Begini Perjuangan Shandy Purnamasari Pemilik MS Glow Meraih Kesuksesan

Shandy Purnamasari ialah nama di balik kesuksesan brand kosmetik MS Glow yang tersohor. Wanita kelahiran Surabaya, 10 Oktober 1991 ini dikenal berkat kiprahnya sebagai pengusaha kosmetik serta filantropis Tanah Air. Bersama Kadek Maharani Kemala Dewi, Shandy ialah pemilik dari MS Glow yang sukses pecahkan penjualan tertinggi Rekor MURI.

Ia juga diketahui sebagai founder dari PT Kosmetika Global dan Klinik Estetik MS Glow. Di tahun 2019, Shandy menerima penghargaan Kartini Masa Kini dari MNC Lifestyle & Fashion Channel. 

Shandy yang bertindak sebagai Executive Producer untuk lagu Semua Kan Berlalu juga menerima penghargaan MURI (kategori Kolaborasi Karya Seni dari Rumah oleh Figur Nasional Terbanyak) tahun 2020. Menariknya lagi, ia sudah berhasil memiliki pesawat pribadi dan telah menjadi pemilik dari club sepakbola Arema FC bersama Gilang Widya Pramana, suaminya.

Kini, MS Glow menggandeng sejumlah selebritas Tanah Air untuk menjadi Brand Ambassador mereka. Dari kalangan artis, ada pasangan beken Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Sementara dari kalangan atlet, MS Glow menjadikan Eko Yuli, Nurul Akmal, Anthony Sinisuka Ginting, Rahmat Erwin, dan Windy Cantika Aisah sebagai duta produknya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Harvey Moeis, Sosok Crazy Rich Indonesia Suami dari Aktris Sandra Dewi

Shandy Purnamasari Dulu

View this post on Instagram

A post shared by MSGLOW (@shandypurnamasari)

Kiprah Shandy Purnamasari di dunia bisnis diawalinya dari nol di tahun 2010. Sejak masa kuliah, ia sudah hobi jualan. Demi membiayai kuliahnya, berbagai produk fashion seperti batik, jersey, dan lainnya kerap ia jual kembali melalui dunia maya. 

Ia kerap memanfaatkan beragam media untuk berjualan, seperti BlackBerry Messenger (BBM), Facebook, Kaskus, dan lainnya. Barulah, wanita lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga ini kemudian menjajal usaha beauty product pada tahun 2013 silam.

Sebelum mencetuskan brand kecantikannya sendiri, Shandy menjadi seorang reseller dari sebuah produk kecantikan seorang dokter yang saat itu ialah tetangganya. Melalui Blackberry Messenger, ia pun berkenalan hingga membentuk jaringan penjualan dengan Kadek Maharani Kemala Dewi. 

Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala

Selama dua tahun lamanya, Maharani menjadi reseller Shandy tanpa pernah berjumpa. Belakangan, kekompakan Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala yang punya satu visi misi ini pun melahirkan ide bisnis yang sukses besar. 

Keduanya lantas merintis bisnis produk kecantikan dengan brand inisial nama mereka sendiri, yakni M dan S. Dengan nama MS Glow yang dibentuk tahun 2013 di Malang, Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala pun melebarkan sayapnya hingga berkembang pesat di ranah bisnis kecantikan. 

Mereka lantas memaksimalkan penggunaan media online untuk mengembangkan bisnis skincare tersebut. Hingga di tahun 2018, Shandy berhasil mendirikan MS Glow Beauty, MS Glow Aesthetic Clinic, dan juga PT Kosmetika Global Indonesia

Bersama Maharani, Shandy dan MS Glow telah merilis beragam produk kosmetik lainnya. Salah satunya seperti lip matte, cushion, lipstick, dan masih banyak lagi.

Membuka Lebih dari 5 Cabang di Berbagai Kota

View this post on Instagram

A post shared by MSGLOW (@shandypurnamasari)

Bisnis yang dilakoni Shandy kini telah berdiri tak hanya di Malang dan Bandung saja. Tetapi juga telah beroperasi di Surabaya, Jakarta, Bekasi, Bintaro, dan Bali dan beromzetkan hingga miliaran Rupiah. Dengan begitu, tak heran jika pundi-pundi rezeki Shandy terus bertambah dan berlimpah ruah.

Penjualan MS Glow sendiri telah berhasil tembus hingga sejuta pieces per bulannya. Kini, beragam produk telah tersedia hingga lebih dari 40 jenis. Seluruhnya sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI dan aman untuk digunakan karena lulus BPOM.

Tak hanya diklaim mempercantik kulit, kandungan produk MS Glow juga disebut sanggup menyehatkan hingga ke dalam jaringannya. Semua itu berkat kandungan alami seperti aloe vera, chamomile, minyak zaitun, kunyit, dan bengkoang yang digunakan untuk membuat produk.

