Beragam Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh

Kesemek adalah satu di antara banyaknya buah-buahan eksotis nan unik yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Rahasia di balik kepopuleran buah ini adalah karena rasa dan tampilannya yang unik. 

Buah dengan nama latin, Diospyros kaki ini memiliki rupa dan warna yang menyerupai jeruk. Umumnya, buah kesemek dijajakan dengan dibalut terlebih dahulu dengan serbuk berwarna putih seperti bedak. Karena memiliki balutan serbuk tersebut, buah kesemek tak jarang disebut dengan julukan buah ‘genit’.

Memiliki daging buah dengan tekstur yang mirip dengan buah apel, buah kesemek juga memberikan rasa sepat pada lidah saat dikonsumsi. Meski begitu, setelah direndam seharian menggunakan air kapur, rasa unik pada buah kesemek akan berubah menjadi lebih nikmat dan lezat di lidah. 

Nah, tahukah kamu jika di balik segala keunikan dan ciri khas yang dimilikinya, buah kesemek menyimpan banyak sekali manfaat istimewa bagi kesehatan? Tentunya, segala khasiat buah kesemek tersebut berasal dari kandungan nutrisi dan zat gizi yang ada di dalamnya. Tanpa panjang lebar dan bikin penasaran lagi, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

13 Manfaat Buah Kesemek

loader

Manfaat Buah Kesemek

  1. Sebagai Sumber Antioksidan Tubuh

    Salah satu kandungan utama yang dimiliki oleh buah kesemek adalah antioksidan. Seperti yang kamu tahu, antioksidan merupakan zat yang amat berguna karena mampu memberi kontribusi menyehatkan yang luar biasa bagi tubuh. Saat asupan antioksidan tercukupi, tubuh akan lebih terlindungi dari berbagai ancaman masalah kesehatan atau penyakit berbahaya, serta menjadikanmu terlihat lebih awet muda. 

  2. Bantu Menyehatkan Jantung

    Penyakit kardiovaskular atau jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti di dunia karena memiliki risiko kematian cukup tinggi. Karenanya, kamu perlu senantiasa menjaga kesehatan organ tersebut dengan menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat.

    Tak hanya itu, menjaga kesehatan organ jantung juga bisa kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi makanan yang menyehatkan, seperti, buah kesemek. Berkat kandungan antioksidan flavonoid, quercetin, dan juga kaempferol yang dimilikinya, kolesterol jahat dalam tubuh dapat terkontrol serta mampu meredakan peradangan dan juga tekanan darah tinggi.

  3. Tinggi akan Serat

    Kesemek merupakan jenis buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kaya akan serat, kesemek mampu memberikan dampak baik bagi tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh juga dapat membantu kamu dalam menjaga kadar gula darah serta melancarkan sistem kerja organ pencernaan. 

  4. Menjaga Kesehatan Mata

    Tak hanya ampuh menjaga kesehatan organ pencernaan dan jantung, buah yang juga dikenal dengan sebutan persimmon ini mampu membuat mata lebih sehat. Penyebabnya tak lain karena buah kesemek memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. 

    Jadi, dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin A dalam tubuh sehingga mampu menjaga fungsi dari membran konjungtiva serta kornea yang menjadi bagian penting mata agar dapat melihat dengan normal. 

  5. Cocok Dikonsumsi Saat Diet

    Adakah di antara kamu yang saat ini sedang atau berencana melakukan program diet? Jika ada, maka buah kesemek ini mungkin bisa kamu masukkan ke dalam daftar makanan yang bakal dikonsumsi selama menjalani program diet tersebut. 

    Mengapa demikian? Karena mengonsumsi buah kesemek mampu membantu kamu dalam menurunkan berat tubuh. Mudah saja, kamu bisa mendapatkan khasiat buah kesemek ini dengan menjadikannya sebagai campuran yogurt, salad buah, oatmeal, maupun dimakan langsung. 

  6. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

    Tahukah kamu jika buah kesemek mempunyai sederet nutrisi yang ampuh menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh? Bahkan, buah kesemek digadang-gadang memiliki efek dua kali lebih hebat dalam meningkatkan metabolisme tubuh dibandingkan apel. Saat metabolisme tubuh terjaga, kebutuhan energi dalam tubuh akan tercukupi dan menjauhkan kamu dari masalah penumpukkan lemak berlebih. 

  7. Menjaga Organ Hati agar Tetap Sehat

    Tak kalah penting dengan jantung dan organ pencernaan, hati juga merupakan organ yang harus dijaga betul kondisi kesehatannya. Sebab, kalau sampai rusak atau kinerjanya terganggu, ada banyak jenis penyakit yang berpotensi menyerang tubuh bahkan sampai menyebabkan kematian. 

    Dengan mengonsumsi buah kesemek secara teratur, kamu akan turut menjaga kesehatan organ hati. Pasalnya, kandungan pada buah kesemek mampu menangkal serangan radikal bebas pada sel dalam organ hati dan juga melancarkan proses detoksifikasi atau pembuangan racun di dalam tubuh. 

  8. Jaga Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Vitamin C menjadi nutrisi lainnya yang banyak dikandung oleh buah kesemek. Kandungan nutrisi tersebut sudah lama dipercaya mampu menguatkan sistem imunitas tubuh sehingga risiko munculnya penyakit akibat infeksi virus dan bakteri menjadi lebih kecil. Nah, bagi kamu yang mungkin merasa gampang sakit atau memiliki daya tahan tubuh yang lemah, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi buah kesemek ini agar asupan vitamin C tubuh tercukupi. 

  9. Sebagai Obat Alami Atasi Anemia

    Tembaga atau copper juga merupakan kandungan menyehatkan yang dimiliki oleh buah kesemek. Kandungan tersebut mampu membantu tubuh dalam menyerap zat besi sehingga produksi eritrosit atau sel darah merah dapat ditingkatkan. Secara tidak langsung, hal ini membuat kamu terhindar dari penyakit anemia atau darah rendah, mudah lemas, dan juga mengantuk. 

  10. Menyokong Masa Kehamilan

    Bukan hanya menyehatkan organ tubuh dan menghindarkan tubuh dari berbagai ancaman penyakit, mengonsumsi buah kesemek juga dapat memberi banyak khasiat pada ibu hamil. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, tekanan darah pada ibu yang tengah mengandung akan lebih terjaga dan mampu menjamin kesehatan calon buah hatinya hingga proses melahirkan nanti. 

  11. Atasi Insomnia dan Stres

    Tak jarang kesibukan sehari-hari membuat beban pikiran menjadi terlalu berat dan berbuntut pada munculnya stres. Jika kamu adalah salah satunya, maka khasiat buah kesemek yang satu ini penting untuk didapatkan. 

    Imbas dari kombinasi berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, buah kesemek mampu memberikan perasaan rileks dan menenangkan suasana hati saat dikonsumsi. Dengan suasana hati yang lebih tenang dan terjaga, tubuh akan menjadi lebih santai sehingga mampu mengatasi stres dan sulit tidur atau insomnia. 

  12. Cegah Peradangan atau Inflamasi

    Peradangan atau inflamasi dalam tubuh mampu meningkatkan risiko infeksi penyakit. Nah, karena memiliki kandungan senyawa kimia bernama phytochemicals, buah kesemek memiliki sifat anti peradangan dan anti inflamasi. Dalam kata lain, risiko peradangan atau inflamasi dalam tubuh akan lebih jarang terjadi. 

  13. Mampu Redakan Ambeien

    Hal ini disebabkan karena buah tersebut bersifat anti hemoragik sehingga mampu meredakan ambeien. Tak hanya itu, buah kesemek juga dapat mencegah terjadinya pendarahan berlebihan pada penderita wasir. 

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Mulai Rutin Konsumsi Buah Kesemek untuk Wujudkan Gaya Hidup Lebih Sehat

loader

Buah Kesemek

Secara umum, buah kesemek dapat memberikan beragam manfaat menyehatkan bagi tubuh saat dikonsumsi secara rutin. Berbagai macam penyakit berbahaya dan lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat diatasi dengan memasukkan buah kesemek ke dalam daftar makanan yang wajib dikonsumsi setiap minggu.

Selain itu, bagi kamu yang sedang menjalani program diet atau di masa kehamilan, buah kesemek juga dapat memberikan berbagai khasiat lainnya yang sayang jika sampai dilewatkan. Jadi, agar tubuh terhindar dari berbagai ancaman penyakit dan rencana menjalani gaya hidup lebih sehat kamu terwujud, jangan ragu untuk mulai mengonsumsi buah kesemek ini secara rutin.

Baca Juga: Beragam Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya