Chia Seed, Superfood yang Kaya Akan Nutrisi dan Khasiat Hebatnya untuk Kesehatan

Sudahkah Anda familiar dengan istilah superfood? Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar istilah tersebut dari berbagai sumber bacaan. Namun, sebagian lainnya hanya menerka-nerka tentang maksud dari istilah superfood tersebut.

Sebenarnya, istilah superfood ini cukup sering digunakan dalam dunia kuliner maupun medis. Hanya saja di percakapan sehari-hari, kata superfood sepertinya jarang terdengar atau digubris, terlebih oleh masyarakat Indonesia. Padahal, istilah superfood tersebut merujuk pada kekayaan alam dalam memenuhi kebutuhan manusia. 

Pada dasarnya, superfood ini berarti sebagai kelompok makanan yang dipercaya mempunyai nutrisi yang begitu kaya dan lengkap. Dengan padatnya nutrisi yang dimiliki oleh superfood, tak mengherankan jika jenis makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi guna meningkatkan kesehatan. Superfood kebanyakan terdiri dari jenis sumber makanan nabati.

Contoh dari makanan jenis superfood ini adalah chia seed, suatu tanaman yang banyak ditemukan di Meksiko dan sudah lama dimanfaatkan oleh suku Aztec ataupun Maya. Lantas, apa yang membuat chia seed ini istimewa dan tergolong sebagai superfood yang baik untuk kesehatan? Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah ulasan mengenai kandungan chia seed beserta khasiatnya. 

Baca Juga: Selain Jaga Kinerja Jantung, ini 5 Manfaat Lain Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi yang Ada Pada Chia Seed

loader

Berdasarkan penelitian yang terus dilakukan, chia seed atau biji chia diketahui memiliki beragam manfaat yang sebelumnya belum diketahui. Hal ini membuat tak sedikit produsen makanan maupun minuman yang menjadikan superfood ini sebagai bahan dasarnya, seperti pada sereal, puding, roti, dan lain sebagainya. 

Diketahui jika chia seed mengandung hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari protein, antioksidan, asam lemak omega-3, serat, vitamin, hingga mineral. Tak mengherankan jika superfood ini banyak dijadikan sebagai asupan untuk melancarkan tumbuh kembang tubuh yang proporsional. 

Tidak hanya itu, chia seed juga termasuk sebagai salah satu makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Hal ini yang membuatnya seringkali dikonsumsi sebagai pengatur kadar gula darah harian secara efektif. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa chia seed dapat memberikan khasiat kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. 

Manfaat Chia Seed

Sebagai salah satu superfood, chia seed tentu memiliki segudang manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Bahkan, hingga kini penelitian lebih lanjut masih tetap dilakukan agar diketahui manfaat apa lagi yang bisa diberikan oleh chia seed. Nah, untuk lebih jelasnya, simak daftar manfaat chia seed berikut ini.  

  1. Sebagai Sumber Asam Lemak Omega-3 

    Chia seed adalah salah satu dari segelintir jenis biji-bijian yang menjadi sumber dari asam lemak omega-3. Bahkan, ikan salmon yang lebih dikenal sebagai penyuplai asam lemak jenis ini ternyata masih kalah dengan chia seed. Asam linoleate atau ALA adalah asam lemak omega-3 yang terkandung dalam superfood ini.

    Berdasarkan temuan dari beragam studi, ALA ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai zat anti inflamasi yang mampu mengurangi tekanan dalam darah, risiko stroke, kanker payudara, prostat, usus besar, maupun penyakit arteri koroner. 

    Tidak hanya itu, seperti yang sudah banyak diketahui masyarakat, kandungan ini amat penting dibutuhkan oleh anak-anak di masa pertumbuhan. Kesehatan kulit juga dapat ikut terjaga saat rutin mengonsumsi kandungan ini.  

  2. Menambah Energi dan juga Metabolisme

    Salah satu manfaat chia seed yang cukup sering dicari oleh para penikmatnya adalah bertambahnya tenaga dan juga metabolisme tubuh. Bagi yang suka berolahraga atau memiliki aktivitas fisik yang padat, chia seed dapat menjadi konsumsi yang tidak boleh dilewatkan. Khasiat chia seed yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin B, besi, seng, serta magnesium.  

  3. Solusi untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

    Biji chia juga menjadi dambaan bagi mereka yang sedang berusaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan tingginya kandungan serat pada chia seed, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk mencerna makanan sehingga tidak lemak tidak terjebak dalam tubuh. Ditambah dengan kandungan proteinnya, biji chia dapat membuat tubuh lebih bertenaga dan menjadi tidak mudah lapar. 

  4. Pencegah Diabetes

    Biji chia memiliki lapisan kulit yang mampu berubah menjadi seperti agar-agar saat terkena cairan. Hal ini membuatnya mampu mencegah tubuh terkena lonjakan kadar gula dalam darah. Berdasarkan pemaparan dari Departemen Pertanian di Amerika Serikat, chia seed banyak digunakan dalam proses pengobatan pasien diabetes sebab kemampuannya untuk memperbaiki tekanan darahnya. 

  5. Memerangi Beragam Jenis Kanker

    Khasiat chia seed dalam memerangi berbagai jenis kanker ini dituturkan pada laporan penelitian dari UCSF Medical Center. Biji chia sebagai pencegah disebabkan karena tanaman tersebut merupakan sumber dari asam alpha-linoleat dan juga antioksidan. Selain itu, chia seed dipercaya ampuh menjaga tubuh dari serangan sel kanker karena minyaknya bersifat anti-kanker. 

  6. Mengatasi Kolesterol Berlebih

    Asam lemak omega-3 dari chia seed ternyata juga memiliki fungsi untuk mengatasi kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Hal ini berkaitan langsung dengan penurunan risiko munculnya penyakit jantung dan juga stroke. Jadi, mengonsumsi biji chia dapat menghindarkan Anda dari terserang penyakit paling mematikan di dunia. 

  7. Mengandung Banyak Kalsium, Mangan, dan Juga Magnesium

    Setara susu, biji chia juga mengandung kalsium yang dapat berguna untuk menyehatkan tulang serta gigi. Kandungan mangan pada chia seed juga dapat mencegah sendi mengalami peradangan, menurunkan risiko diabetes, dan juga epilepsi. Ada pula magnesium pada superfood tersebut yang mampu menghindarkan tubuh dari serangan jantung, hipertensi, juga osteoporosis.

  8. Obat Dislipidemia

    Dislipidemia adalah suatu masalah kesehatan yang berkaitan dengan adanya kelainan metabolisme. Tanda dari penyakit ini adalah fluktuasi pada fraksi lipid di dalam plasma. Untuk mengatasi penyakit ini, chia seed dapat menjadi salah satu pilihan obat alternatifnya. 

  9. Mengobati Divertikulosis

    Divertikulosis merupakan penyakit pada usus besar akibat munculnya kantung tanpa ditandai adanya peradangan sebelumnya. Biji chia yang banyak mengandung serat dan juga omega-3 menjadi salah satu obat mujarab untuk tidak hanya mencegah, tapi juga menyembuhkan divertikulosis. Jadi, kandungan air dalam usus besar dapat lebih mudah terserap dan membuat pergerakan usus menjadi lebih halus.  

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Salmon Segar dan Sehat untuk Dikonsumsi

Alasan Chia Seed Disarankan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk menjaga pola makan serta asupan gizi yang dikonsumsinya agar tumbuh kembang bayi dapat berjalan sempurna. Nah, sebagai salah satu superfood, chia seed mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Beberapa kandungan penting pada biji chia meliputi protein, besi, dan juga kalsium.

Ketiga nutrisi tersebut menjadi kebutuhan dasar bagi ibu hamil agar janin dapat tumbuh dengan sempurna. Sudah banyak dipahami jika kalsium dan protein memiliki pengaruh besar dalam memastikan bahwa fisik calon bayi berkembang dengan baik. Sedangkan kandungan besi merupakan sumber bagi tubuh untuk bisa mendapatkan pasokan darah yang diperlukan. 

Biji chia juga dapat menjadi konsumsi alternatif bagi ibu hamil saat tidak ada makanan lain yang sehat untuk dikonsumsi. Pasalnya, dengan hanya mengonsumsi biji ini, ibu hamil telah bisa mendapatkan sekitar 15 persen dari kebutuhan tubuh akan protein, sepertiga kebutuhan serat, serta sebagian kebutuhan kalori tambahan pada masa trisemester pertamanya. 

Kandungan omega-3 pada biji chia juga memegang pengaruh penting pada perkembangan otak si bayi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan asupan omega-3 ini pada ibu hamil di samping terus mengonsumsi suplemen omega-3 lainnya, seperti dari ikan salmon maupun minyak ikan. 

Adapun manfaat lainnya dari chia seed untuk ibu hamil, seperti memperlambat kemampuan tubuh dalam menyerap gula dan juga meredakan sembelit yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Karena alasan tersebut, tak sedikit yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi superfood ini.  

Efek Samping Chia Seed Jika Dikonsumsi Berlebihan

Meski dapat memberikan segudang manfaat yang hebat untuk kesehatan, mengonsumsi biji chia tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, chia seed juga dapat memberikan efek samping bagi pengonsumsinya. 

Salah satu efek samping yang mungkin timbul adalah masalah gastrointestinal. Efek samping ini sering terjadi dengan ditandai munculnya konstipasi, perut kembung, dan juga feses menjadi keras. 

Bisa menyembuhkan berbagai macam kanker, biji chia ternyata juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Hal ini disebabkan pada beberapa penelitian, kandungan asam alfa linolenat pada tumbuhan tersebut menjadi salah satu pemicu kanker prostat saat jumlahnya terlampau tinggi. Jadi, tetap dijaga konsumsi biji chia ini agar tidak malah menimbulkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan. 

Khasiat Hebat Chia Seed Membuat Tumbuhan Tersebut Menarik untuk Dikonsumsi

Memiliki julukan superfood, tak mengherankan jika biji chia sering dikonsumsi agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa konsumsi chia seed yang sembarangan dapat malah menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, tetap konsumsi biji chia sesuai kebutuhan dan mengolahnya dengan tepat agar khasiatnya dapat dengan tepat dirasakan oleh tubuh. 

Baca Juga: 5 Alasan Sarapan Oats Setiap Hari Bikin Tubuh Lebih Sehat