Baca Juga: Inilah ‘Pabrik Uang’ HM Fitno, Crazy Rich Pondok Indah yang Dermawan

Sukses Pecahkan 2 Rekor MURI

MS Glow dinilai sebagai jaringan bisnis skincare terbesar dan bahkan telah melebarkan sayapnya hingga ke Korea dan negara lainnya. MS Glow diketahui telah menaungi lebih dari 78 ribu jaringan penjualan yang tersebar di seluruh Nusantara. 

Angka tersebut menjadikan MS Glow merajai puncak penjualan produk perawatan kulit wajah di Indonesia. Atas prestasi besar tersebut, perwakilan MURI pun memberikan penghargaan kepada MS Glow sebagai perusahaan kosmetik dengan jaringan penjualan paling banyak di Indonesia.

Selain itu, MS Cosmetic by MS Glow juga telah diganjar apresiasi lainnya pada Agustus 2021 lalu. Dalam satu hari, produk MS Glow Peel Off Nail Polish telah laris manis sebanyak 205 ribu sehingga mendapat penghargaan kuteks dengan penjualan terbanyak dalam sehari.

Kucurkan Rp2 Miliar untuk Masyarakat

View this post on Instagram

A post shared by MSGLOW (@shandypurnamasari)

Sebagai filantropis, Shandy telah merogoh kocek sebesar Rp2 miliar untuk disumbangkan ke masyarakat luas. Sosoknya sempat jadi sorotan dan viral di tahun 2020 lalu, lantaran ia terlihat menggantungkan kerupuk di mobil Ferrari miliknya. 

Di tengah pandemi yang terus mewabah, Shandy memberikan besaran uang miliaran tersebut dalam bentuk sembako. Selain itu, ia juga menyumbang APD (Alat Pelindung Diri) dan sanitasi tangan.

Kemudian pada Agustus 2021 lalu, MS Glow bersama Juragan 99 juga menyelenggarakan pemberian vaksin dan sembako secara gratis untuk seribu warga ibukota bagian Selatan. Kegiatan tersebut dilangsungkan di apartemen J99 Tower guna meringankan beban masyarakat yang ditempa situasi PPKM level 2-4. 

Jadi Produser Eksekutif Semua Kan Berlalu dan Terima Penghargaan MURI

Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Shandy Purnamasari menjadi produser eksekutif dari sebuah lagu kolaborasi berjudul Semua Kan Berlalu. Lagu ini dipersembahkan untuk mengapresiasi perjuangan tenaga medis yang mempertaruhkan nyawa karena merawat ledakan pasien yang terjangkit virus.

Selain untuk tenaga medis, lagu ini pun dipersembahkan kepada mereka para tulang punggung keluarga yang masih harus keluar rumah untuk mencari nafkah. Lagu yang diproduseri oleh Aan Story dan Prilly Latuconsina ini juga dipersembahkan untuk seluruh rakyat yang tetap berada di rumah demi melawan wabah dan mengurangi penularan.

Kolaborasi yang dibuat dari rumah masing-masing tersebut melibatkan setidaknya 50 public figure Indonesia. Mereka tak hanya terdiri dari para artis dan musisi. Ada juga YouTuber, Presenter, Gamers, Selebgram, Motivator, Komedian, Penulis, Pengusaha, Polwan, dan juga Anak-anak Indonesia.

Memasuki April 2020, Semua Kan Berlalu memecahkan Rekor MURI untuk kategori Kolaborasi Karya Seni dari Rumah oleh Figur Nasional Terbanyak. Penghargaan ini dianugerahkan kepada Shandy Purnamasari yang bertindak selaku Executive Producer dari proyek tersebut.

Tingkatkan Nilai Perempuan Agar Lebih Mandiri Finansial

View this post on Instagram

A post shared by MSGLOW (@shandypurnamasari)

Kepada rekan media, Shandy sejujurnya mengungkapkan dirinya tak mengira jika bisnis yang dirintisnya bersama Maharani dapat berkembang hingga sebesar ini. Ia membeberkan, MS Glow telah memiliki lebih dari 50 ribu reseller dan sebagian besarnya ialah perempuan.

Fakta ini membuatnya ingin turut andil dalam pemberdayaan perempuan. Menurutnya, perempuan tak hanya perlu terus belajar agar dapat menambahkan nilai ke dalam dirinya. Agar sukses, mereka juga perlu mandiri finansial dan berdaya di setiap aspek kehidupan.

Pandai-pandai Melihat Peluang

Diakui Shandy, bisnis MS Glow bisa berkembang pesat dan berdiri hingga sebesar sekarang berkat jaringan reseller yang luar biasa. Jaringan reseller yang berjualan inilah yang menjadikan bisnis MS Glow semakin besar dan memasyarakat. 

Selain itu, MS Glow menjadi maju sebab ketika awalnya mereka menawarkan penjualan secara online dan ini berbeda dari kebanyakan pedagang lainnya. 

Saat itu, belum ada reseller atau penjual lainnya yang melakukan penawaran dagang melalui online. Di sinilah Shandy pun memaksimalkan peluang yang ada sehingga berhasil meraih puncak kesuksesannya.

Baca Juga: Mau Jadi Crazy Rich? Coba Tekuni Salah Satu dari 5 Bisnis Ini