Bisa Meningkatkan Imun Tubuh? Inilah Manfaat Jeruk Nipis yang Tidak Banyak Orang Tahu

Meski tidak sepopuler kerabatnya, jeruk nipis menjadi salah satu jenis jeruk yang cukup banyak memiliki peminat di Indonesia. Biasanya, jeruk nipis paling sering dijadikan sebagai campuran teh agar bisa menciptakan cita rasa yang manis dan sedikit asam dalam minuman tersebut. 

Namun, tahukah Anda bahwa jeruk nipis tidak hanya berguna untuk memberikan rasa asam pada minuman? Sebagai salah satu jenis jeruk, jeruk nipis tentu banyak mengandung beragam vitamin, terutama vitamin C. Tidak hanya vitamin, jeruk nipis tentu memiliki beragam nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Nah, dengan segala kandungan yang dimilikinya, jeruk nipis ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, lho! Apa saja? Simak uraiannya berikut ini. 

Kandungan Nutrisi Pada Jeruk Nipis

loader

Sebelum membahas tentang khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, akan lebih meyakinkan jika mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam buah tersebut. Dengan begitu, alasan ilmiah yang mendasari manfaat jeruk nipis dapat dibuktikan dan lebih dapat dipercaya. 

Dibanding dengan jeruk lainnya, jeruk nipis memang memiliki yang cenderung lebih asam dan sedikit memiliki rasa manis. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk nipis memang lebih banyak jika disandingkan dengan jeruk pada umumnya. Bisa dibilang jeruk nipis mengandung paling banyak jeruk nipis ketimbang jenis jeruk yang lain. 

Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki beberapa kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, serta vitamin B5. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, serat, protein, asam folat, kalsium, serta zat besi dan asam sitrat sebagai pemberi rasa asam.

Ditambah dengan fosfor, kalium, seng, gula, dan juga magnesium, kandungan dari jeruk nipis tidak dapat diremehkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Jadi, manfaat jeruk nipis bukan hanya sebagai campuran untuk minuman atau semacamnya saja.  

Baca Juga: 10 Makanan Lezat ini Bisa Bantu Anda Berhenti Merokok

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Dengan segala kandungan yang dimiliki, tentu tubuh dapat merasakan khasiat jeruk nipis saat dikonsumsi. Tidak tanggung-tanggung, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan cukup komplit dan penting. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

    Manfaat pertama yang bisa didapatkan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sudah jelas jika salah satu fungsi vitamin C adalah sebagai booster pada imunitas tubuh. Tak sedikit produk suplemen kesehatan yang meningkatkan sistem imun yang kandungan utamanya adalah vitamin C.

    Nah, dengan berlimpahnya vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis, bahkan digadang-gadang sebagai yang paling banyak di antara jenis jeruk lainnya, kekebalan tubuh pasti akan menjadi lebih baik pasca mengonsumsinya. Tidak hanya karena vitamin C, jeruk nipis juga mengandung banyak antioksidan dari flavonoid. 

    Dengan adanya flavonoid tersebut, tubuh akan menjadi lebih kebal dari serangan penyakit. Anda pun dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih lancar karena badan senantiasa terasa bugar dan sehat. 

  2. Penyeimbang pH dalam Tubuh

    PH bisa juga diartikan sebagai keseimbangan antara kadar asam dan juga basa dalam tubuh. Keseimbangan antara keduanya menjadi salah satu penentu apakah tubuh sedang sehat atau memiliki masalah kesehatan. Nah, dengan rutin mengonsumsinya, kadar pH dalam tubuh dapat diseimbangkan dan menjadi lebih sehat.

  3. Pencegah Kanker

    Jeruk nipis memiliki kandungan liminoid yang berperan sebagai penghilang radikal bebas pada tubuh. Sudah umum diketahui bahwa radikal bebas menjadi penyebab utama munculnya sel kanker. Jadi, dengan mengonsumsi jeruk nipis, risiko munculnya beragam jenis sel kanker seperti lambung, usus besar, dan juga leukemia menjadi semakin kecil terjadi. 

  4. Menjadi Obat Asam Urat

    Kandungan asam sitrat ternyata tidak hanya sebagai pemberi rasa asam pada jeruk nipis. Kandungan tersebut ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat asam urat karena mampu melarutkannya secara alami. Cukup mudah, khasiat ini bisa didapatkan hanya dengan meminum segelas air jeruk nipis setiap di pagi hari. 

  5. Mengurangi Kolesterol

    Selain meningkatkan imun tubuh, flavonoid juga berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan tersebut berfungsi sebagai penghilang radikal bebas dan molekul lain dalam tubuh yang tidak stabil dan berisiko merusak sel yang sehat. Hal ini secara tidak langsung turut mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga sekaligus menekan tekanan darah tinggi. 

  6. Menjaga Kesehatan Ginjal

    Kembali ke asam sitrat, kandungan tersebut juga mampu mencegah terjadinya pengikatan mineral oleh kalsium. Jadi, dengan rutin mengonsumsi perasan jeruk nipis, ginjal akan menjadi lebih sehat dan pembentukan batu ginjal dapat dicegah.

  7. Mengidealkan Berat Tubuh

    Sempat dibahas sebelumnya bahwa jeruk nipis seringkali dijadikan sebagai campuran pada teh. Nah, seduhan teh dengan jeruk nipis ini mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar, termasuk lemak. Jadi, proses pembakaran lemak dalam tubuh akan menjadi lebih cepat dan dapat menurunkan berat badan. 

  8. Menyembuhkan Masalah Mulut

    Manfaat lainnya adalah menjadikannya sebagai obat kumur untuk menyembuhkan berbagai masalah mulut, seperti sakit gigi dan juga sariawan. Tidak hanya itu, dengan menggunakan jeruk nipis, gigi akan terlihat lebih putih dan menghilangkan bakteri yang menempel.

    Selain itu, radang tenggorokan juga dapat diredakan rasa sakitnya dengan menggunakan jeruk tersebut. Jadi, jeruk nipis dapat menjadi solusi alami dalam mengatasi berbagai masalah mulut yang mengganggu.

  9. Pengganti Deodoran

    Bau badan menjadi masalah yang umum dimiliki oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan. Cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan rutin menggunakan deodoran. Nah, saat suatu saat deodoran sedang habis dan di rumah cuma ada jeruk nipis, buah tersebut dapat sementara dijadikan sebagai penggantinya. 

  10. Obat Panu

    Meski tidak terlalu mengganggu dan dapat dengan mudah ditutupi, panu tetap saja menjadi masalah kesehatan yang sebaiknya segera ditangani. Kandungan vitamin C yang berlimpah dapat menjadi salah satu cara menghilangkan panu. Caranya dengan mencampur buah tersebut dengan belerang sehingga membentuk seperti krim dan mengoleskannya pada pusat panu selama beberapa saat.  

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, jeruk nipis juga dapat diaplikasikan untuk menjaga kecantikan. Kulit wajah bisa menjadi lebih elok dengan memanfaatkannya. Lantas, apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah?

  1. Membuat Wajah Nampak Cerah dan Awet Muda

    Jerawat, kulit kusam, dan produksi minyak berlebih menjadi masalah wajah yang sering membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Solusi untuk mengatasi semua masalah kecantikan tersebut ternyata cukup sederhana dan murah, yakni dengan memanfaatkan jeruk nipis saja.

    Perasan jeruk nipis bisa diaplikasikan sebagai masker wajah dengan mengoleskannya pada permukaan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan madu pada air perasan tersebut. Setelah dioleskan selama beberapa menit, bilas wajah dengan air bersih dan rasakan sensasi menyegarkan pada kulit.

    Tidak hanya menghilangkan masalah wajah tersebut saja, air perasan tersebut juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan terlihat lebih kencang. Jadi, penampilan pun menjadi lebih atraktif dan mengembalikan rasa percaya diri yang sempat berkurang akibat masalah kulit tersebut.

  2. Menyamarkan Flek Hitam dan Komedo

    Jerawat yang sudah sembuh seringkali meninggalkan noda dan flek hitam yang sukar untuk dihilangkan. Belum lagi komedo yang sering muncul hingga menimbulkan warna hitam di pori-porinya. Untuk mengatasi hal tersebut, jeruk nipis dapat menjadi solusi simpelnya. 

    Saat jeruk nipis diaplikasikan pada titik bekas jerawat ataupun komedo pada wajah, noda hitam lambat laun akan bisa disamarkan. Yang penting, proses menyamarkan flek hitam dan komedi ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Dengan begitu, hasilnya akan tampak lebih nyata.   

Sudah Takjub dengan Khasiat Jeruk Nipis?

Jeruk nipis seringkali hanya dimanfaatkan sebagai campuran makanan atau minuman agar menjadi lebih lezat di lidah. Padahal, manfaat yang diberikan oleh buah tersebut jauh lebih berguna dari sekadar sebagai penyedap kuliner. Jadi, apa Anda masih menganggap jeruk nipis hanya pemberi rasa asam pada makanan saja?

Baca Juga: Menyangka Pneumonia Sama dengan Corona? Inilah Perbedaan Hingga Gejala Pneumonia