Biar Awet, ini 6 Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Memiliki mobil menjadi dambaan setiap orang. Selain untuk kendaraan pribadi, kerap kali mobil dijadikan sebagai gaya hidup yang harus dipenuhi. Namun, hal yang paling penting adalah perawatan mobil yang tepat agar kondisi mobil selalu baik dan awet untuk dipakai dalam waktu yang panjang. 

Sayangnya, kebanyakan dari kita masih cuek dalam perawatan mobil. Mereka hanya tahu memakainya saja. Sementara, jika mobil tiba-tiba mengalami kerusakan, tentunya Anda tidak bisa berbuat apa-apa dan Anda akan segera membawa mobil ke bengkel. Padahal, jika melakukan perawatan mobil sejak awal memilikinya, mobil tidak akan mudah rusak.

Lalu, bagaimana tips merawat mobil yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Hindari Baret dan Pakai Sabun Khusus untuk Cat Mobil

merawat mobil
Perawatan Cat Mobil

Cat mobil jelas mempengaruhi  penampilan mobil yang paling utama. Jika kualitas cat bagus dan terawat tentu mobil akan dipandang menarik oleh setiap orang.

Oleh karena itu, Anda harus pandai merawat cat mobil. Usahakan hindari dari gesekan dari benda lain seperti batang pohon, tembok, besi dan lainnya yang membuat cat mobil menjadi baret. 

Selain itu rutin mencuci mobil dengan sabun khusus mobil yang tepat, menggunakan lap halus, dan mengeringkan dengan tepat akan membuat mobil menjadi terawat dan cat mobil selalu dalam keadaan baik.

2. Memilih Bahan Bakar Yang Tepat

Anda harus mengerti setiap mobil memiliki spesifikasi mesin yang berbeda sehingga harus menggunakan bahan bakar yang tepat. Pilihan bahan bakar yang tepat akan mempengaruhi kerja suatu mesin jadi lebih baik. Bahan bakar yang salah, kotor, dan tidak diisi di tempat resmi akan membuat mesin mobil tidak terawat dan menimbulkan kerusakan.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Anda Harus Jeli Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk

3. Rutin Mengganti Oli Mobil

ganti oli mobil
Rutin mengganti oli mobil

Selain bahan bakar, oli / pelumas mobil juga harus diperhatikan dan diganti secara teratur. Anda perlu mengganti oli secara teratur dengan menjadwalkan kapan harus mengganti oli. Rata – rata proses ganti oli mobil bisa dilakukan pada 5.000 km sampai 7.500 km jarak tempuh mobil serta dilakukan di tempat yang resmi dan profesional.

4. Air Radiator

Anda harus rajin – rajin memperhatikan air radiator karena bisa menunjang performa dari mobil. Anda harus rutin mengganti air radiator dengan tepat dan menggunakan air radiator bersih dan bebas kotoran. Anda juga bisa menyediakan stok air radiator pada garasi dengan membelinya di tempat yang resmi dan sesuai dengan mobil Anda.

5. Perhatikan Transmisi Mobil

Tips merawat mobil yang benar juga berlaku pada pemilihan dan perhatian terhadap transmisi mobil yang dimiliki. Anda harus memperhatikan mana transmisi mobil yang tepat agar bisa mahir mengendarai mobil dan tidak merusak mobil secara tidak langsung. 

Dalam hal ini Anda harus memperhatikan bagaimana penanganan transmisi baik manual atau otomati yang baik dan benar serta belajar menggunakan mobil yang benar.

Baca Juga: Apa yang Mesti Dipahami Sebelum Mengambil Asuransi Mobil?

6. Selalu Melakukan Servis Rutin

service
Selalu melakukan service rutin

Servis rutin atau berkala di bengkel mobil adalah hal paling penting dalam merawat mobil supaya tetap berjalan dengan baik. Anda bisa servis mulai dari eksterior hingga interior, ganti oli, mengatur air radiator, cek aki, dan masih banyak lagi. Pastikan servis berkala dilakukan di tempat yang tepat dan sempatkan bertanya pada pihak servis mengenai bagaimana perawatan mobil yang tepat.

Jika sudah biasa merawat mobil dengan servis berkala, Anda juga harus rajin untuk menjaga kendaraan agar tetap awet. Membaca buku panduan, tanya – tanya soal mobil kepada ahli, dan mengendarai mobil dengan baik adalah salah satu cara agar anda bisa merawat mobil dengan benar dan awet sampai kapanpun.

Tambah Perlindungan Mobil dengan Asuransi

Merawat mobil dengan baik dan benar akan memberi dampak positif pada performa mobil dan keawetan mobil Anda. Kurangnya perawatan bisa saja membuat mobil cepat rusak dan merugikan diri sendiri karena pengeluaran yang membengkak untuk servis mobil. 

Selain itu, penting juga untuk menambah perlindungan mobil Anda dengan asuransi kendaraan terbaik yang ada di Indonesia. Jika mobil tiba-tiba rusak parah atau terjadi kecelakaan, maka mobil akan tercover dengan asuransi.

Baca Juga: Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya