Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Di Indonesia, buah bit memang belum sepopuler dengan buah tropis yang banyak tumbuh dan dijual di pasaran. Padahal, buah yang berasal dari Inggris dan Amerika Utara ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang amat penting bagi kesehatan. 

Buah bit termasuk sebagai tanaman Beta Vulgaris yang sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan di banyak swalayan seluruh Indonesia. Namun, bukan berasal dari Indonesia maupun wilayah Asia Tenggara, popularitas buah berwarna keunguan tersebut seringkali ditutupi dengan buah asli dalam negeri. Alhasil, belum banyak masyarakat yang tahu tentang buah tersebut dan juga manfaat apa saja yang dimilikinya.

Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, buah bit nyatanya tidak banyak menyimpan lemak ataupun kalori. Hal ini membuatnya seringkali dijadikan sebagai pilihan menu untuk program diet atau menjaga asupan gizi yang diterima oleh tubuh. Kebanyakan penyuka buah bit mengolahnya sebagai jus ataupun memotongnya kecil-kecil dan menjadikannya sebagai camilan.

Tentunya, ada lebih banyak lagi kandungan dari buah bit yang dapat memberikan khasiat pada tubuh. Apa saja? Berikut adalah rangkuman beragam kandungan beserta manfaat buah bit.

Kandungan Gizi Apa Saja yang Dimiliki Buah Bit?

loader

Buah bit memiliki beragam nutrisi yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi itulah yang membuat buah berwarna ungu tersebut mampu memberikan beragam khasiat untuk kesehatan. Jadi, tidak heran jika buah bit banyak dijadikan sebagai konsumsi agar tubuh senantiasa sehat.

Kandungan nutrisi yang banyak dimiliki meliputi vitamin C, fosfor, zat besi, serat, magnesium, dan juga kalium. Tidak hanya itu, triptofan, betasianin, asam folat, serta coumarin juga termasuk sebagai kandungan gizi yang penting untuk kebutuhan tubuh. 

Melihat dari kandungan yang dimilikinya, buah bit tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang biasa saja. Pada ibu hamil, buah tersebut juga sering dimanfaatkan dengan tujuan untuk menjaga tumbuh kembang janin dan juga kesehatan si ibu hamil. Oleh karena itu, tidak mengagetkan jika buah bit menjadi salah satu buah yang banyak memiliki penggemar. 

Bagi yang belum tahu, daun buah bit juga seringkali diolah sebagai bahan campuran pada masakan. Cara mengolah buah bit juga cukup bervariasi, tergantung dari selera. Jadi, agar bisa mendapatkan khasiat buah bit tidak harus selalu mengolahnya menjadi jus saja, tetapi, juga dengan cara pengolahan lainnya juga.  

Baca Juga: Beragam Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Buah Bit yang Baik untuk Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

  1. Menjadi Sumber Energi Tubuh dan Menjaga Stamina

    Meski bukan berasal dari Indonesia maupun negara tetangga, penggemar buah bit cukup banyak di dalam negeri. Selain keunikannya, buah bit banyak dikonsumsi karena beragam manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah tersebut.

    Manfaat buah bit yang pertama adalah menjadi sumber energi bagi tubuh. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, kandungan karbohidrat buah berukuran kecil tersebut cukup melimpah. Namun, meski kaya akan karbohidrat, Anda tidak perlu takut mendapat asupan kalori yang berlebihan pula.

    Pasalnya, buah bit dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Karena alasan inilah mengapa buah bit berkhasiat untuk menambah energi tubuh dan juga stamina agar bisa beraktivitas seharian. 

    Tidak hanya itu, kandungan vitamin Cnya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam kata lain, selain menjadi sumber energi dalam tubuh dan menjaga stamina agar tetap fit, buah bit juga mampu menangkis bakteri dan juga virus penyebab penyakit. Jadi, buah bit ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang merasa mudah capai ataupun yang rentan terserang penyakit.  

  2. Kandungan Antioksidan yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

    Beberapa kandungan penting lainnya adalah betasianin, serat larut, dan juga flavonoid. Selain menimbulkan warna merah keunguan yang unik, kandungan tersebut dapat menjadi sumber antioksidan dalam tubuh yang cukup kuat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sering muncul. Salah satunya adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi. 

    Dengan tingginya asupan antioksidan yang didapatkan oleh tubuh, kolesterol jahat dalam tubuh akan bisa diturunkan kadarnya. Hal ini berhubungan langsung dengan semakin membaiknya kondisi tubuh dan menghilangkan risiko munculnya masalah kesehatan lain yang lebih serius. 

