Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Plum bisa jadi adalah salah satu jenis buah yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia tapi menyimpan banyak khasiat berharga untuk kesehatan. Bahkan, buah plum mampu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang kronis. 

Memang, kebanyakan orang Indonesia belum mengenal buah plum karena pada dasarnya, buah ini tidak tumbuh secara alami di dalam negeri. Buah plum adalah buah yang berasal dan mudah ditemukan di banyak negara barat, sebagai contoh Eropa dan Amerika. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa buah ini masih terdengar asing di telinga orang Indonesia.

Meski begitu, manfaat buah plum tidak kalah hebatnya dengan buah tropis khas Indonesia. Malahan, bisa dibilang ada beberapa manfaat buah plum yang mungkin tidak ditemukan pada buah-buahan yang tumbuh alami di Indonesia. Karenanya, buah ini lambat laun mulai populer dan dimanfaatkan di Indonesia.

Lantas, apa saja sih khasiat yang dimiliki oleh buah asal negeri barat tersebut hingga mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

8 Manfaat Buah Plum

loader

  1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

    Buah plum adalah buah yang memiliki jumlah antioksidan berlimpah di dalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak sekali vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12, dan vitamin K. Beberapa kandungan gizi yang dimiliki adalah serat, magnesium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, dan juga seng.

    Seperti yang sudah luas diketahui, seluruh kandungan tersebut adalah nutrisi yang amat penting dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, terlihat dari kandungan tersebut saja sudah dapat diketahui bahwa buah ini mempunyai segudang manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

    Khasiat pertama yang bisa didapatkan adalah sistem imun tubuh menjadi semakin kuat. Sudah jelas jika khasiat buah plum ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimilikinya. Pasalnya, dengan semakin banyaknya asupan antioksidan yang diterima oleh tubuh, risiko terjadinya kerusakan sel akan menjadi lebih kecil.

    Ditambah lagi antioksidan dapat berperan sebagai penumpas radikal bebas dalam tubuh yang dikenal sebagai pemicu utama bertumbuhnya sel kanker. Jadi, dengan rutin mengonsumsi buah ini, tidak hanya memiliki daya tahan yang lebih kuat dari serangan penyakit tetapi risiko terkena penyakit kanker juga akan menjadi lebih kecil.

  2. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

    Bagi yang belum tahu, buah plum adalah salah satu jenis buah yang mengandung kalori dengan jumlah cukup kecil. Dibandingkan dengan buah lainnya, buah plum tergolong sebagai yang memiliki kalori rendah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa buah ini cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet. 

    Tidak hanya itu, buah plum juga memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh. Kandungan seratnya yang tinggi membuatnya mampu melancarkan sistem pencernaan dan mengeluarkan kotoran yang mengendap dalam tubuh. Serta vitamin A dan juga vitamin C memiliki peran yang cukup signifikan dalam menjaga berat tubuh agar tetap ideal.

    Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan atau yang sedang dalam program diet sering mengonsumsi buah tersebut. 

  3. Membuat Mata Menjadi Lebih Sehat

    Salah satu kandungan yang cukup banyak dimiliki oleh buah plum adalah vitamin A. Tidak tanggung-tanggung, kandungan vitamin A dalam buah tersebut mencapai 5 persen. Jadi, tidak mengherankan jika buah ini menjadi asupan terbaik dalam menjaga mata agar tetap karena kandungan gizi tersebut.

    Namun, rahasia buah plum mampu membuat mata menjadi lebih sehat bukan karena kandungan vitamin A-nya yang berlimpah saja. Tetapi, buah ini juga mengandung beta karoten yang penting untuk menjaga mata agar tetap sehat. Oleh sebab itu, bagi Anda yang merasa memiliki masalah penglihatan atau ingin memiliki mata yang senantiasa sehat, jadikan buah ini sebagai makanan yang rutin untuk dikonsumsi. 

  4. Melancarkan BAB

    Buah plum dikenal sebagai buah yang tinggi akan kandungan serat alaminya. Secara umum, fungsi serat saat dikonsumsi oleh tubuh adalah menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Dalam kata lain, sering mengonsumsi makanan berserat tinggi membuat tubuh lebih mudah mencerna segala asupan yang diterimanya. 

    Karena kandungan serat alaminya sangat tinggi, tubuh mampu membuat feses menjadi lebih padat. Hal ini membuat risiko terjadinya sembelit menjadi lebih kecil dan proses pembuangan tubuh menjadi lebih lancar prosesnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa memiliki sistem pencernaan yang kurang lancar dan jarang mengonsumsi makanan berserat, tidak ada salahnya untuk mulai memakan buah plum secara rutin. 

  5. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

    Buah plum tergolong sebagai buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun, berbeda dengan makanan dengan golongan yang sama-sama mengandung karbohidrat berlimpah, buah plum tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Jadi, meski sering mengonsumsi buah ini, kadar gula dalam tubuh tetap akan terkontrol dan masih dalam batas normal.

    Penyebabnya, buah plum memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi adinopektin. Bagi yang belum tahu, adinopektin adalah hormon yang memiliki peran untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Saat kadar hormon tersebut baik, maka risiko tingginya kadar gula dalam darah akan menjadi semakin kecil.

    Tidak hanya itu, kandungan serat alaminya pun mampu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam usus. Artinya, tubuh tidak akan merasakan pelonjakan kadar gula saat rutin mengonsumsi buah ini. Risiko terjadinya sugar rush yang sering dirasakan oleh penderita diabetes pun menjadi lebih kecil. 

  6. Kaya Akan Nutrisi Penting untuk Membuat Tulang Sehat

    Khasiat selanjutnya adalah membuat tulang menjadi lebih sehat. Buah asal negeri barat ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan vitamin K dan beragam nutrisi lainnya yang penting untuk tulang. Sebagai contoh adalah kandungan boron atau unsur mineral yang mampu meningkatkan daya tahan estrogen dan vitamin D di dalam tubuh. 

    Di samping itu, buah plum juga mengandung magnesium, antioksidan, dan juga kalium yang bisa menjaga tulang dari risiko kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jadi, dengan rutin mengonsumsi buah ini, tulang akan menjadi lebih sehat. Beberapa penyakit tulang, seperti osteoporosis pun menjadi lebih kecil potensinya untuk terjadi. 

  7. Meningkatkan Kelancaran Sistem Kerja Saraf

    Memiliki kandungan vitamin B6, buah plum berkhasiat untuk membantu kinerja transmisi sinyal saraf dalam tubuh. Hal tersebut meningkatkan kelancaran dari sistem kerja saraf dan membantu otak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan normal. Kandungan nutrisi tersebut juga membantu produksi hormon yang dapat memengaruhi mood atau suasana hati. 

    Tidak berhenti sampai di situ, kualitas tidur, konsentrasi, dan nafsu makan juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi buah ini. Pasalnya, buah plum mengandung zat yang disebut asam amino triptofan. 

  8. Baik untuk Perawatan Kulit

    Terakhir, buah plum juga memiliki khasiat untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda karena adanya antioksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah plum secara rutin juga mampu menyamarkan noda hitam dan kulit mengkerut. Karena manfaat ini, tak sedikit produk kecantikan kulit yang terbuat dari ekstrak buah plum digunakan. 

Baca Juga: Mengenal Activated Charcoal dan Manfaat Hebatnya untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Tetap Seimbangkan Asupan Nutrisi yang Diterima Tubuh

Hampir semua masalah kesehatan dapat diakibatkan dari gaya hidup dan pola makan yang buruk. Meski buah plum memiliki banyak nutrisi dan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna masih harus dilakukan. Dengan begitu, barulah tubuh dapat menjadi lebih sehat dan lebih kebal dari serangan penyakit. 

Baca Juga: Kenali Dexamethasone, Jenis Obat Kortikosteroid yang Diklaim Ampuh Mengobati Virus Corona