Makanan Khas Korea yang Mudah di Masak untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Bosan dengan menu sahur dan buka puasa yang itu-itu saja? Bagaimana kalau mencoba menu baru yang bisa bikin mengembalikan semangat santap sahur dan buka puasa kamu lagi?

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda saat santap sahur dan buka puasa selama ramadhan, bisa mencoba beberapa menu makanan khas dari negara ginseng, Korea. Banyak kok makanan khas Korea yang resepnya sederhana tapi cukup bergizi dan cocok banget untuk dijadikan menu baru baik untuk sahur dan buka puasa bersama kamu dan keluarga.

Ini dia beberapa kumpulan makanan khas Korea yang bisa kamu jadikan rekomendasi menu baru untuk sahur dan buka puasa selama kamu selama bulan ramadhan:

1. Kimbab

kimbab
Kimbab

Makanan ini udah dijamin mudah dan tentunya bahan-bahannya juga murah, jadi tidak usah takut boros untuk menyantap ini selama bulan ramadhan. Bahan-bahan makanannya pun mudah didapatkan seperti kim (rumput laut kering) dan wortel, timun, selada sebagai sayurnya. Untuk kebutuhan protein nya kamu bisa pakai irisan sosis sapi atau ayam, kamu juga bisa kreasikan dengan menambahkan irisan keju dan mayonaise.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

2. Bibimbap

Bibimbap
Bibimbap

Bibimbap adalah nasi campur versi Korea. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah nasi hangat, sayur-sayuran yang telah di rebus, untuk sayurannya kamu bisa mencapurkan segala jenis sayuran favorit kamu, telor atau daging, dan tinggal tambahkan saus khas korea gochujang, tenang saus gochujang Korea ini sudah bisa kamu dapatkan di berbagai supermarket.

3. Bokkeumbap

Bokkeumbap
Bokkeumbap

Bokkeumbap adalah nasi goreng dalam bahasa Korea. Eits, nasi goreng dari Korea tentu berbeda dong dengan yang Indonesia punya. Bahannya memang ada yang sama, tapi ada bahan makanan lain yang bikin Bokkeumbap akan menghadirkan rasa berbeda dari nasi goreng yang biasa kamu makan, yaitu campuran kimchi, sesame oil dan oyster sauce. Sst, kamu juga bisa menambahkan keju atau telor ke hidangan ini, biar makin lezat dan mengenyangkan.

4. Japchae

Japchae
Japchae

Japchae adalah mie sehat khas Korea bahan utamanya dari ubi jalar dan bentuknya seperti bihun, sekarang japchae sudah mudah didapatkan baik secara online atau dibeberapa supermarket. Cara buatnya gampang kok, japchae tinggal kamu tumis dengan beberapa campuran sayur dan irisan daging, biar lebih sehat ganti minyak goreng kamu dengan sesame oil.

5. Budae Jjigae

Budae Jjigae
Budae Jjigae

Bisa dikatakan Budae Jjigae (Army Stew) adalah makanan paling tua umurnya dibandingkan makanan-makanan di atas. Bahan utama dari soup hot pot ini adalah kimchi basah, tenang sekarang sudah banyak kok yang menjual kimchi secara online. Berikutnya kamu bisa menambahkan berbagai bahan lainnya sesuai selera kamu, baik sayuran, daging keju, telur bahkan ramyeon (mie instan) ke dalam soupnya.

6. Kimchi Jiggae

kimchi jjiggae

Kimchi jiggae adalah olahan sup dengan kimchi sebagai bahan utamanya. Kimchi jiggae adalah makanan khas Korea yang cukup mudah dan praktis untuk dibuat. Bahan yang dibutuhkan pun bisa bervariasi sesuai selera kamu yang wajib ada hanya kimchinya saja. Kamu bisa menambahkan daging atau seafood seperti ikan, cumi dan udang kedalam sup sebagai sumber protein dan lemaknya. Bisa juga menggantinya dengan tahu bagi yang vegetarian.

Selain itu, kamu bisa memasukan berbagai jenis sayuran kedalam campuran sup sesuai selera kamu. Orang Korea biasanya tidak menambahkan apa-apa lagi karena kimchi sendiri sudah merupakan sayuran, tapi untuk yang memiliki selera berbeda bisa menambahkan tauge atau pokcoy sebagai tambahan sayurannya.

7. Jjamppong

jjamppong  

Jjamppong bisa diartikan sebagai mie sup seafood karena menggunakan variasi makanan laut kedalam campuran soupnya. Seperti udang, kerang hijau, kepiting, ikan, cumi-cumi atau gurita. Jjamppong biasanya berwarna merah karena diolah dengan kimchi atau pasta cabai khas Korea atau gochujang sebagai bumbu utamanya. Seperti sup lainnya, selain campuran makanan laut ada berbagai campuran sayuran juga didalamnya seperti jamur enoki, daun bawang, sawi putih dari kimchi, pokcoy atau tauge.

8. Jajangmyeon (Mie Pasta Kedelai Hitam)

jajangmyeon

Bagi yang tidak suka makanan yang pedas atau yang terlalu berkuah bisa mencoba makanan khas korea yang satu ini. Jajangmyeon adalah salah satu makanan di Korea yang paling popular dan cukup mudah untuk dibuat. Yang paling penting dalam membuat jajangmyeon adalah pasta kacang hitam yang bisa dibeli secara online dengan mudah. Jajangmyeon bisa dikombinasikan dengan daging dan berbagai sayuran mulai dari wortel, kentang, daun bawang, tauge, sawi putih, kol atau jenis sayuran lainnya sesuai dengan selera kamu.

Baca Juga: Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Rutin Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi agar Puasa Lancar

Faktor utama dari puasa yang lancar dan sehat adalah asupan sahur dengan gizi yang cukup. Jadi jangan malas untuk menyiapkan makanan sahur yang bergizi demi kesehatan dan kelancaran ibadah sendiri. Jika bosan, berkreasi lah dengan menu sahurmu tanpa harus mengurangi nilai gizi yang akan kamu butuhkan untuk mendukung kegiatan kamu seharian sebelum buka puasa.

Baca Juga: Mau Hemat di Bulan Ramadhan? Ikuti 6 Cara Ini