    Sudah bukan menjadi rahasia umum jika kolesterol jahat menjadi pemicu utama penyakit paling mematikan di dunia, yaitu penyakit jantung. Stroke juga seringkali diakibatkan oleh kolesterol yang menumpuk pada aliran pembuluh darah. Nah, agar penyakit berbahaya tersebut tidak terjadi, mengonsumsi buah bit dapat menjadi salah satu cara untuk mencegahnya. 

  3. Cocok Dijadikan sebagai Teman Makan untuk Diet

    Buah bit sudah luas dikenal sebagai makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sudah dijelaskan sebelumnya jika kandungan karbohidrat dalam buah bit cukup tinggi, namun dengan jumlah kalori yang rendah. Hal ini saja sebenarnya sudah cukup membuktikan bahwa buah tersebut cocok dijadikan sebagai pilihan untuk menurunkan berat badan.

    Tetapi, khasiat buah bit sebagai makanan untuk diet bukan hanya karena alasan tersebut saja. Saat dikonsumsi, buah bit juga mampu memperlancar efek detoksifikasi dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini juga meliputi mengurangi lemak yang menumpuk pada tubuh. 

    Tidak hanya itu, karena mengandung magnesium, buah bit juga mampu mendukung saraf serta otot agar bekerja maksimal. Jadi, tubuh akan menjadi lebih tidak mudah lelah saat melakukan olahraga dan sebagainya. Badan pun menjadi lebih mudah mendapatkan berat idealnya.

  4. Membantu Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

    Secangkir buah bit mengandung sekitar 3,5 gram serat yang baik untuk pencernaan. Inilah yang membuat buah tersebut sering dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai masalah pencernaan yang sering muncul pada seseorang. Jadi, bagi Anda yang merasa memiliki sistem pencernaan yang tidak lancar, bisa coba mulai rutin mengonsumsi buah berwarna ungu tersebut.

    Khasiat buah bit untuk menyehatkan saluran pencernaan akan menjadi lebih kuat saat dipadukan dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Bahkan, akan ada lebih banyak lagi khasiat yang bisa didapatkan dari buah bit saat mencampurkan berbagai macam buah dan menjadikannya sebagai jus. Oleh karena itu, coba untuk mencari referensi resep jus dengan bahan buah bit agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih hebat lagi untuk kesehatan Anda. 

  5. Menumpas Zat Karsinogen dalam Tubuh

    Karsinogen adalah zat berbahaya dalam tubuh yang menjadi pemicu utama munculnya sel kanker. Saat sel kanker sudah terlanjur muncul dan membesar, tubuh akan menjadi lebih sulit untuk melakukan proses biologisnya. Hal tersebut dapat memicu munculnya masalah kesehatan yang serius dan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

    Agar hal tersebut tidak terjadi, zat karsinogen dalam tubuh harus bisa dicegah kemunculannya dan dihilangkan endapannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi zat karsinogen ini adalah dengan mengonsumsi buah bit yang mengandung fitonutrien. 

    Zat karsinogen juga dapat ditumpas dengan buah bit yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, tubuh bisa secara alami menghentikan proses endapan zat karsinogen yang dapat menjadi sel kanker dan mengancam keselamatan.

    Buah bit juga dapat memberikan nutrisi yang disebut betalains yang berperan untuk mendorong tubuh dalam memproduksi enzim yang mampu menghambat pembentukan sel kanker. Oleh sebab itu, agar terhindar dari risiko terkena penyakit kanker, jadikan buah bit sebagai makanan yang rutin untuk dikonsumsi setiap harinya.

Baca Juga: Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

Masih Belum Tertarik untuk Rutin Mengonsumsi Buah Bit?

Tak dapat dipungkiri jika buah bit masih belum banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Tidak banyak dijual di pasar tradisional dan merupakan buah yang berasal dari Benua Eropa dan Amerika menjadi alasan mengapa popularitas buah bit belum setinggi buah lokal.

Akan tetapi, dengan banyaknya khasiat kesehatan yang diberikan, buah bit lambat laun semakin populer dan dikenal oleh masyarakat. Peminatnya pun semakin hari bertambah jumlahnya dan makin banyak swalayan yang menjual buah tersebut. Untuk itu, bagi Anda yang masih merasa ragu dengan manfaat buah bit, coba saja beli di swalayan terdekat dan buktikan keaslian dari khasiat buah tersebut. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apakah Mampu Cegah Corona?