Biar Banjir Orderan, Begini Tips Memilih Influencer untuk Promosi Bisnis Online

Sekarang ini, Influencer di media sosial memiliki pengaruh besar dalam dunia bisnis. Penggunaan jasa endorsement influencer untuk promosi sangat banyak diminati kalangan pebisnis, mengingat jumlah pengguna sosial media khususnya Instagram memang terbilang sangat tinggi.

Influencer populer dengan jumlah followers yang banyak di sosial media, tentunya bisa membuat produk dikenal lebih luas dalam waktu yang cepat dan online shop harus siap-siap terima banjir orderan. 

Meski begitu, tentunya tidak semua influencer cocok untuk memasarkan produk yang Anda jual. Untuk itu, sangat penting memilih influencer yang tepat, agar tujuan pemasaran bisnis bisa tercapai dengan baik. 

Berikut ini ada beberapa poin penting yang wajib jadi pertimbangan saat Anda ingin memilih influencer untuk memasarkan bisnis online.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Keaslian Followers

followers
Cek keaslian followers

Tujuan utama Anda menggunakan jasa influencer tentu saja untuk meningkatkan angka penjualan. Anda butuh konsumen baru di dalam bisnis tersebut. Hal ini hanya bisa dicapai dengan baik, jika Anda menggunakan jasa influencer yang benar-benar memiliki followers asli dan sesuai untuk bisnis Anda. 

Jangan sampai Anda memilih influencer yang punya banyak followers, tapi justru hanya terdiri dari akun-akun palsu yang tidak dapat meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.

Pentingnya untuk mengecek keaslian followers yang dimiliki oleh influencer, agar Anda tidak sampai tertipu dengan followers palsu yang tidak aktif. Anda bisa melakukan riset dengan memilih 20-50 sampel akun acak, lalu melakukan pengecekan pada akun tersebut satu per satu. 

Jika akun jarang melakukan posting atau bahkan tidak pernah sama sekali, maka besar kemungkinan akun tersebut palsu. Hal ini juga bisa Anda lihat dari jumlah likes yang banyak, namun justru tidak memiliki banyak komentar di dalamnya. 

2. Banyak Fans atau Haters

Tidak selalu followers influencer itu menjadi fans, followers ini juga bisa saja terdiri dari sejumlah haters yang bersangkutan. Hal ini wajib menjadi perhatian Anda sejak awal. 

Jangan sampai tujuan Anda memasarkan bisnis melalui akun influencer tersebut menjadi kacau, hanya karena jumlah haters nya justru jauh lebih banyak dari pada fansnya. 

Pada umumnya, haters akan memberikan komentar yang negatif di dalam setiap kesempatan, hal ini tentu akan merugikan bisnis Anda.

Baca Juga: Berjualan di Instagram, Lakukan Hal Ini Agar Pelanggan Loyal

3. Lihat Kualitas Konten yang Disajikan

lihat konten
Kualitas konten

Kualitas konten yang ditampilkan influencer juga menjadi hal penting untuk Anda cermati. Jangan sampai memilih influencer yang hanya bisa membuat konten asal-asalan. Konten seperti ini akan membuat tujuan promosi Anda tidak tercapai dengan baik. 

Pastikan Anda memilih influencer yang sudah memiliki pengalaman membuat konten berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan ide atau bahkan ikut terlibat dalam pembuatan konten promosi bisnis tersebut. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan konten yang tepat dan berkualitas maksimal.

4. Pilih yang Sesuai Budget

Menggunakan jasa influencer yang sudah terkenal memang akan menguntungkan, namun tentu Anda harus mengeluarkan budget yang besar. Semakin terkenal seorang influencer, maka akan semakin tinggi juga tarif yang diterapkan. 

Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan jasa influencer yang seperti ini, apalagi jika Anda tidak memiliki budget yang minim. Pilih influencer yang tarifnya sesuai dengan budget promosi, agar keuangan bisnis Anda tetap aman dan tidak bermasalah. Akan tetapi, tetap memilih influencer yang terbaik.

Baca Juga: Influencer Unik, Jual Jasa Bikin Caption hingga Jasa Curhat!

5. Sudah Punya Banyak Platform

media sosial
Sudah punya banyak platform

Meski pada umumnya influencer aktif di Instagram, tidak tertutup kemungkinan mereka juga memiliki akun di platform lainnya, seperti Facebook ataupun Blog pribadi. Anda akan diuntungkan ketika memilih influencer yang sudah punya banyak akun seperti ini, sebab kegiatan promosi yang Anda lakukan bisa langsung terjadi di beberapa platform sekaligus. 

Selain menghemat biaya, hal ini juga akan membuat Anda lebih leluasa menjangkau pasar yang luas. Gunakan jasa influencer yang sudah aktif di beberapa platform sekaligus, agar kegiatan promosi Anda berjalan maksimal.

Pilih Influencer yang Tepat Sesuai Bisnis

Bagi Anda pebisnis online, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis memungkinkan bisa menjangkau pasar yang lebih luas dalam waktu yang cepat. Pilih influencer yang tepat dan benar-benar sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, agar tujuan pemasaran Anda bisa tercapai secara maksimal.

Baca Juga: Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan