Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagai masyarakat Indonesia, Anda pasti pernah makan kuliner khas dalam negeri, tahu dan tempe. Ya, tahu dan tempe adalah jenis makanan legendaris yang hingga kini masih banyak memiliki peminat dan rutin dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain memang lezat, kedua bahan makanan tersebut amat ramah di kantong dan banyak dijual di pasar. 

Karena sudah sering memakannya, tentu tahu kan, kalau tahu dan tempe terbuat dari kacang kedelai? Pasti Anda juga sudah paham kalau kacang kedelai memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan memberikan beragam manfaat positif. 

Kacang kedelai memang tidak hanya bisa diolah menjadi tahu dan tempe yang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya di Indonesia. Untuk bisa mendapatkan khasiat yang dimilikinya, kacang kedelai juga sering diolah menjadi produk susu. Pun penggemar susu kedelai di dalam negeri juga tidak kalah banyaknya dengan tahu dan tempe. 

Lantas, banyak dijadikan sebagai produk olahan di Indonesia, apa sajakah kandungan nutrisi dan manfaat kacang kedelai untuk kesehatan dan juga kecantikan? Tentu saja cukup banyak. Untuk lebih jelasnya, inilah deretan manfaat kacang kedelai. 

Baca Juga: Chia Seed, Superfood yang Kaya Akan Nutrisi dan Khasiat Hebatnya untuk Kesehatan

10 Manfaat Kacang Kedelai

loader

  1. Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

    Sistem imun tubuh menjadi garda terdepan untuk mengurangi risiko penyakit menyerang seseorang. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, Anda akan lebih kebal terhadap serangan virus ataupun bakteri penyebab penyakit. Jadi, kesehatan seseorang sebagian besar ditentukan oleh tingkat imunitas yang dimiliki.  

    Dengan mengonsumsinya, daya tahan tubuh akan meningkat. Sebab, kacang kedelai mengandung berbagai macam gizi serta antioksidan yang berperan untuk meningkatkan imunitas. Untuk itu, bagi Anda yang merasa memiliki sistem imun yang lemah, terlebih dalam kondisi lingkungan yang seperti ini, disarankan untuk rutin mengonsumsi kacang kedelai.  

  2. Mampu Mengontrol Tekanan Darah

    Khasiat kacang kedelai selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Kacang kedelai mengandung asam lemak baik yang mampu membuat tekanan darah menjadi lebih lancar dan terkontrol. 

    Tidak hanya itu, kalium sebagai salah satu kandungan dari kacang kedelai juga berperan untuk membantu tubuh mengatasi natrium yang kadarnya terlalu banyak. Jika natrium dibiarkan kelebihan kadarnya, risiko penyakit hipertensi akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi kacang kedelai, tubuh akan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

  3. Membuat Jantung Lebih Sehat

    Tidak hanya menurunkan risiko seseorang terkena penyakit hipertensi, mengonsumsi kedelai juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang kedelai memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh yang berguna untuk membantu tubuh dalam menekan kadar trigliserida pada darah. 

    Tidak hanya itu, kacang kedelai yang dikenal sebagai sumber protein yang juga mampu menjaga kadar kolesterol agar tetap terkendali dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh, risiko munculnya penyakit jantung juga akan menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, jadikan kacang kedelai sebagai konsumsi rutin bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit paling mematikan di dunia ini. 

  4. Memiliki Fungsi Sebagai Pencegah Kanker

    Sama mengerikannya dengan penyakit jantung, kacang kedelai ternyata juga dapat menjadi salah satu makanan yang mampu mencegah penyakit kanker muncul. Alasannya, kandungan antioksidan dalam kacang kedelai tergolong cukup tinggi sehingga mampu menumpas radikal bebas yang penyebab utama munculnya sel kanker dalam tubuh. 

    Khasiat yang satu ini bisa didapatkan dari mengonsumsi segala macam produk olahan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti susu, tahu, tempe, maupun bubur. Jadi, tidak sulit untuk bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari kacang kedelai ini.

  5. Aman Dikonsumsi Saat Menjalani Program Diet

    Kacang kedelai tergolong sebagai kacang-kacangan yang memiliki kadar glikemik rendah. Inilah mengapa kacang kedelai aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet maupun yang ingin menurunkan berat badan. 

    Ditambah dengan kandungan protein dan juga seratnya yang tinggi, kacang kedelai menjadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi guna menjaga berat badan agar tetap ideal. Jadi, selain tidak menambah kadar gula yang dapat menjadi tumpukan lemak dalam tubuh, kacang kedelai juga mampu melancarkan sistem pencernaan. Efek dari menjalani program diet pun akan menjadi lebih terlihat. 

