Belum Dapat Kerja? Pakai 5 Cara Ini Untuk Raup Uang

Mendapatkan pekerjaan di era normal saja susahnya minta ampun, apalagi di masa pandemi begini. Makin kudu sabar berlipat.

Sudah mencari lowongan kerja ke sana kemari, belum dapat juga. Menebar lamaran kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain pun sudah. Tetapi belum ada panggilan.

Pekerjaan belum dapat, sementara biaya hidup terus berjalan. Masih punya utang pula yang harus dibayar. Jika tidak, risikonya aset melayang.

Tenang, jangan keburu emosi. Meski belum dapat pekerjaan tetap, kamu bisa mencari penghasilan lewat sumber lain. Apa saja?

Baca Juga: Pekerja, Ini 5 Tanda Terjebak di Zona Nyaman dan Bikin Kinerja Menurun

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

  • Menjadi seorang freelancer

Freelancer menjadi salah satu peluang kerja yang bisa kamu jadikan pilihan jika belum memperoleh pekerjaan tetap. Freelancer tetap menghasilkan lewat projek-projek yang datang dari klien.

Kamu bisa menjual keahlian, seperti menulis, fotografi, desain grafis, pembuatan website, menjadi guru les privat, dan lainnya. Contohnya freelancer penulis artikel blog. Kalau per tulisan dibayar Rp 100 ribu, dan kamu menerima projek 40 tulisan dalam sebulan, berarti penghasilan yang diterima sebesar Rp 4 juta.

Itu baru dari satu klien. Bisa ambil projek sampingan, misalnya menulis buku atau annual report sebuah perusahaan, bayarannya mencapai Rp 8 juta per projek. Sudah bisa mengantongi Rp 12 juta.

Inilah enaknya jadi freelancer. Tidak terikat satu perusahaan. Bebas mau terima job berapa saja dan darimana saja asal sesuai keinginan klien dan tepat waktu.

Sistemnya adalah kepercayaan. Sekali kamu bisa menyelesaikan projek sesuai permintaan klien, maka jasamu bakal dipakai terus. Namun sebaliknya, merusak berarti hilang kesempatan untuk selama-lamanya.

  • Kerja magang

Belum dapat kerja juga, gak usah malu terima tawaran pekerjaan magang di sebuah perusahaan. Kamu tetap menerima gaji, namun biasanya tidak penuh seperti karyawan tetap. Bahasa lainnya sih uang saku.

Setidaknya uangnya lumayan untuk bertahan hidup. Apalagi kalau magang di perusahaan besar, baik swasta ataupun BUMN. Bukan cuma uang saku, tetapi ada juga uang makan dan transport.

Selain itu juga menambah pengalaman. Jika kinerjamu selama masa magang bagus, kamu akan dipertimbangkan menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Bukan lagi karyawan kontrak, tetapi tetap.

  • Menghasilkan karya seni

Punya kemampuan di bidang seni, jangan dipendam saja. Buat karya seni apik bernilai jual. Misalnya senang melukis, buat lukisan; gemar mencipta dan aransemen, buat karya musik atau lagu; hobi menulis, buat novel atau buku; suka fotografi, buat foto artistik.

Karya-karya tersebut bisa kamu jual. Dari karya seni ini, kamu bukan hanya akan menghasilkan pundi-pundi uang, dari penjualan maupun royalti, tetapi juga membuka kesempatan lebih luas untuk diundang menjadi bintang tamu, pembicara, atau karier lainnya.

  • Ciptakan konten menarik sesuai gayamu

Dunia ini sudah dirajai internet. Manusia zaman now tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Pun dengan media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan lainnya. Hampir 24 jam selama sepekan, media sosial selalu aktif.

Peluang baru untuk mendapatkan penghasilan terbuka lebar. Bukan cuma nonton video atau iklan dapat duit, tetapi lebih dari itu. Pekerjaan menjadi content creator. Menciptakan atau membuat konten-konten menarik yang disukai penonton.

Untuk ditayangkan di media sosial. Menarik sebanyak-banyaknya follower maupun subscriber. Konten bukan hanya menarik, namun juga perlu disisipi edukatif.

Bukan negatif, tetapi berbau positif, sehingga dapat menjadi inspirasi banyak orang. Bonusnya, makin banyak orang yang suka, followers, subscribers, akun ataupun channel media sosialmu dilirik pengiklan.

Bisa jadi tempat beriklan maupun di endors sebuah perusahaan atau brand. Dari hobimu membuat konten, pasti akan mendatangkan uang. Ya, banyak uang sehingga bisa dijadikan pekerjaan tetap.

  • Membuka usaha

Cara terakhir untuk mendapatkan uang selain bekerja adalah menjadi wirausaha. Membuka bisnis. Apakah itu dimulai dari usaha kecil-kecilan, menengah, atau langsung usaha besar.

Kamu bisa membuka usaha dari sesuatu yang kamu minati supaya kamu menjalaninya dengan senang dan enjoy. Misalnya suka memasak, buka bisnis kuliner. Doyan fesyen, buka bisnis pakaian dan kosmetik.

Masalah modal? Memang perlu dipikirkan, tetapi bukan jadi penghalang. Sebab kini banyak pinjaman modal usaha yang bisa kamu dapatkan sesuai kebutuhan dan kemampuan membayarmu.

Untuk meminimalkan modal, kamu dapat membuka usaha di rumah, garasi mobil. Tekuni bisnis dan maksimalkan media sosial untuk media pemasaranmu.

Dari bisnis kecil, mulai dikenal, dan lama-lama menjadi besar. Bukan cuma bisa dapat duit banyak, bahkan mengalahkan gaji karyawan, tetapi paling penting dengan membuka usaha, kamu bisa membuka lapangan kerja.

Baca Juga: 5 Tips Mudah untuk Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru