkan data yang dihimpun dari koreaboo.com, setiap anggota Blackpink mempunyai jumlah kekayaan bersih sebesar USD 8 juta (senilai Rp 113,3 miliar), demikian juga dengan Rose. Bahkan untuk keseluruhan grupnya, total kekayaan Blackpink saat ini telah mencapai USD 32 juta (sekitar Rp 453 miliar).

Menariknya lagi, jumlah ini akan terus bertambah mengingat mereka masih terikat kontrak untuk tiga tahun ke depan. 

Rela Keluar dari Zona Nyaman

Dengan segudang talenta yang dimiliki Rose Blackpink, tak heran jika kini ia berhasil meraih kesuksesannya. Namun dapat dipastikan, modal bakat saja tidak cukup untuk menjemput impian. Bagi Rose yang juga pandai bermain alat musik piano dan gitar ini, ia harus rela keluar dari zona nyamannya sendiri.

Beruntung, sang ayah mengenali impian apa yang membuat putrinya berbahagia dan ikut membantu mewujudkannya. Kini pesona seorang Rose telah memukau banyak orang dari berbagai belahan dunia. Berkat perjuangan panjangnya berlatih, ia pun mampu mewujudkan impiannya menjadi penyanyi dan bintang.

Baca Juga: Blackpink, Girl Group Korea Pertama yang Menghiasi Cover Majalah Billboard