  6. Melindungi Tulang, Sendi, Juga Otot agar Tetap Sehat

    Agar tulang sendi, dan juga otot senantiasa terjaga kesehatannya, tubuh membutuhkan banyak asupan beragam mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor. Saat tubuh banyak mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut, dapat dijamin bahwa kesehatan tulang, sendi, serta ototnya akan terjaga.

    Hal inilah yang membuat kacang kedelai memiliki khasiat untuk melindungi tulang, sendi, juga otot. Pasalnya, kacang kedelai mempunyai kandungan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan  bagian tubuh tersebut. Jadi, dengan rutin mengonsumsi kacang kedelai, risiko penyakit tulang menjadi lebih kecil terjadi, serta tubuh tidak gampang merasa lelah karena kesehatan otot juga sendi terjaga. 

  7. Awet Muda 

    Tak dapat dipungkiri jika semua orang pasti mendambakan penampilan yang awet muda. Selain membuat penampilan tampak lebih menarik, menjadi awet muda juga dapat menjadi tanda bahwa seseorang mencanangkan gaya hidup yang sehat. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan khasiat awet muda ini adalah dengan rutin mengonsumsi kacang kedelai. 

    Beragam masalah kulit yang menjadi pemicu penuaan diri, seperti kulit kusam, keriput, garis halus, noda hitam, dan banyak lagi lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang kedelai. Terlebih kacang ini memiliki kandungan fitoestrogen yang dipercaya dapat mendorong tubuh untuk memproduksi hormon estrogen yang mana berguna untuk menurunkan garis halus serta keriput pada kulit. Jadi, jika Anda ingin memiliki tampilan awet muda, mulai biasakan diri untuk rutin mengonsumsinya.   

  8. Menjadikan Kulit Menjadi Lebih Cerah dan Lembap

    Kacang kedelai memang bisa membuat penikmatnya awet muda dan membuat kulit tampak lebih sehat. Penyebabnya karena kedelai mengandung vitamin E yang dikenal mampu melestarikan kecantikan seperti membuat kulit tampak lebih cerah dan lembap. 

    Tidak hanya itu, kacang kedelai juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit kering yang kerap menjadi penyebab utama kerusakan pada kulit. Masalah kelebihan minyak pada kulit juga bisa diatasi dengan mengonsumsinya. Dalam kata lain, kacang kedelai memiliki beragam manfaat penting agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya. 

  9. Mengganti Hormon Estrogen Akibat Menopause

    Ketika seorang wanita telah memasuki usia kepala 4, hormon kewanitaannya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Masa ini biasa dikenal dengan istilah menopause yang juga menjadi pertanda bahwa wanita di usia tersebut tidak akan mengalami menstruasi lagi. 

    Ada beberapa gejala yang muncul saat kondisi ini terjadi, semisal gairah seksual yang menurun, susah tidur, hot flashes, depresi, dan lain sebagainya. Memasuki masa menopause juga meningkatkan risiko seorang wanita untuk terserang berbagai jenis penyakit. 

    Untuk mengatasi hal tersebut, wanita yang sudah memasuki masa menopause disarankan mengonsumsi kacang kedelai. Sebab, kacang kedelai mengandung phytoestrogen yang berguna untuk mengganti hormon estrogen yang sudah tidak lagi diproduksi oleh tubuh. Jadi, dengan rutin mengonsumsi kacang tersebut, risiko munculnya sindrom pasca menopause dapat dicegah dan diatasi.  

  10. Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

    Kesulitan untuk tidur atau biasa disebut insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gaya hidup, penyakit, psikologi, dan lain sebagainya. Penderita gangguan tersebut tentu merasa tidak nyaman karena kesulitan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, insomnia bisa memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius.

    Salah satu cara untuk mengatasi masalah gangguan tidur adalah dengan mengonsumsi kacang kedelai. Bukan tanpa alasan, kacang kedelai mengandung magnesium yang terbukti ampuh dalam memperbaiki kualitas tidur. Oleh karena itu, sebelum masalah susah tidur menjadi terlalu parah, coba redakan dulu dengan mengonsumsi olahan kedelai secara rutin. 

Baca Juga: Kurma, Buah Khas Bulan Ramadan yang Memiliki 10 Khasiat Ajaib untuk Kesehatan

Memiliki Banyak Khasiat, Kenali Efek Samping Mengonsumsi Kedelai

Meski dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat konsumsi kedelai sebaiknya dihindari. Kekurangan hormon tiroid, diare serta perut kembung, dan juga alergi kacang kedelai menjadi kondisi kesehatan yang membuat konsumsi makanan tersebut pantang dilakukan. Jadi, saat Anda mengidap masalah kesehatan tersebut, konsultasikan dulu dengan dokter tentang keamanan mengonsumsi kacang kedelai.  

Baca Juga: Makanan Khas Korea yang Mudah di Masak untuk Sahur dan Berbuka Puasa