Biaya Ganti Plat Motor, Syarat,dan juga Caranya

Membayar biaya ganti plat motor merupakan kewajiban para pemilik kendaraan roda duayang harus dibayarkan setiap kali penggantian plat kendaraan tersebut dilakukan. Penggantian plat kendaraan bermotor harus dilakukan setiap 5 tahun sekali, tepatnya sesaat sebelum masa berlaku plat kendaraan habis.

Proses penggantian plat kendaraan sangat perlu untuk dilakukan, sebab hal ini akan berkaitan dengan data-data kendaraan tersebut pada pihak yang berwajib. Jika plat kendaraan tidak diganti, data kendaraan di pihak kepolisian akan terhapus. Hal ini tentu bisa menimbulkan masalah hukum yang merepotkan di kemudian hari.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa pemilik kendaraan bermotor kerap mengabaikan penggantian plat kendaraan mereka, masa berlakunya yang terbilang panjang merupakan salah satu alasan di balik hal tersebut. Namun apapun itu, penting untuk selalu disiplin dan melakukan penggantian plat kendaraan sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah.

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Biaya Ganti Plat Motor dan Syaratnya

loader

Plat Motor

Proses penggantian plat motor bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat. Di sana, pemilik kendaraan juga bisa sekaligus cek pajak kendaraan tersebut secara bersamaan. Idealnya, penggantian plat motor ini harus dilakukan sesaat sebelum masa berlaku plat tersebut habis, sehingga berbagai masalah terkait keterlambatan penggantian plat tersebut dapat dihindari. 

Pada dasarnya, penggantian plat motor akan dilakukan bersamaan dengan pembayaran pajak lima tahunan kendaraan bermotor. Hal ini juga sekaligus membuat syarat ganti plat motor ini sama dengan syarat pembayaran pajak 5 tahunan itu sendiri. Namun hal berbeda akan terjadi, jika motor sudah berpindah tangan (dijual), da biaya balik nama motor dan ganti plat kendaraan tersebut.

Biaya ganti plat motor ini terdiri dari beberapa komponen sekaligus, seperti biaya penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang baru, biaya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, dan yang lainnya. Penerapan berbagai biaya ini telah diatur sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Semua biaya dan syarat ganti plat motor harus terpenuhi dengan baik, sehingga proses penggantian plat bisa berjalan dengan lancar. Namun, jika kendaraan bermotor masih atas nama orang lain, pemilik baru kendaraan akan dikenakan biaya balik nama motor dan ganti plat di saat bersamaan. Untuk mengetahui rincian biaya ini dengan lengkap, tidak ada salahnya untuk cek pajak kendaraan kantor Samsat terdekat.

Berikut ini adalah rincian biaya ganti plat motor yang harus dibayarkan pada saat melakukan pembayaran pajak 5 tahunan:

  • Penerbitan STNK baru: Rp100.000
  • Penerbitan TNKB (plat baru): Rp60.000
  • SWDKLLJ: Rp35.000
  • Penerbitan BPKB baru: Rp225.000

Selain berbagai biaya di atas, pemilik kendaraan juga wajib membayarkan biaya pengecekan fisik kendaraan. Besaran biaya ini sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000, tergantung pada jenis dan kondisi kendaraan itu sendiri. Pemilik kendaraan yang akan melakukan proses balik nama juga wajib memenuhi biaya balik nama motor dan ganti plat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berikut ini adalah beberapa syarat ganti plat motor yang harus dipenuhi bersamaan dengan pembayaran pajak 5 tahunan:

  • STNK (asli dan fotokopi).
  • BPKP (asli dan fotokopi)
  • KTP pemilik (asli dan fotokopi).
  • Berkas pengecekan fisik yang didapatkan dari kantor samsat terdekat.
  • Surat Kuasa (jika pengurusan pajak diwakilkan kepada orang lain).

Baca juga: STNK Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Pada dasarnya, pihak kepolisian telah memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan pajak dengan praktis. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses pembayaran pajak itu sendiri. Untuk mempermudah proses cek pajak kendaraan, siapkan 2 informasi penting berikut ini:

  • Nomor polisi kendaraan.
  • Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) yang ada di STNK.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk cek pajak kendaraan:

1. Gunakan Website e-Samsat.id

Pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui situs e-Samsat.id bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi website e-Samsat.id melalui smartphone.
  • Isi formulir terkait kendaraan bermotor yang terdapat pada halaman utama dengan lengkap.
  • Klik “Cek Sekarang”.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul informasi lengkap tentang kendaraan, termasuk besaran pajak yang harus dibayarkan.

