Berbagai Manfaat Alpukat yang Baik untuk Kesehatan

Doyan makan alpukat atau bahkan menjadikan buah tersebut sebagai konsumsi rutin setiap hari? Maka, sudah hampir bisa dipastikan jika tubuh Anda dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Pasalnya, buah tersebut mampu memberikan beragam nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. 

Alpukat memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Sebab, alpukat tergolong sebagai buah yang cara pengolahannya cukup mudah dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa orang di luar negeri sering memanfaatkan buah tersebut sebagai isian dari sandwich dan juga bahan pelengkap dalam salad. 

Yang pasti, orang-orang banyak mengonsumsinya karena memang memiliki rasa yang lezat dan dapat dikreasikan dengan beragam cara. Lantas, apa sajakah nutrisi yang terkandung dalam alpukat? Dari nutrisi yang terkandung di dalamnya, khasiat kesehatan apa yang bisa didapatkan oleh tubuh?

Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan mudah karena sudah ada banyak studi ilmiah yang menunjukkan manfaat alpukat untuk kesehatan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Imun Tubuh? Inilah Manfaat Jeruk Nipis yang Tidak Banyak Orang Tahu

Aman Dikonsumsi Setiap Hari, Inilah 10 Manfaat Alpukat

loader

  1. Kombinasi 20 Vitamin serta Mineral yang Mampu Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

    Tak dapat dipungkiri jika alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Bayangkan saja, terdapat 20 macam nutrisi vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah tersebut. Artinya, manfaat alpukat untuk kesehatan memang tidak dapat dipandang sebelah mata.

    Dari keseluruhan kandungan nutrisi tersebut, khasiat yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah kadar kolesterol yang terkontrol. Bukan hanya kolesterol, buah alpukat juga mampu menekan jumlah natrium serta memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Hal inilah yang menyebabkan buah ini aman untuk dijadikan sebagai konsumsi setiap hari. 

  2. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

    Faktanya, kebanyakan orang masa kini jarang mendapatkan asupan kalium dari makanan yang dikonsumsinya. Inilah yang membuat alpukat menjadi salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh masyarakat modern seperti sekarang ini. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan kalium yang melimpah. 

    Bahkan, kandungan nutrisi kalium dalam alpukat terbukti lebih banyak dibanding yang ada pada pisang. Pada pisang, kandungan natriumnya sebenarnya sudah tinggi, yaitu 10 persen. Sedangkan, alpukat diketahui mengandung lebih banyak kalium, yaitu mencapai 14 persen. 

    Hal ini membuktikan bahwa alpukat lebih mujarab dalam mengatasi beragam masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi yang merupakan khasiat dari kalium tersebut. Secara tidak langsung, mengonsumsi buah ini juga menurunkan risiko terkena serangan jantung, gagal ginjal, maupun stroke karena tekanan darah dalam kondisi normal. 

  3. Dapat Mengatasi Kanker

    Bagi yang belum tahu, alpukat adalah buah yang tidak mengandung lemak jenuh apapun di dalamnya. Kebanyakan kandungan lemak pada alpukat disebut asam oleat, yang mana adalah asam lemak dalam golongan tidak jenuh. Asam oleat seringkali dijadikan sebagai bahan pokok dalam pembuatan minyak zaitun dan banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

    Salah satu khasiat dari kandungan tersebut adalah mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Asam oleat juga dapat memberikan efek menguntungkan untuk gen yang berhubungan dengan penyakit kanker. Dalam kata lain, buah ini mampu mencegah mengatasi pemicu kanker dalam tubuh.  

  4. Melancarkan Pencernaan

    Sudah banyak diketahui jika kesehatan sistem pencernaan dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Bagi Anda yang merasa memiliki sistem pencernaan kurang sehat, alpukat dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan asupan serat dalam tubuh. Pasalnya, buah ini mengandung cukup banyak serat di dalamnya.

    Saat sistem pencernaan terjaga kesehatannya, ada beragam manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan oleh tubuh. Beberapa di antaranya adalah berat badan yang terjaga, serta menurunkan risiko terjadinya lonjakan gula darah. Jadi, dengan mengonsumsi alpukat dan mendapatkan kandungan seratnya, tubuh bisa mendapatkan beberapa khasiat kesehatan sekaligus. 

  5. Membuat Tubuh Lebih Mudah Menyerap Nutrisi

    Terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwa buah maupun minyak alpukat yang ditambahkan ke salad mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap antioksidan hingga berkali-kali lipat. Lebih tepatnya, tubuh mampu menyerap antioksidan 2,5 sampai 15 kali lebih optimal saat mengonsumsi alpukat.

    Oleh karena itu, alpukat akan meningkatkan jumlah gizi dari makanan nabati lainnya yang sedang dikonsumsi. Dalam kata lain, manfaat dari memakan salad dan beragam sayuran serta buah akan membuat tubuh lebih maksimal dalam menyerap nutrisi berharga di dalamnya. 

  6. Menjadikan Mata Lebih Sehat

    Studi lainnya menunjukkan jika buah alpukat juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit mata. Ketika seseorang rutin mengonsumsi buah tersebut, kesehatan matanya akan lebih terjaga dan menurunkan risiko terkena katarak secara drastis. 

    Khasiat buah alpukat yang satu ini tentu dapat ditingkatkan dengan dibarengi konsumsi buah atau sayur yang mengandung vitamin A. Dengan begitu, risiko munculnya penyakit mata akan menjadi jauh lebih kecil lagi. 

  7. Menekan Kadar Homosistein Tubuh yang Menyebabkan Stres

    Mengonsumsi buah alpukat dapat membuat kandungan homosistein dalam tubuh terjaga kadarnya. Kadar homosistein yang terlalu banyak dapat membuat seseorang lebih rentan terkena stres. Oleh sebab itu, dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, tubuh tidak akan mengalami kelebihan kadar homosistein yang mampu memicu stres.

  8. Menjadi Makanan yang Mendorong Proses Detoks Tubuh

    Detoksifikasi atau biasa disingkat detoks adalah proses alami tubuh untuk membuang segala jenis racun yang mengendap di dalam tubuh. Proses detoks ini dapat menjadi lebih mudah dilakukan tubuh saat seseorang rutin mengonsumsi buah alpukat.

    Untuk membuktikannya, coba biasakan diri mengonsumsi jus alpukat setiap hari. Tidak butuh waktu lama Anda akan merasakan bahwa tubuh menjadi lebih sehat dan juga bugar. Penyebabnya tidak lain karena proses detoks dalam tubuh berjalan dengan lebih optimal akibat nutrisi yang terkandung di dalamnya.  

  9. Meningkatkan Keberhasilan Program Hamil

    Program hamil adalah satu di antara banyak masa krusial dalam kehidupan berumah tangga. Pasalnya, program hamil adalah masa di mana pasangan suami istri berencana untuk menambah keturunan. Sehingga, proses persiapannya pun harus dilakukan dengan matang, baik secara finansial maupun mental.

    Untuk bisa mendapatkan keturunan, suami istri tentu harus bisa meningkatkan kesuburannya agar sperma dapat sampai ke sel telur dan membuahinya. Sebaliknya, sel telur juga harus dalam kondisi yang tepat agar siap dibuahi saat sperma berhasil menembus dinding pelindungnya.

    Karena alasan kesuburan itulah mengapa WHO atau organisasi kesehatan dunia menyarankan untuk mengonsumsi alpukat. Sebab, alpukat dapat meningkat potensi keberhasilan dalam program hamil dari kandungan antioksidan serta seratnya yang tinggi. 

    Dalam perhitungannya, rutin mengonsumsi buah tersebut mampu meningkatkan persentase keberhasilan sperma membuahi sel telur sampai 70 persen. Untuk itu, bagi pasutri yang merasa tak kunjung dianugrahi keturunan meski sudah melakukan program hamil, alpukat bisa jadi solusinya. 

  10. Melancarkan Proses Kehamilan dan Meningkatkan Potensi Bayi Lahir Sehat

    Setelah program hamil berjalan dengan lancar dan telah terjadi proses pembuahan, alpukat masih memiliki khasiat penting yang tak boleh dilewatkan. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah tersebut sebaiknya tetap rutin dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. 

    Pasalnya, alpukat mengandung protein, vitamin, lemak sehat, serta mineral yang kesemuanya amat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan folatnya yang tinggi juga menambah rincian alasan mengapa alpukat cocok dikonsumsi saat sedang berada pada masa kehamilan. Pada ibu hamil, folat dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak. 

    Beberapa khasiat lain dari alpukat untuk ibu hamil adalah mencegah cacat saraf pada janin, mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada janin, serta mencegah deformitas. Ibu hamil yang rentan terkena sembelit juga dapat diatasi dengan mengonsumsinya karena mampu meningkatkan kinerja usus dan sistem pencernaan. 

    Masalah morning sicknes yang sering dirasakan oleh ibu hamil juga dapat diredakan dengan sering mengonsumsi alpukat. Risiko terkena anemia, diabetes, hipertensi, serta stroke yang bisa menyebabkan komplikasi juga dapat dikurangi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi alpukat saat sedang dalam masa mengandung. 

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Memiliki Beragam Khasiat Kesehatan, Masih Ragu Mengonsumsi Alpukat?

Pada dasarnya, alpukat sudah menjadi buah yang memiliki banyak penikmat, baik di dalam negeri maupun di negara lain. Selain karena rasa dan kemudahan untuk mengolahnya, alasan untuk menjadikan alpukat sebagai buah favorit adalah karena khasiat yang dimilikinya untuk kesehatan. Oleh karena itu, ada banyak hal positif yang dilewatkan bagi Anda yang masih ragu untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. 

Baca Juga: Kurma, Buah Khas Bulan Ramadan yang Memiliki 10 Khasiat Ajaib untuk Kesehatan