2. Gunakan Aplikasi e-Samsat

Pengecekan pajak kendaraan bermotor juga bisa dilakukan melalui Aplikasi e-Samsat dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Download aplikasi e-Samsat pada smartphone.
  • Pilih wilayah sesuai dengan lokasi kendaraan.
  • Ketikkan nomor plat kendaraan dengan lengkap.
  • Tunggu hingga informasi terkait kendaraan dan pajak muncul pada layar smartphone.

3. Gunakan SMS Samsat

Pengecekan pajak kendaraan bermotor juga bisa dilakukan melalui layanan SMS dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Ketik: INFO (spasi) nomor polisi/ kode plat/ kode seri plat/ warna kendaraan.Contoh: INFO B/2555/XY Hitam
  • Kirim ke 08112119211
  • Beberapa saat akan ada SMS balasan berisi informasi kendaraan, jumlah pajak dan juga kode bayar pajak tersebut.

Pengecekan pajak kendaraan yang praktis seperti ini, akan memberi kemudahan kepada para pemilik kendaraan bermotor untuk cek pajak kendaraan. Bukan hanya itu saja, layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek biaya balik nama motor dan ganti plat.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Jika syarat ganti plat motor dan pembayaran pajak sudah terpenuhi dengan baik, pemilik kendaraan bisa melakukan pembayaran pajak dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Lakukan Pendaftaran

Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor Samsat terdekat yang sesuai dengan lokasi terdaftarnya STNK dan juga BPKB kendaraan tersebut.Lakukan pendaftaran pada loket pengecekan fisik dengan membawa serta STNK dan BPKB kendaraan. Ambil nomor antrian setelah mendaftar dan tunggulah hingga petugas melakukan pemanggilan.

2. Lakukan Pengecekan Fisik Kendaraan

Bawa kendaraan ke tempat pengecekan fisik yang telah ditentukan. Tunggulah petugas melakukan pengecekan fisik, termasuk melakukan penggesekan nomor mesin kendaraan tersebut.Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 10-30 menit saja.

3. Lakukan Legalisir dan Isi Formulir

Setelah kedua proses di atas, petugas akan memberikan hasil cek kendaraan kepada pemilik kendaraan. Bawa berkas tersebut untuk dilegalisir oleh petugas terkait. Serahkan semua berkas dan bukti pengecekan fisik kepada petugas dan mintalah formulir penggantian plat kendaran. Isi semua formulir penggantian plat, sebagai syarat ganti plat motor. Jika formulir telah selesai diisi, serahkan kembali kepada petugas, agar mereka bisa melakukan verifikasi data kendaraan dan pemiliknya.

4. Lakukan Pembayaran Pajak

Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan juga biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bawa semua dokumen dan lakukan pembayaran pajak kendaraan pada loket pembayaran dan mintalah nomor antrian. Tunggulah hingga petugas memanggil, lalu lakukan pembayaran pajak sesuai dengan nominal. Biasanya petugas juga akan memberikan 2 lembar bukti pembayaran di saat bersamaan. Slip berwarna biru digunakan untuk pengambilan STNK yang baru, sedangkan slip berwarna putih akan digunakan untuk pengambilan plat kendaraan yang baru.

5. Lakukan Pengambilan STNK dan Plat Kendaraan

Jika sudah melakukan semua proses di atas, segera bawa bukti pembayaran untuk mengambil STNK dan juga plat kendaraan. Keduanya bisa diambil pada masing-masing loket yang sudah disediakan di kantor Samsat. Jangan lupa untuk mengecek STNK dan juga plat tersebut terlebih dahulu. Pastikan semua informasi dan juga nomor yang tertera di dalamnya sudah sesuai dengan kendaraan tersebut. Hal ini penting, untuk menghindari masalah dan hal lainnya yang tidak perlu di masa mendatang.

Baca juga:  Cara Membuat SIM dan Biaya Pengurusannya

Lakukan Penggantian Plat Motor Sesuai dengan Ketentuan

Melakukan penggantian plat motor merupakan kewajiban bagi semua pemilik kendaraan bermotor. Hal ini juga akan membuat pemilik kendaraan dikenakan sejumlah biaya ganti plat motor. Pastikan untuk selalu melakukan pembayaran pajak dan juga penggantian plat motor sesuai dengan ketentuan, agar kendaraan tersebut bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya.